Comscore Tracker

Menghalangi Produktivitas, Ini 5 Cara Melawan Rasa Malas dalam Diri

Kalau dibiarkan, kamu sendiri yang merugi nantinya! 

Semua orang mungkin pernah mengalami saat dimana dirinya tiba-tiba merasa malas dan tidak ingin melakukan apa-apa meski sebenarnya sudah membuat rencana kegiatan. Bisa dibilang bahwa rasa malas itulah yang kemudian membuat kesuksesan dan segala pencapaianmu tertunda, karena datangnya sering tidak disadari dan seringnya malah membuatmu terlena sendiri.

Maka dari itulah agar tidak mengganggu produktivitas, rasa malas yang ada di dalam dirimu harus dilawan dengan cara yang tepat contohnya seperti lima cara dalam pembahasan ini. Pokoknya gak boleh dibiarkan terus!

1. Buat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan setiap harinya 

Menghalangi Produktivitas, Ini 5 Cara Melawan Rasa Malas dalam Diriilustrasi memo (pexels.com/Helena Lopes)

Supaya produktivitasmu tidak terus terganggu dengan rasa malas cobalah atasi dengan cara yang satu ini , yaitu dengan membuat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan setiap harinya. Mulai dari kegiatan rutin seperti membersihkan rumah dan memasak, bekerja, belanja kebutuhan sehari-hari, hingga kegiatan khusus yang sangat penting. Bahkan kalau bisa buatlah sedetail mungkin, cara ini menjagamu agar tidak terlena jika tiba-tiba merasa malas karena tahu ada banyak hal yang harus kamu lakukan.

2. Hindari sofa atau tempat tidur agar dirimu tidak tergoda untuk malas-malasan 

Menghalangi Produktivitas, Ini 5 Cara Melawan Rasa Malas dalam Diriilustrasi duduk di sofa (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Cara kedua yang juga patut kamu coba untuk mengatasi rasa malas di dalam dirimu ialah dengan menghindari sofa atau tempat tidur, terutama jika kamu bekerja dari rumah. Cara paling mudahnya adalah bekerjalah di ruang kerja, pokoknya jangan di kamar tidur yang mana suasananya membuatmu terlalu nyaman hingga berpotensi besar membuatmu jadi malas. Kalaupun butuh istirahat sejenak di sofa, maka tentukanlah berapa lama kamu boleh beristirahat di sana agar tidak keenakan dan jadi malas.

3. Istirahat yang cukup, supaya kamu gak gampang ngantuk! 

Menghalangi Produktivitas, Ini 5 Cara Melawan Rasa Malas dalam Diriilustrasi malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketiga, beristirahatlah yang cukup. Rasa malas itu biasanya datang ketika kita mengantuk, sehingga sangat penting untuk memperhatikan waktu istirahatmu dan memaksimalkan kualitas tidurmu. Sehingga ketika bangun pagi dan beraktivitas semangatmu tidak hilang gara-gara ngantuk. Hal ini memang terlihat sepele, tapi justru kerap menjadi penyebab utama kenapa kita sering dihinggapi rasa malas, lho.

Baca Juga: 6 Alasan Mengurangi Jam Kerja Gak Sama dengan Menurunkan Produktivitas

4. Ingat motivasi besar yang kamu punya setiap rasa malas menyerang 

Menghalangi Produktivitas, Ini 5 Cara Melawan Rasa Malas dalam Diriilustrasi kerja (pexels.com/Jopwell)

Cara keempat yang bisa kamu lakukan untuk melawan rasa malas ialah dengan sering-sering mengingat motivasi besar yang kamu punya setiap rasa malas menyerang. Misalnya seperti ambisi besar yang kamu miliki untuk mencapai kesuksesan, atau jenis motivasi lainnya yang bisa mengalahkan rasa malasmu dan menjagamu untuk tetap semangat. Memang cara ini perlu latihan dan bersumber dari kekuatan pikiranmu sendiri, akan tetapi tak ada salahnya mencoba, kan.

5. Terapkan aturan tegas pada dirimu sendiri 

Menghalangi Produktivitas, Ini 5 Cara Melawan Rasa Malas dalam Diriilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau keempat cara tadi kurang berhasil, maka coba cara terakhir ini. Buatlah aturan tegas terhadap dirimu sendiri, seperti kamu menerapkan aturan bahwa kamu hanya boleh istirahat sejenak dan bersantai jika sudah menyelesaikan suatu pekerjaan terlebih dulu.

Kemudian tak boleh lama hingga menunda hal lainnya yang harus dikerjakan selanjutnya. Dengan begitu kamu jadi tidak terlena dengan rasa malas dan tetap bisa produktif setiap harinya.

Merasa malas itu wajar dan semua orang pun pasti pernah merasakannya, akan tetapi jangan sampai dirimu dikendalikan oleh rasa malas itu. Lawanlah dengan lima cara tadi agar produktivitasmu tidak terganggu dibuatnya, karena kamu sendiri yang rugi nantinya.

Baca Juga: 6 Tahapan dalam Menjaga Produktivitas di Masa Pandemik

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya