Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Bikin Presentasimu Terlihat Buruk dan Tak Meyakinkan 

Kurangnya persiapan salah satunya #IDNTimesLife

Baik di sekolah maupun di dunia kerja, skill presentasi sangat dibutuhkan. Presentasi harus dilakukan dengan baik agar tidak meninggalkan kesan buruk di depan orang lain.

Tapi entah karena gugup atau kurangnya persiapan, terkadang hal itu membuat presentasimu tidak maksimal. Ini bisa fatal kalau dalam konteks pekerjaan, lho. Berikut ini adalah lima macam kesalahan yang mesti kamu hindari.

1. Bicara terbata-bata saat menyampaikan presentasi

5 Kesalahan yang Bikin Presentasimu Terlihat Buruk dan Tak Meyakinkan ilustrasi presentasi (pexels.com/Anthony Shkraba)

Kesalahan pertama yang membuat presentasimu jadi buruk ialah bicara terbata-bata saat menyampaikan presentasi. Biasanya hal ini terjadi jika terlalu gugup dan tidak terbiasa tampil di hadapan banyak orang.

Mau tidak mau, dalam melakukan presentasi, jaga suara agar tetap lantang dan lancar. Karena sebaik apa pun kinerja dan skill yang kamu punya, tapi kalau tidak bicara dengan baik saat presentasi maka hasil kerjamu jadi tidak meyakinkan.

2. Tidak menguasai bahan materi presentasimu sendiri 

5 Kesalahan yang Bikin Presentasimu Terlihat Buruk dan Tak Meyakinkan ilustrasi rapat (pexels.com/Anna Shvets)

Tidak benar-benar menguasai bahan materi merupakan salah satu kesalahan yang membuat presentasimu jadi buruk. Kesalahan ini terlihat sepele namun sebenarnya fatal, lho.

Sebab, dengan tidak menguasai materi, penyampaian presentasimu tidak akan maksimal dan kamu akan terlihat nge-blank di depan banyak orang. Menguasai materi dengan matang, dijamin akan meningkatkan kepercayaan dirimu.

Baca Juga: 5 Hal Penting dalam Mempersiapkan Presentasi Kelas Online yang Seru

3. Kebingungan menjawab pertanyaan audiens 

5 Kesalahan yang Bikin Presentasimu Terlihat Buruk dan Tak Meyakinkan ilustrasi presentasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kurangnya menguasai materi juga bisa berbuntut pada kesalahan ini. Bagaimana kamu bisa menjawab pertanyaan audiens jika kamu sendiri tidak memahami isi materi?

Gagap menjawab pertanyaan audiens akan dengan signifikan mengurangi 'nilai' presentasimu di depan orang lain. Lain halnya jika kamu menguasai materi dan mampu menjawab pertanyaan audiens, kesan presentasi akan lebih positif dan hidup.

4. Susunan presentasimu berantakan 

5 Kesalahan yang Bikin Presentasimu Terlihat Buruk dan Tak Meyakinkan ilustrasi presentasi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kesalahan lainnya yang membuat presentasimu buruk dan tak meyakinkan adalah susunan presentasi yang berantakan. Misalnya, tidak menggunakan pembukaan yang baik, penyampaian isi yang berantakan, hingga tidak adanya penutup atau kesimpulan dalam presentasi.

Hal ini bisa terjadi jika kamu kurang banyak belajar tentang presentasi yang baik. Caranya tentu saja adalah dengan banyak menyimak contoh presentasi yang benar misalnya saat ada senior yang lebih berpengalaman melakukan presentasi.

5. Sumber datamu kurang meyakinkan dan terkesan tidak valid

5 Kesalahan yang Bikin Presentasimu Terlihat Buruk dan Tak Meyakinkan ilustrasi presentasi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Presentasi itu bukan suatu hal yang dilakukan dengan main-main, jadi mestinya kamu juga tahu bahwa jika sumber datamu tidak bisa dibuktikan kebenarannya maka presentasimu pun menjadi buruk dan tidak meyakinkan. Karena tanpa sumber data yang terpercaya, apa yang kamu presentasikan terkesan seperti mengarang dan kurang berbobot.

Sebisa mungkin hindarilah lima macam kesalahan tadi agar presentasimu tidak berakhir zonk. Persiapan yang baik, pemahaman materi, dan penguasaan cara presentasi menjadi kunci utama yang harus kamu kuasai.

Baca Juga: 5 Tips Agar Presentasi Lancar, Bikin Audiensmu Terkesan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya