Comscore Tracker

5 Cara Menjadi Atasan yang Disegani Meski Usia Masih Muda

Buktikan bahwa kamu pantas menjadi sosok panutan

Dalam dunia kerja sosok pemimpin tidak hanya terbatas pada seseorang yang berusia cukup tua, malahan sekarang ada banyak sosok pemimpin yang berusia muda. Namun usia muda kerap mendapat anggapan sepele hingga membuatnya tak cukup disegani di tempat kerja.

Lalu bagaimana caranya agar menjadi pemimpin yang disegani di usia muda? Beberapa caranya akan kita bahas di bawah ini. Simak baik-baik jika kamu ingin tahu, ya.

1. Buktikan bahwa kamu layak menjadi figur panutan

5 Cara Menjadi Atasan yang Disegani Meski Usia Masih MudaPexels.com/Fauxels

Cara yang pertama agar kamu menjadi atasan yang di segani di kantor adalah dengan menunjukkan bahwa kamu pantas menjadi sosok atau figur panutan. Disiplinlah dalam bekerja, profesional, dan bekerja keras selayaknya pemimpin yang memotivasi pekerjanya untuk ikut kerja lebih giat.

2. Tidak plin-plan dalam mengambil keputusan dan tahu mana yang terbaik

5 Cara Menjadi Atasan yang Disegani Meski Usia Masih MudaPexels.com/Fauxels

Cara kedua ialah janganlah plin-plan dalam mengambil keputusan. Jika kamu mau dihormati dan disegani sebagai atasan, maka ambillah keputusan yang merupakan pilihan terbaik. Kalau kamu menunjukkan keraguan, yang ada malah mereka bisa kehilangan respect padamu karena kamu tak bisa diandalkan.

Baca Juga: 5 Tanda Atasan Kamu Termasuk Orang yang Asyik, Bikin Nyaman Kerja!

3. Sama bekerja kerasnya seperti pekerja lain

5 Cara Menjadi Atasan yang Disegani Meski Usia Masih MudaPexels.com/Jonathan Borba

Menjadi seorang atasan bukan berarti sama seperti menjadi raja yang dilayani dan bisa bersantai seenaknya. Kamu juga harus sama bekerja kerasnya seperti mereka. Dengan begitu mereka percaya bahwa kamu bisa dipercaya meski memegang kekuasaan, bukan malah memanfaatkan posisimu sebagai atasan atau pemimpin.

4. Mampu menunjukkan kemampuan diri

5 Cara Menjadi Atasan yang Disegani Meski Usia Masih MudaPexels.com/Fauxels

Keempat, jika kamu mau disegani dan dihargai lebih tinggi maka kamu harus bisa menunjukkan kemampuan diri. Tunjukkan pada mereka bahwa kamu bukanlah seorang atasan yang dipilih sembarangan, melainkan karena kinerja dan kemampuan yang memadai.

5. Tegas namun tidak semena-mena

5 Cara Menjadi Atasan yang Disegani Meski Usia Masih MudaPexels.com/Jonathan Borba

Salah satu hal yang harus dimiliki seorang pemimpin atau atasan ialah ketegasan. Namun perlu diingat bahwa tegas bukan berarti bersikap semena-mena, ya. Jika kamu pribadi yang tegas, pekerja yang lain pun akan segan padamu dengan sendirinya. Sebab mereka tahu tidak bisa main-main atau bekerja sembarangan di bawah kepemimpinanmu. 

Itulah tadi beberapa cara menjadi sosok atasan yang disegani di kantor meski berusia muda. Semua itu butuh proses, maka tunjukkanlah pelan-pelan bahwa kamu layak disegani ya.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Merespon Atasan yang Menilai Kinerja Kamu Buruk

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya