Comscore Tracker

5 Cara Manfaatkan Privilege Orangtua untuk Bisa Sukses dalam Hidup

Privilege itu keberuntungan yang gak boleh disia-siakan

Privilege adalah keuntungan dan kelebihan yang dimiliki seseorang atas dirinya dan hidupnya. Bisa dibilang kamu sangat beruntung kalau punya privilege, terutama privilege dari orangtua untuk jadi fondasi dan jaminan hidupmu. 

Tujuan utama orangtua kerja keras sampai sukses itu supaya anaknya bisa mendapatkan privilege darinya. Maka dari itu sebagai anak, kamu juga harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Kalau bingung bagaimana memanfaatkan privilege dari orangtua, kamu bisa melakukannya dengan lima cara berikut inI untuk bisa meraih kesuksesan hidup yang kamu harapkan.

1. Minta fasilitas untuk bisa mengembangkan bakat

5 Cara Manfaatkan Privilege Orangtua untuk Bisa Sukses dalam Hidupilustrasi anak (pexels.com/Kampus Production)

Cara pertama untuk memanfaatkan privilege dari orangtua ialah dengan meminta fasilitas untuk mengembangkan bakat. Bisa dibilang kamu sangat beruntung kalau mempunyai orangtua yang memberimu fasilitas pengembangan diri seperti ini. 

Jadi kalau kamu punya bakat dan passion dibilang musik, fashion, menulis, hingga memasak, mintalah fasilitas dari mereka untuk bisa mengembangkan diri secara maksimal. Dengan begitu kerja keras mereka pun jadi bermanfaat untuk pengembangan dirimu. 

2. Manfaatkan kemampuan finansial orangtua untuk menempuh pendidikan tinggi

5 Cara Manfaatkan Privilege Orangtua untuk Bisa Sukses dalam Hidupilustrasi wanita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara lainnya untuk memanfaatkan privilege orangtua ialah dengan menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Kalau orangtuamu memang mampu untuk membiayai pendidikan tinggimu, maka gak ada salahnya untuk memanfaatkan keberuntungan itu. 

Gak perlu malu untuk sekolah dengan uang orangtua. Bagi orangtuamu justru hal itu merupakan kebanggaan untuk mereka karena bisa mendukung pendidikanmu. Pendidikan bisa jadi salah satu modalmu untuk bisa berkarier di bidang tertentu serta menempuh jalan hidup yang mandiri.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Memanfaatkan Privilege dari Orangtua Itu Tidak Salah

3. Jangan ragu untuk berbaur dan mengenal relasi orangtuamu yang berkualitas

5 Cara Manfaatkan Privilege Orangtua untuk Bisa Sukses dalam Hidupilustrasi bersalaman (pexels.com/Fauxels)

Privilege lainnya yang bisa kamu manfaatkan ialah berbaur dan berkenalan dengan relasi berkualitas yang dimiliki orangtuamu. Teman-teman mereka yang sukses di bidangnya merupakan relasi yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. 

Cobalah untuk mengobrol dan bicara santai dengan mereka. Jika kamu bisa dekat dengan mereka, siapa tahu dimasa depan nanti, mereka bisa jadi relasi yang berguna untuk kariermu. Konsekuensinya memang kamu tidak akan lepas dari nama orangtua, tapi hal itu sepertinya tidak perlu dipermasalahkan karena sebenarnya tidak akan merugikanmu. 

4. Gunakan koneksi dan popularitas orangtua sebagai batu loncatan untuk awal karier

5 Cara Manfaatkan Privilege Orangtua untuk Bisa Sukses dalam Hidupilustrasi kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau kamu punya orangtua yang sukses dan terkenal di bidangnya, kamu bisa manfaatkan itu sebagai batu loncatan untuk berkarier di bidang yang sama. Bisa dibilang, tidak semua anak bisa memiliki privilege ini untuk memulai kariernya. 

Awalnya memang kamu akan dikenal dengan nama orangtua, tapi kalau terus berusaha dan membuktikan kemampuanmu yang berkualitas, lama-kelamaan kamu pun bakal diakui, kok. Intinya jangan malu dan mau berusaha membuktikan diri, dengan begitu orangtuamu pun juga akan bangga dengan usahamu ini.

5. Belajar banyak skill dari orangtuamu

5 Cara Manfaatkan Privilege Orangtua untuk Bisa Sukses dalam Hidupilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Katerina Holmes)

Orangtua adalah guru terbaik dalam segala hal. Jadi jangan ragu untuk memanfaatkan privilege orangtua dengan minta diajari berbagai skill yang mereka miliki, karena sebenarnya setiap orangtua sangat ingin anaknya mewarisi keahlian yang mereka miliki. 

Entah itu skill memasak, berkebun, memahat, melukis, bermain musik, atau sampai kemampuan untuk membetulkan berbagai elektronik. Karena skill yang kamu pelajari dari mereka itu adalah hasil dari pengalaman dan uji coba selama bertahun-tahun. Jadi sudah dipastikan, kamu tidak akan sia-sia mempelajarinya. 

Jangan sia-siakan keberuntunganmu ketika memiliki privilege dari orangtua. Manfaatkan apapun yang kiranya berguna untuk meraih kesuksesan hidup dimasa depan.

Baca Juga: 5 Privilege yang Bisa Kamu Ciptakan Sendiri, Bantu Capai Sukses!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya