Comscore Tracker

5 Alasan Realistis Tak Semua Orang Bisa Bekerja Sesuai Passionnya

Karena dunia kerja gak semudah itu untuk bisa bebas memilih

Bicara soal passion, semua orang mungkin punya keinginan untuk bekerja di bidang yang sesuai passionnya dan menghidupi diri dari sana. Akan tetapi dunia kerja yang nyata tidak segampang bermimpi, bahkan tidak semua orang bisa beruntung bisa mendapatkan hal itu di dalam hidupnya. Kenapa seperti itu?

Beberapa alasan realistisnya pun akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini, jadi simak baik-baik jika ingin tahu ya!

1. Mendapatkan pekerjaan sesuai passion tidak semudah kelihatannya

5 Alasan Realistis Tak Semua Orang Bisa Bekerja Sesuai PassionnyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan pertama mengapa tak semua orang bisa bekerja sesuai passionnya sangatlah realistis, yaitu karena untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai passion tidaklah semudah kelihatannya. Banyak orang yang gagal meski sudah berulangkali mencoba, namun ada yang bisa dengan mudah mendapatkannya, sebab nasib dan jalan hidup orang berbeda-beda kan.

2. Adanya persaingan ketat sehingga tidak semua orang bisa beruntung untuk kerja sesuai passion

5 Alasan Realistis Tak Semua Orang Bisa Bekerja Sesuai PassionnyaPexels.com/Fauxels

Alasannya yang kedua kenapa tidak semua orang bisa kerja sesuai bidang passionnya adalah karena seperti yang kita tahu, adanya persaingan ketat sehingga tidak semua orang bisa beruntung untuk kerja sesuai passion. Sebab selain kamu, ada banyak orang lainnya yang juga menginginkan pekerjaan itu. Dan yang namanya persaingan tentu ada yang berhasil dan yang tidak, kan.

Baca Juga: Kerja Sesuai Passion Bisa Buat Kamu Lebih Bahagia, Ini 5 Alasannya

3. Skill atau kemampuan yang dimiliki justru di bidang lain

5 Alasan Realistis Tak Semua Orang Bisa Bekerja Sesuai PassionnyaPexels.com/Fauxels

Alasan selanjutnya juga gak kalah realistis, yaitu skill atau kemampuan yang dimiliki justru di bidang lain. Karena belum tentu kita bisa menguasai hal yang menjadi passion, dan tak jarang terjadi bahwa kita justru lebih memiliki potensi serta sangat menguasai bidang lainnya. Hal ini sesuatu yang wajar terjadi dan alasan yang sangat realistis mengapa tak semua orang bisa bekerja sesuai passionnya.

4. Terhalang prioritas hidup

5 Alasan Realistis Tak Semua Orang Bisa Bekerja Sesuai PassionnyaPexels.com/Austin Guevara

Hidup setiap orang berbeda-beda sehingga beban, tekanan, serta prioritas hidupnya juga pasti berbeda, dan tak jarang hal ini menjadi penghalang untuk meraih mimpi atau bekerja sesuai passion. Bahwa ada prioritas yang lebih penting dalam hidup sehingga mau tak mau harus bekerja yang tidak sejalan dengan passion.

Biasanya hal ini dialami oleh orang yang menjadi tulang punggung keluarganya sehingga harus bekerja demi kepentingan keluarga dibanding mengikuti passion sendiri.

5. Takut kehilangan segala hal yang telah didapat dari pekerjaan saat ini

5 Alasan Realistis Tak Semua Orang Bisa Bekerja Sesuai PassionnyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu alasannya yang terakhir juga sangat realistis yaitu adanya rasa takut untuk kehilangan segala hal yang telah didapatkan. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, karena tidak mudah untuk resign setelah berhasil sukses demi bekerja sesuai passion. Meski tidak sejalan dengan passion pasti rasanya sayang kalau melepaskan segalanya untuk hal yang belum pasti.

Bekerja sesuai passion memang menyenangkan, akan tetapi perlu diketahui juga bahwa ada banyak alasan realistis mengapa tak semua orang bisa melakukannya. Dan apapun alasannya yang terpenting adalah kita bisa menjalani hidup ini dengan baik, benar?

Baca Juga: 5 Cara Bersyukur dan Bertahan Saat Pekerjaanmu Tak Sesuai Passion

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya