Comscore Tracker

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Tempat Kerja, Merusak Citramu!

#IDNTimesLife Kamu yang malu sendiri nantinya

Ketika di rumah kamu mungkin bisa bertindak sesuka hati, melakukan apa saja tanpa adanya larangan tentang etika dan kesopanan. Akan tetapi berbeda ceritanya jika kamu sedang di luar rumah, ada hal-hal yang boleh dilakukan dan ada juga yang tidak baik jika dilakukan, terutama jika di tempat kerja.

Kamu gak bisa sembarangan melakukan apa saja tanpa berpikir ketika berada di tempat kerja, entah itu melanggar peraturan atau justru malah mempermalukan dirimu sendiri dan membuat citramu buruk. Untuk lebih jelasnya bisa simak pembahasannya di bawah ini.

1. Makan dengan rakus ketika bersama klien

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Tempat Kerja, Merusak Citramu!Ilustrasi makan bersama(pexels.com/Fauxels)

Hal pertama yang gak boleh kamu lakukan di tempat kerja karena malu-maluin ialah makan dengan rakus ketika bersama dengan klien kerja. Di setiap kantor dan perusahaan mana saja merupakan suatu hal yang biasa untuk makan bersama klien atau orang penting, dan hal itu bisa dibilang termasuk bagian dari bekerja juga.

Jadi jangan sampai kamu malah malu-maluin diri sendiri karena rakus, ya. Jaga etika makanmu agar yang lain nyaman.

2. Postur duduk yang gak sopan

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Tempat Kerja, Merusak Citramu!Ilustrasi malas(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kedua, kamu juga malu-maluin dan merusak citra diri sendiri jika postur dudukmu sama sekali gak sopan ketika berada di kantor. Misalnya mengangkat kaki ke atas meja, duduk mengangkang, mengangkat sebelah kaki ke tempat duduk, atau bahkan sampai melepas alas kaki. Tak peduli senyaman apapun tempat kerjamu, tetaplah jaga batasannya dalam duduk selama di sana.

Baca Juga: Ide Dekorasi Ruang Kerja di Rumah dengan Tanaman, Mood Kerja Nambah!

3. Bertengkar dengan pasangan di depan rekan kerja

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Tempat Kerja, Merusak Citramu!Ilustrasi bertengkar(pexels.com/Anthony Shkraba)

Yang ketiga ini sangatlah memalukan, yaitu bertengkar dengan pasangan di depan rekan kerja. Kamu datang ke sana tujuannya untuk kerja, jadi gak sepatutnya dijadikan tempat memadu kasih dengan pasangan apalagi sampai menjadikannya sebagai lokasi bertengkar. Selain annoying, harga dirimu bisa jatuh kalau masalah pribadi sampai dibawa-bawa ke tempat kerja.

4. Sok memberikan pendapat pada hal yang tidak kamu mengerti ketika rapat

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Tempat Kerja, Merusak Citramu!Ilustrasi rapat(pexels.com/Fauxels)

Ada kalanya kamu ikut rapat pada hal yang memang bagian atau bidang pekerjaan yang kamu kuasai sehingga mengerti isi rapat tersebut, tapi kalau misalnya kamu sama sekali tidak mengerti maka saran yang paling utama adalah jadi pendengar yang baik dan simak saja rapatnya.

Karena kalau kamu sok memberikan pendapat padahal kamu gak ngerti tentang itu, bukannya menaikkan martabat malah malu-maluin, lho. Pendapatmu juga gak bakal didengar dan atasan juga jadi malas untuk mengajakmu ikut rapat lagi. Cukup diam saja kalau kamu tidak tahu.

5. Terlalu caper ke bos

Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Tempat Kerja, Merusak Citramu!Ilustrasi kerja(pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Dan hal terakhir yang juga merusak citra serta mempermalukan dirimu sendiri ialah, jika kamu terlalu caper ke bos atau atasanmu. Cari perhatian atasan itu memang perlu, tapi kalau terlalu berusaha sampai memaksakan diri, yang ada malah bikin malu lho. Selain bisa ditertawakan rekan yang lain, atasanmu juga bisa merasa illfeel karena kelihatan banger kamu cari mukanya di depan dia.

Intinya, jangan melakukan yang aneh-aneh kalau di tempat kerja. Jaga harga diri serta martabatmu dari melakukan hal yang seperti dalam pembahasan tadi.

Baca Juga: Manajer Harus Tahu, 5 Tanda Karyawan Kehilangan Motivasi Kerja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya