Comscore Tracker

Kalau Rekan Kerja & Kamu Punya 7 Ciri Ini, Jaga Baik-baik Hubunganmu!

Jangan disia-siakan, kalian sudah punya cara kerja yang enak

Jika dalam kehidupan pribadi sahabat merupakan sosok yang penting untuk dijaga, maka kalau dalam karier rekan dan partner kerjalah yang patut kamu jaga dengan baik. Sebab kamu akan banyak terlibat dengannya, akan tetapi tak dipungkiri pula bahwa menemukan rekan atau partner kerja yang cocok tidak mudah.

Tapi kalau rekan kerjamu memiliki ciri seperti dalam pembahasan ini jangan sia-siakan, ya! Jaga baik-baik hubunganmu dengannya karena dia tipe orang yang baik untuk diajak kerja sama dan maju dalam karier. Yuk simak lima cirinya di bawah ini.

1. Tidak membiarkan masalah pribadi mengganggu hubungan profesionalitas kalian 

Kalau Rekan Kerja & Kamu Punya 7 Ciri Ini, Jaga Baik-baik Hubunganmu!Pexels.com/Fauxels

Adanya perbedaan pendapat, salah paham, atau ketidak cocokan dengan rekan kerja itu hal yang biasa terjadi, namun jika ia tidak membiarkan hal itu sampai mengganggu hubungan kerja kalian maka pertahankan dia di sisimu. Sebab ia tidak melibatkan masalah pribadi dengan urusan pekerjaan, profesionalitas yang tidak semua orang memilikinya.

2. Bersaing suportif dalam karier

Kalau Rekan Kerja & Kamu Punya 7 Ciri Ini, Jaga Baik-baik Hubunganmu!Pexels.com/Fauxels

Jika rekan kerjamu tipe orang yang bersaing secara suportif dalam karier maka bisa dibilang dirinya sangat pantas untuk kamu jaga keberadaannya. Karena dunia kerja terkadang bisa sangat kejam, bahkan tak sedikit orang yang rela berbuat curang hanya untuk sukses. Jadi kalau ia suportif itu berarti ia menghargaimu dan bagus untuk diajak maju sama-sama.

Baca Juga: 5 Tipe Rekan Kerja yang Akan Mengganggu Karier, Jaga Jarakmu Ya!

3. Menjalin kerja sama dengan sehat dan adil

Kalau Rekan Kerja & Kamu Punya 7 Ciri Ini, Jaga Baik-baik Hubunganmu!Pexels.com/Gustavo Fring

Lalu ciri rekan dan partner kerja lainnya yang jangan sampai kamu sia-siakan ialah jika ia menjaga hubungan kerja sama kalian dengan sehat dan adil. Tidak mengambil keuntungan sepihak dan tidak bermain curang di belakangmu. Rugi sekali kalau kamu sampai menyia-nyiakan orang seperti itu, karena orang yang jujur dan seterbuka sangat berharga dalam dunia kerja lho.

4. Kerap mengingatkan dan memberimu kritik yang membangun

Kalau Rekan Kerja & Kamu Punya 7 Ciri Ini, Jaga Baik-baik Hubunganmu!Pexels.com/August De Richelieu

Sama seperti dalam pergaulan dan pertemanan bahwa teman yang baik akan menegurmu jika salah dan membawamu ke jalan kebaikan, maka dalam dunia kerja orang seperti itu ialah yang kerap mengingatkan dan memberimu kritik yang membangun. Dalam artian, dia tidak hanya menginginkan hubungan kerja saja akan tetapi juga peduli padamu. Saran dan kritik darinya pun membuatmu menjadi lebih baik.

5. Sosok yang bijak dan berpikiran terbuka untuk diajak sharing

Kalau Rekan Kerja & Kamu Punya 7 Ciri Ini, Jaga Baik-baik Hubunganmu!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dan ciri kelima rekan dan partner kerja yang patut kamu pertahankan ialah jika dia merupakan seseorang yang bijak dan berpikiran terbuka untuk diajak sharing. Tidak mudah menghakimi dan mau mengerti posisimu tanpa berniat menyudutkan merupakan tanda bahwa ia pribadi yang baik. Tidak hanya sebagai rekan kerja akan tetapi juga sebagai sahabat dalam dunia kerja.

Sama seperti sahabat, menemukan rekan kerja yang benar-benar baik dan cocok denganmu itu tidaklah mudah. Maka dari itu jagalah rekan kerjamu jika ia memiliki ciri-ciri seperti tadi ya, karena dia tipe orang yang baik untuk kamu pertahankan.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Kompetitif, Jangan Minder!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya