Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Jadi Beban Saat Kerja Dalam Tim

Jangan sampai kehadiranmu justru membebani rekan setim

Saat kamu memasuki dunia kerja kamu akan tahu salah satu syaratnya adalah bisa bekerja sendiri ataupun dalam tim. Karena sesekali pasti ada pekerjaan besar yang dikerjakan dalam tim dan ada lima hal yang perlu diterapkan agar kamu tidak menjadi beban bagi rekan tim lainnya dalam bekerja. Kira-kira apa sajakah itu? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

1. Disiplin dalam kehadiran

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Jadi Beban Saat Kerja Dalam TimPexels.com/Fauxels

Hal pertama yang wajib kamu lakukan saat bekerja dalam tim ialah disiplin soal kehadiran. Usahakanlah untuk tidak terlambat dan selalu hadir ketika ada pekerjaan yang melibatkan tim. Karena jika kamu tidak disiplin dalam hal ini, efeknya bukan hanya padamu namun juga pada anggota tim yang lain.

2. Dapat diandalkan dalam menyelesaikan tugas

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Jadi Beban Saat Kerja Dalam TimPexels.com/Startup Stock Photos

Lalu jadilah sosok yang dapat diandalkan dalam mengerjakan tugasmu ketika bergabung dalam tim. Poin penting dari bekerja dalam tim adalah kerja sama, maka dari itu bisa menyelesaikan pekerjaan masing-masing itu sangat penting dan membangun kerja sama yang baik.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam Tim

3. Teliti dan tak membuat masalah

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Jadi Beban Saat Kerja Dalam TimPexels.com/Fauxels

Ketiga, kamu juga harus berusaha teliti dan tak membuat masalah selama bekerja dalam tim. Jangan malah melakukan segala hal sembarangan yang justru menambah beban rekan tim. Karena kesalahan yang dilakukan satu orang akan ditanggung semua orang dalam tim, berbeda jika kamu bekerja sendiri dan hanya bertanggung jawab seorang diri untuk kesalahanmu.

4. Ikut berperan dalam diskusi atau rapat

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Jadi Beban Saat Kerja Dalam TimPexels.com/Fauxels

Keempat, usahakan untuk melibatkan diri ketika ada diskusi atau rapat yang diadakan tim. Bukan cuma melihat dan menunggu keputusan akhir, akan tetapi juga ikut berperan aktif dalam pengambilan keputusan. Karena diskusi dapat memperkuat kerja sama, dan dengan kamu yang aktif memberi ide atau inovasi baru, mungkin pekerjaan kalian bisa terselesaikan dengan lebih maksimal.

5. Bekerja dengan bersih dan jujur

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Jadi Beban Saat Kerja Dalam TimPexels.com/Fauxels

Terakhir, jika kamu tak ingin menjadi beban saat bekerja dalam tim, maka bekerjalah dengan cara bersih dan jujur. Jangan macam-macam atau banyak tingkah, karena kalau kamu berbuat curang justru akan berakibat buruk pada tim nantinya. Yang bukannya meringankan beban tim, justru malah membebani dan merusak citra tim.

Itulah tadi lima hal yang baiknya kamu lakukan agar tak menjadi beban saat bekerja dalam tim. Ingat ini baik-baik, ya.

Baca Juga: Segera Antisipasi, 5 Tanda Rekan Kerjamu Hanya Jadi Benalu Dalam Tim

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya