Comscore Tracker

5 Kesalahan saat Interview yang Bikin Gagal Diterima Kerja

Lamaran kerjamu selalu berakhir dengan penolakan

Jika sudah melakukan berbagai usaha  melamar ke banyak tempat namun belum ada satu pun lamaran kerja yang lolos, coba dipikir lagi sikapmu saat interview. Bisa jadi kesalahan saat interview yang membuatmu gagal diterima kerja. 

Mungkin sikapmu saat diwawancarai ada yang salah, berlebihan saat bicara, atau kurangnya sopan santun saat di depan interviewer. Hal itu bisa dicari tahu dalam pembahasan kali ini, mungkin dari lima kesalahan berikut ini kamu lakukan saat interview kerja. Jadikan pelajaran supaya gak ditolak lagi saat melamar kerja.

1. Terlalu bertele-tele saat menjawab pertanyaan

5 Kesalahan saat Interview yang Bikin Gagal Diterima Kerjailustrasi bicara (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kesalahan pertama saat melakukan interview yang membuatmu jadi gak diterima kerja ialah selama sesi tanya jawab kamu bicara bertele-tele. Aktif bicara tentu menjadi nilai tambah di mata interviewer, tapi kalau gak jelas arahnya malah bikin bingung. 

Bicara bertele-tele menunjukkan rendahnya tingkat fokus dan rumitnya cara berpikir seseorang. Sedangkan yang dibutuhkan dalam dunia kerja adalah ketepatan supaya gak membuang waktu. 

2. Terlalu panjang saat menceritakan diri sendiri

5 Kesalahan saat Interview yang Bikin Gagal Diterima Kerjailustrasi bicara (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Salah satu hal yang pasti ada dalam sesi wawancara ialah interviewer meminta untuk menceritakan dirimu. Biasanya, jawaban ini mengacu pada kegiatan, keseharian, dan hubungan keluarga. 

Interviewer ingin tahu terlebih dahulu kepribadian orang yang akan diterima kerja. Kalau pada sesi ini kamu malah bicara terlalu panjang, bahkan sampai ke hal-hal yang gak penting, bisa jadi itu kesalahan yang membuatmu jadi tidak diterima kerja.

3. Membanggakan koneksi di tempat kerja tersebut

5 Kesalahan saat Interview yang Bikin Gagal Diterima Kerjailustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Punya koneksi di perusahaan tempat kamu melamar kerja memang bagus. Hal itu bisa menjadi nilai tambah ketika interview. Namun, perlu diketahui bahwa hal ini pun berisi risiko yang besar juga. 

Jika kamu secara berlebihan membanggakan orang yang kamu kenal di sana, bisa-bisa hal itu membuat mereka jadi menolak lamaranmu. Ada aturan di tempat kerja tertentu yang tidak memperbolehkan satu keluarga untuk kerja di tempat yang sama.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Kesalahan saat Hadiri Interview Kerja, Lancar terus!

4. Bersikap tidak sopan pada interviewer

5 Kesalahan saat Interview yang Bikin Gagal Diterima Kerjailustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Menciptakan kesan pertama yang membekas pada saat interview memang bagus, tapi bukan berarti kamu bisa bicara sembarangan. Misalnya menanyakan hal pribadi kepada orang yang mewawancaraimu.

Entah itu hal kecil atau besar, bahkan hanya karena penasaran menanyakan hal pribadi saat interview kerja sangat tidak sopan dilakukan. Kamu bisa dinilai sebagai seseorang yang tidak tahu etika dan berakhir gagal diterima kerja. 

5. Tidak sopan saat ditanya perihal gaji

5 Kesalahan saat Interview yang Bikin Gagal Diterima Kerjailustrasi bicara (pexels.com/August de Richelieu)

Kesalahan terakhir yang bikin kamu jadi gagal diterima kerja ialah jika saat ditanya berapa nominal gaji yang diinginkan malah tidak sopan. Misalnya, kamu menyebutkan nominal yang sangat besar melebihi standar kemampuanmu. 

Memang benar bahwa sebagian interviewer menanyakan ini karena ingin menguji seberapa besar kamu menghargai skill kerjamu. Namun, kalau gaji yang diinginkan gak masuk akal malah memberi kesan angkuh. Sesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman kerjamu, ya.

Dari lima poin di atas, kita belajar untuk tidak berlebihan saat interview kerja. Bersikap dan bicara seperlunya saja supaya lamaranmu gak ditolak karena tidak bisa menjaga sikap. Ingat dan terapkan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama, Jaga Emosimu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya