Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Terjadi jika Kamu Terlalu Gugup saat Interview Kerja

Selain bikin malu, juga bisa bikin lamaranmu ditolak lho!

Sesi interview adalah tahapan awal yang pasti kamu alami jika melamar pekerjaan ke suatu tempat. Dan daripada saat bekerja, justru pada sesi interview inilah yang konon saat-saat yang paling buat seseorang gugup. Merasa gugup sih boleh-boleh saja, karena hal itu merupakan suatu hal yang wajar dialami semua orang, akan tetapi jangan sampai terlalu gugup hingga membuat kacau interview kerjamu.

Soalnya selain bikin malu, juga bisa membuat lamaran kerjamu jadi ditolak. Lalu kesalahan yang seperti apa sajakah yang bisa terjadi? Berikut ini pembahasan lima di antaranya.

1. Menurunkan tingkat attractive yang kamu miliki

5 Kesalahan yang Terjadi jika Kamu Terlalu Gugup saat Interview KerjaPexels.com/Tima Miroshnichenko

Kesalahan pertama yang bisa terjadi kalau kamu terlalu gugup saat interview kerja ialah, kegugupanmu itu bisa menurunkan sisi menarik pribadimu lho. Yang mana pada saat interview kerja itu sangatlah penting untuk membuat orang yang mewawancaraimu tertarik untuk mempekerjakanmu, baik itu dari sisi kepribadianmu yang semangat atau menunjukkan kemampuan-kemampuan yang kamu kuasai. Kalau terlalu gugup tentu kamu jadi tidak bisa melakukannya, kan?

2. Bicara terbata-bata yang membuat orang jadi malas mendengarkan

5 Kesalahan yang Terjadi jika Kamu Terlalu Gugup saat Interview KerjaPexels.com/Tima Miroshnichenko

Kesalahan berikutnya yang juga busa terjadi jika kamu terlalu gugup saat interview kerja ialah, kamu bicara terbata-bata sehingga membuat orang yang mewawancaraimu itu malas mendengarkan. Mendadak kamu lupa apa yang harus kamu katakan, dan karena terlalu gugup malah jadi gak jelas apa yang kamu katakan padanya. Bisa dibilang kalau ini kesalahan fatal, karena lamaran kerjamu bisa-bisa ditolak begitu saja. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Gerak-gerik Fresh Graduate Saat Interview Kerja, Kalem Aja

3. Menjatuhkan dokumen penting, terpeleset atau hal-hal lainnya yang memalukan

5 Kesalahan yang Terjadi jika Kamu Terlalu Gugup saat Interview KerjaPexels.com/Tima Miroshnichenko

Kemudian, terlalu gugup saat interview kerja juga bisa membuatmu membuat kesalahan seperti menjatuhkan dokumen penting, terjatuh, atau hal-hal buruk lainnya yang bisa bikin semuanya kacau. Lebih parahnya adalah, kamu mungkin melakukan itu karena terlalu gugup, akan tetapi orang yang melihat bisa saja malah menilaimu tidak profesional.

4. Orang yang interview bisa menganggap bahwa kamu belum siap untuk bekerja

5 Kesalahan yang Terjadi jika Kamu Terlalu Gugup saat Interview KerjaPexels.com/Fauxels

Penguji atau orang yang interview bisa menganggapmu belum siap untuk bekerja kalau kamunya terlalu gugup. Karena seperti yang kita tahu bahwa ada banyak hal yang akan kamu hadapi saat bekerja nanti, entah itu disuruh memimpin meeting dengan tiba-tiba, bertemu klien penting tanpa pemberitahuan, atau hal-hal lainnya yang membutuhkan mental yang siap. Dan bakal susah kalau kamu orang yang gugupan.

5. Kamu bisa-bisa melakukan hal kelewat batas karena terlalu gugup

5 Kesalahan yang Terjadi jika Kamu Terlalu Gugup saat Interview KerjaPexels.com/Cottonbro

Terakhir, bisa-bisa kamu malah melakukan sesuatu yang kelewat batas karena terlalu gugup. Misalnya seperti tidak mengendalikan emosi, tidak menjaga bicara dan etika, atau menunjukkan skill secara berlebihan yang membuat orang illfeel. Pokoknya dampak dari kegugupanmu itu malah membuatmu jadi melakukan hal-hal di luar batas, padahal sebenarnya pada saat interviewlah harusnya kamu menunjukkan first impression yang baik. 

Gugup bisa memberi dampak buruk pada suatu yang kita lakukan, seperti pada pembahasan tadi yang gara-gara gugup bisa mengakibatkanmu membuat kesalahan yang mengacaukan interview kerja.

Baca Juga: Ditanya Mau Gaji Berapa Saat Interview Kerja, Ini Cara Jawabnya!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya