Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Kerja Kantoran untuk Mapan

Ada banyak pekerjaan lain yang juga bisa memberimu kemapanan

Semakin dewasanya kita, semakin sadar tentang betapa perlunya untuk hidup mapan agar semua kebutuhan terpenuhi. Salah satu cara untuk bisa hidup mapan yang biasa terpikirkan oleh orang-orang ialah kerja kantoran, yang mana gajinya sudah ditetapkan ditambah dengan bonus-bonus yang menjamin kehidupan. 

Padahal kalau dipikir-pikir, untuk bisa mapan gak harus kerja kantoran, lho, apalagi kalau sampai memaksakan diri meski passion-nya bukan di situ. Ada banyak bidang pekerjaan lain yang bisa menjamin kemapanan hidupmu, jadi gak harus kerja secara terikat seperti orang kantor. Tapi untuk lebih jelasnya bisa simak pembahasan lima alasannya di bawah ini. 

1. Banyak bidang pekerjaan lain yang bisa menjamin kemapanan finansial

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Kerja Kantoran untuk Mapanilustrasi pegang uang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pekerjaan di dunia ini gak cuma satu, dengan kata lain ada banyak pekerjaan lainnya yang bisa menjamin kemapananmu selain kerja kantoran. Jadi gak perlu pusing atau bahkan sampai memaksakan diri kerja di kantor kalau cuma mau mapan. 

Banyak, kok, pekerjaan yang memberi bayaran gaji tinggi dan bisa membuatmu hidup nyaman. Mulai dari yang terikat kontrak, freelance, atau bahkan menjadi investor yang mengelola uang hingga menguntungkan. Apalagi pada zaman sekarang yang serba canggih lapangan pekerjaan pun jadi lebih beragam dan terbuka lebar. 

2. Untuk apa mapan tapi sama sekali gak enjoy dalam bekerja

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Kerja Kantoran untuk Mapanilustrasi melirik (pexels.com/Cottonbro)

Alasannya yang kedua kenapa kamu gak perlu memaksakan diri kerja kantoran untuk mapan ialah karena pada dasarnya gak ada gunanya kamu mapan kalau gak merasa enjoy selama bekerja. Karena apapun yang dipaksakan pasti membuat batin tertekan. 

Akibatnya lama-lama kamu bisa jadi stres dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Karena yang kamu kejar cuma kemapanan dari pekerjaan itu. Padahal kita sendiri pun tahu kalau kebahagiaan dan kenyamanan dalam hidup gak melulu terletak pada uang dan kemapanan. 

3. Utamakan prioritas hidupmu, terutama kebahagiaan diri

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Kerja Kantoran untuk Mapanilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Bekerja demi bisa menghasilkan uang memang perlu dilakukan untuk bertahan hidup, tapi jangan lupa juga kalau kamu juga harus mengutamakan prioritas hidup. Selain finansial stabil, prioritas hidup lainnya adalah kebahagiaan dirimu sendiri. 

Yang mana dengan memaksakan diri kerja kantoran sebenarnya sudah mengabaikan prioritas hidupmu untuk membahagiakan diri sendiri. Kecuali kalau memang keadaannya mendesak dan kamu memang harus melakukan itu untuk biaya hidup, tapi kalau tidak maka rasanya gak perlu sampai memaksakan diri kerja kantor demi bisa mapan dan melupakan kebahagiaanmu sendiri. 

Baca Juga: Sering Diabaikan, 10 Risiko Kesehatan yang Mengintai Pekerja Kantoran

4. Asalkan mau berkembang, bukan kerja kantoran pun juga bisa sukses dalam karier

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Kerja Kantoran untuk Mapanilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang berpikir bahwa untuk bisa sukses harus kerja kantoran, padahal tanpa kerja di kantor pun juga bisa sukses dan mapan selama mau berkembang. Dan hal ini mencakup semua jenis pekerjaan, yang mana semua itu tergantung dari kerja kerasmu sendiri. 

Karena mapan dibarengi dengan pengalaman kerja yang dalam justru lebih menjamin perkembangan kariermu, dibanding langsung kerja di kantor karena mengincar gaji dan benefit-nya. Jadi kalau rasanya kerja di kantor tidak cocok denganmu jangan dipaksakan, ya. Kamu bisa bekerja apa saja dan berkembang di bidang apa saja selama ada tekad yang kuat. 

5. Hidupmu jadi hampa kalau membuang semua mimpi untuk kerja kantoran

5 Alasan Gak Perlu Memaksa Kerja Kantoran untuk Mapanilustrasi depresi (pexels.com/Andrew Neel)

Alasannya yang terakhir kenapa kamu gak perlu memaksakan diri kerja kantoran ialah karena ditakutkan membuatmu hampa pada akhirnya. Yang mana dengan rasa terpaksa yang kamu pendam membuat hidupmu jadi tidak ada artinya. 

Karena seperti yang kita tahu bahwa pekerjaan akan menyita sebagian besar waktu dalam hidup, makanya gak heran kalau kemudian membuat hidup jadi hampa kalau kerjanya terpaksa. Harus memendam impian dan keinginan yang ada demi pekerjaan yang sama sekali tidak dinikmati. 

Intinya, kalau memang gak suka kerja kantoran maka tidak perlu dipaksakan. Karena kalau yang diinginkan adalah kemapanan, banyak pekerjaan lain yang juga bisa memberimu kemapanan finansial. Jadi gak melulu harus kerja kantor. 

Baca Juga: 5 Ciri Sederhana yang Tunjukkan Kamu Gak Cocok Kerja Kantoran

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya