Comscore Tracker

5 Dampak Buruk kalau Kamu Kurang Istirahat dan Terlalu Banyak Kerja 

Lama-lama pikiran dan mentalmu bisa lelah, lho! 

Bertahan di dunia kerja yang keras dan penuh persaingan memang tidak mudah, bahkan saking sulitnya kita harus bekerja keras dan melakukan segala hal dengan maksimal.

Banyaknya beban yang ditanggung kadang mengharuskan untuk bekerja dengan waktu yang lebih lama atau lembur, namun meskipun begitu jangan lupa untuk tetap memperhatikan dirimu ya.

Terutama tentang pentingnya istirahat, jika kamu melupakannya maka siap-siap merasakan lima dampak buruknya seperti yang akan dibahas berikut ini.  

1. Fisikmu tidak stabil 

5 Dampak Buruk kalau Kamu Kurang Istirahat dan Terlalu Banyak Kerja Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dampak buruknya yang pertama jika kamu kurang istirahat dan terlalu banyak kerja ialah kondisi fisikmu yang akan menjadi tidak stabil. Semua manusia itu membutuhkan istirahat, tidak peduli setinggi apa tujuanmu kamu harus tetap menjaga diri dengan baik. Kamu bukan mesin atau robot yang bisa bekerja tanpa henti.

2. Energimu bisa terkuras melebihi batasnya 

5 Dampak Buruk kalau Kamu Kurang Istirahat dan Terlalu Banyak Kerja Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ada nasihat yang mengatakan bahwa kamu akan tahu kemampuan maksimalmu ketika sudah berusaha melebihi batas, hal itu memang berhasil pada sebagian orang. Namun jika kamu melakukannya terlalu sering yang ada nanti kamu akan merusak diri sendiri, seperti bekerja terlalu banyak tanpa memperhatika istirahat misalnya. Energimu bisa terkuras melebihi batas kemampuan diri.

Baca Juga: Ini 5 Ciri Saat Kamu Mengalami Fase Kelelahan Emosional

3. Mentalmu terguncang karena stres 

5 Dampak Buruk kalau Kamu Kurang Istirahat dan Terlalu Banyak Kerja Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian jangan lupakan juga bahwa kurangnya istirahat dapat membuat mentalmu jadi tidak stabil. Kamu lebih mudah diserang stres karena pekerjaan yang tidak ada habisnya. Jadi bukan hanya melemah secara fisik, namun kekuatan mentalmu perlahan juga akan melemah.

4. Kinerja dan tingkat fokusmu perlahan berkurang 

5 Dampak Buruk kalau Kamu Kurang Istirahat dan Terlalu Banyak Kerja Pexels.com/Retha Ferguson

Keempat, dampak buruknya jika kamu kurang memperhatikan waktu istirahat dan terlalu banyak kerja ialah kinerja dan tingkat fokusmu yang juga bakal terkena dampaknya. Sebab istirahat itu sangat berpengaruh pada tingkat fokus saat bekerja, dan kesulitan untuk fokus bukankah juga akan membuat kinerjamu menurun?

5. Kehilangan tujuan dan kesenangan dalam bekerja 

5 Dampak Buruk kalau Kamu Kurang Istirahat dan Terlalu Banyak Kerja Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dampak buruknya yang terakhir atau bisa dibilang sebagai yang paling fatal adalah kamu bisa jadi kehilangan tujuan yang sebenarnya dalam bekerja dan tidak merasakan senang lagi. Jika perasaan senang menghilang maka rasa lelah pun akan lebih mudah datang, pada akhirnya kamu jadi mudah menyerah ketika sudah benar-benar capek.

Beristirahat itu memang kelihatan sepele sehingga sering ditunda-tunda, namun jangan sampai kamu merasakan lima dampak buruknya seperti di atas ini, ya! bekerjalah semampumu saja.

Baca Juga: 5 Hal Ini Jadi Tanda Kalau Kamu Harus Istirahat dari Media Sosial

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya