Comscore Tracker

5 Macam Dampak Buruk Kerja Lembur yang Akan Mengacaukan Hidupmu

Kerja lembur justru membuat hidupmu jadi berantakan

Sebagai orang dewasa yang memasuki dunia kerja, kita juga harus siap dengan padat dan banyaknya pekerjaan yang harus di selesaikan. Dan terkadang hal ini membuat sebagian orang memutuskan untuk menambah jam kerja atau lembur. Namun di balik kesannya yang produktif, lembur kerja justru memiliki dampak buruk yang dapat mengacaukan hidupmu lho. Simak pembahasannya di bawah ini baik-baik, ya!

1. Kesehatan tubuhmu menurun

5 Macam Dampak Buruk Kerja Lembur yang Akan Mengacaukan HidupmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Menyelesaikan pekerjaan dengan baik itu memang penting. Tapi bukan berarti akan baik jadinya jika kamu memaksakan diri bekerja lembur dan mengabaikan kesehatan. Karena pelan-pelan kesehatan tubuhmu bisa menurun, sebab tubuh juga punya batasan, kan?

2. Tingkat stres yang bisa menjadi lebih ekstrem

5 Macam Dampak Buruk Kerja Lembur yang Akan Mengacaukan HidupmuPexels.com/Inzmam Khan

Untuk beberapa masalah pekerjaan, lembur memang bisa menjadi solusi. Akan tetapi semakin lama kamu berkutat dengan pekerjaan pasti membuat dirimu lelah. Dampak buruknya, tingkat emosimu menjadi tidak stabil dan mengalami stres yang lebih ekstrem daripada biasanya.

Baca Juga: Sering Kerja Lembur? 5 Hal Ini Akan Membuatmu Berpikir Ulang

3. Pola hidup berubah kacau

5 Macam Dampak Buruk Kerja Lembur yang Akan Mengacaukan HidupmuPexels.com/Fauxels

Dampak buruk lainnya yang juga dapat diakibatkan oleh lembur adalah pola hidupmu yang berubah kacau. Rutinitas yang menjadi berantakan dan bisa-bisa membuatmu jadi tak bisa mengurus dirimu sendiri. 

4. Terlalu sibuk sampai lupa pada prioritas penting lainnya

5 Macam Dampak Buruk Kerja Lembur yang Akan Mengacaukan HidupmuPexels.com/Fauxels

Pekerjaan itu memang penting, dan menjadi salah satu prioritas yang harus kamu utamakan ketika dewasa. Nah yang umumnya terjadi bila kamu sering lembur ialah kamu jadi lupa tentang prioritas lainnya yang juga penting dalam hidup. Seperti hubungan keluarga yang merenggang, quality time untuk diri sendiri dan pasangan, olahraga, atau hal-hal lainnya.

5. Sulit berkonsentrasi

5 Macam Dampak Buruk Kerja Lembur yang Akan Mengacaukan HidupmuPexels.com/Tim Gouw

Menambah jam kerja alias lembur membuat pekerjaanmu menjadi tuntas, tapi hati-hati dengan dampak buruknya yang satu ini, yaitu menurunnya tingkat konsentrasi. Terlalu lama berkutat dengan pekerjaan membuat tubuh dan pikiran menjadi lelah, akibatnya kamu pun jadi kesulitan dalam berkonsentrasi. Bukankah buruk sekali? Kamu justru tak bisa mengerjakan pekerjaan lainnya jika tidak fokus, kan. 

Beberapa dampak buruk di atas bukan untuk menakutimu, melainkan agar kamu paham bahwa ada baiknya untuk menghindari kerja lembur terlalu banyak dan pentingnya menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Baca Juga: 5 Risiko Kesehatan yang Akan Kamu Dapat Saat Sering Kerja Lembur!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya