Comscore Tracker

5 Cara Menunjukkan Tingkat Kompetensi dan Kualitas Kerjamu ke Atasan 

Supaya skill dan potensimu gak dipandang sebelah mata 

Sudah bukan sebuah rahasia lagi kalau dunia kerja itu berat dan dipenuhi dengan persaingan. Mulai dari persaingan saat melamar pekerjaan, sampai kepada persaingan dengan rekan kerja untuk bisa maju dan meningkatkan jenjang karier. Dan sukses atau tidaknya kamu dalam berkarier tergantung dari usahamu sendiri, maka dari itu kamu pun harus bisa menunjukkan tingkat kompetensi dan kualitas kerjamu pada atasan.

Karena sehebat dan setinggi apapun skill yang kamu miliki tapi kalau tidak ditunjukkan secara maksimal, kesempatanmu untuk maju bisa diambil yang lain. Lalu bagaimana cara menunjukkannya? Simak lima caranya di bawah ini.

1. Selalu disiplin dalam bekerja 

5 Cara Menunjukkan Tingkat Kompetensi dan Kualitas Kerjamu ke Atasan Ilustrasi kerja(pexels.com/Fauxels)

Kalau kamu mau menunjukkan tingkat kompetensi kerjamu pada atasan maka caranya yang pertama ialah dengan selalu disiplin dalam bekerja. Mungkin cara yang pertama membutuhkan waktu hingga atasan menyadarinya sendiri, tapi dibalik itu justru cara inilah yang sangat alami. Intinya, konsistenlah dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik, datang tepat waktu, dengan begitu perlahan-lahan atasan pun akan melihat keseriusanmu serta kualitasmu dalam bekerja.

2. Bekerja profesional dengan siapapun partner kerjamu 

5 Cara Menunjukkan Tingkat Kompetensi dan Kualitas Kerjamu ke Atasan Ilustrasi kerja tim(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bekerjalah dengan profesional terlepas siapapun partner kerjamu, ini caranya yang kedua untuk menunjukkan tingkat kompetensi dan kualitas kerjamu pada atasan. Karena pada dasarnya ada suatu penilaian di tempat kerja, yaitu seseorang baru pantas dikatakan kompeten jika ia bisa bersikap profesional. Jadi baik bekerja sendiri ataupun bersama partner dan tergabung ke dalam tim, tetaplah bekerja dengan totalitas, ya.

3. Gak menjadi beban di dalam tim 

5 Cara Menunjukkan Tingkat Kompetensi dan Kualitas Kerjamu ke Atasan Ilustrasi kerja sama(pexels.com/Cottonbro)

Menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tidak menjadi beban di dalam tim juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan kualitas dan tingkat kerjamu, lho. Tidak hanya membuktikan kemampuanmu pada atasan namun juga pada rekan kerja bahwa kamu mempunyai skill dan mampu bersaing di dalam dunia kerja. Dengan begitu tidak ada yang akan memandang rendah ataupun menyepelekan hasil kerjamu.

Baca Juga: Bukan Pujian, 5 Perilaku Ini Lebih Ampuh untuk Meraih Simpati Atasan

4. Menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu deadline dengan hasil yang memuaskan 

5 Cara Menunjukkan Tingkat Kompetensi dan Kualitas Kerjamu ke Atasan Ilustrasi kerja(pexels.com/August De Richelieu)

Kemudian cara lainnya ialah dengan profesional menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu deadline dengan hasil yang memuaskan. Membuat atasan puas dengan hasil kerjamu merupakan cara paling mudah membuatnya sadar akan kemampuanmu. Jadi kalau kamu memiliki deadline kerja dengan selang waktu lima hari, cobalah menyelesaikannya dua atau tiga hari sebelum deadline. Cara ini juga bisa membuat jenjang kariermu cemerlang karena atasan bakal betah bekerja denganmu.

5. Bekerja keras, tekun dan gak pernah komplain dengan pekerjaan yang diberikan 

5 Cara Menunjukkan Tingkat Kompetensi dan Kualitas Kerjamu ke Atasan Ilustrasi kerja(pexels.com/Sora Shimazaki)

Kemudian caranya yang kelima ialah dengan menjadi sosok yang bekerja keras, tekun dan gak pernah komplain ataupun mengeluh dengan pekerjaan yang diberikan. Dengan kata lain, seberapa kompetennya kamu dalam bekerja dengan sendirinya akan terlihat selama kamu berdedikasi saat bekerja. Yang mana meskipun kelihatannya mudah tapi tak semua orang bekerja dengan tekun dan penuh dedikasi, sehingga sangat bagus jika kamu bisa melakukannya.

Menunjukkan kualitasmu dalam bekerja pada atasan itu penting, dan cobalah dengan lima cara tadi. Jangan sembunyikan kemampuanmu dan tunjukkanlah kalau kamu benar-benar kompeten!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya