Comscore Tracker

5 Etika Dalam Bekerja yang Penting untuk Diketahui Fresh Graduate

Karena menjaga etika saat bekerja itu sangatlah penting

Kemana pun kita berada dan kepada siapa pun kita berhadapan, selalu ada etika yang harus kita perhatikan agar tidak mengganggu orang lain. Nah begitu juga ketika kamu bekerja, ada etika-etika yang perlu diketahui dan pahami terutama bagi kamu yang fresh graduate. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya di bawah ini untuk lebih jelasnya, ya.

1. Berbusana rapi dan sopan

5 Etika Dalam Bekerja yang Penting untuk Diketahui Fresh GraduatePexels.com/Fauxels

Etika yang pertama ialah memakai busana yang rapi dan juga sopan. Setiap tempat kerja memang menerapkan peraturan yang berbeda-beda mengenai hal ini, namun pastikan saja agar kamu tidak sampai melewati batas wajar, ya. 

2. Menghormati dan menghargai rekan sekantor

5 Etika Dalam Bekerja yang Penting untuk Diketahui Fresh GraduatePexels.com/Fauxels

Menghormati dan menghargai rekan kerja sekantor adalah etika yang kedua. Kamu sebagai fresh graduate harus mengetahui dan paham akan hal ini, jangan sampai bersikap kurang ajar pada senior di tempat kerja. Hal ini termasuk dalam attitude yang menjadi modal utama untuk bisa sukses di tempat kerja.

Baca Juga: Terlihat Sepele, 7 Etika Ini Wajib Kamu Pahami saat Mengirim Lamaran

3. Tidak mengganggu konsentrasi rekan yang lain

5 Etika Dalam Bekerja yang Penting untuk Diketahui Fresh GraduatePexels.com/CoWomen

Etika lainnya yang penting untuk fresh graduate ketahui adalah tidak mengganggu konsentrasi rekan kerja lain. Semua orang pasti ingin menyelesaikan pekerjaan secepat dan sebaik mungkin, maka dari itu kamu sebaiknya tidak membuat keributan ataupun melakukan sesuatu yang mengganggu konsentrasi kerja mereka. Apalagi jika kamu baru masuk ke dunia kerja. 

4. Tidak mencampur urusan pribadi dengan pekerjaan

5 Etika Dalam Bekerja yang Penting untuk Diketahui Fresh GraduatePexels.com/Fauxels

Lalu yang lainnya adalah dengan tidak mencampur urusan pribadi dengan pekerjaan. Meskipun kamu seorang fresh graduate dan baru mau mulai belajar kerja, bukan berarti bisa bersikap seenaknya. Kamu harus tetap profesional apa pun yang terjadi.

5. Dapat bekerja dalam tim

5 Etika Dalam Bekerja yang Penting untuk Diketahui Fresh GraduatePexels.com/Fauxels

Setiap ada lowongan pekerjaan pasti salah satu syarat yang tertera adalah dapat bekerja dalam tim. Karena memang hal ini sebuah bentuk keharusan dan juga bagian dari etika dalam bekerja. Pekerjaan itu tidak melulu secara individual, namun juga ada kerja sama tim jika ditugaskan untuk sebuah proyek tertentu. Jadi pastikan kamu bisa bekerja dengan baik bersama rekan yang lain, ya.

Dari beberapa hal di atas, mana yang sudah kamu ketahui dan pahami? Pastikan untuk mengerti semuanya agar kariermu lancar, ya.

Baca Juga: 5 Etika Resign yang Baik Meski Sudah Tak Nyaman Kerja di Kantormu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya