Comscore Tracker

5 Cara Kerja Profesional yang Patut Diterapkan Fresh Graduate

Tunjukkan kalau fresh graduate juga bisa diandalkan

Tantangan baru bagi kamu yang fresh graduate tentu adalah saat masuk dalam dunia kerja. Untuk pertama kalinya mengandalkan kemampuan diri sendiri di hadapan rekan kerja senior dan atasan.

Nah, supaya kamu tidak salah dalam bersikap dan membuat personal branding kamu buruk, yuk simak lima cara kerja profesional yang patut kamu terapkan sebagai fresh graduate di tempat kerja berikut ini.

1. Tidak mencampur urusan pribadi dan pekerjaan

5 Cara Kerja Profesional yang Patut Diterapkan Fresh GraduatePexels.com/Rawpixel.com

Hal pertama yang harus kamu terapkan adalah membedakan antara urusan pekerjaan dan pribadi, jangan mencampurkannya kalau mau dibilang profesional. Selain itu, baik rekan kerja dan atasan yang melihat sikapmu ini dapat menilai bahwa kamu serius dalam bekerja.

2. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu

5 Cara Kerja Profesional yang Patut Diterapkan Fresh GraduatePexels.com/Bruce Mars

Untuk kerja dengan profesional lainnya adalah dengan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu. Mereka memang akan maklum saja jika kamu tidak selesai tepat waktu, karena bagaimanapun juga kamu fresh graduate yang baru mulai bekerja. Tapi, ada baiknya untuk kerja secara maksimal dan menunjukkan bahwa kamu tidak manja dan bisa diandalkan.

Baca Juga: 5 Petuah bagi Fresh Graduate Agar Tetap Semangat Cari Kerja! 

3. Berani memegang tanggung jawab

5 Cara Kerja Profesional yang Patut Diterapkan Fresh GraduatePexels.com/Mentatdgt

Selanjutnya adalah dengan berani memegang tanggung jawab. Banyak fresh graduate yang takut melakukannya, padahal ini adalah peluang untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki potensi untuk bersaing dan bekerja secara profesional dengan rekan senior lainnya. Mereka juga tidak akan menganggap sepele dirimu meskipun pertama kali bekerja.

4. Tidak mengeluh

5 Cara Kerja Profesional yang Patut Diterapkan Fresh GraduatePexels.com/Bruce Mars

Berikutnya mungkin lebih kepada attitude yang harus kamu terapkan, yaitu tidak mengeluh saat banyak pekerjaan dan sibuk. Karena terlepas dari kamu dipandang sebagai fresh graduate atau tidak, mereka hanya ingin melihat apakah kamu bisa bekerja keras seperti mereka dan profesional dalam hal itu.

5. Cepat mencari jalan keluar ketika ada kendala dalam pekerjaan

5 Cara Kerja Profesional yang Patut Diterapkan Fresh GraduatePexels.com/Rawpixel.com

Salah satu alasan perusahaan mempekerjakan fresh graduate adalah karena dinilai bisa lebih kreatif, inovatif dan cepat tanggap dalam segala situasi. Maka dari itu jangan takut untuk menyuarakan ide atau gagasan yang kamu punya, apalagi jika terjadi kendala dalam pekerjaan. Kemampuanmu yang cepat mencari jalan keluar menunjukkan kalau kamu patut dipertahankan dan layak diperlakukan sebagai pekerja profesional lainnya.

Itulah beberapa cara kerja profesional yang patut untuk fresh graduate terapkan ketika bekerja. Tunjukkan bahwa kamu bisa diandalkan meski baru pertama kali bekerja, semangat!

Baca Juga: 5 Attitude Dasar yang Patut Dimiliki Fresh Graduate di Tempat Kerja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya