Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Membuat Kariermu Gak Berkembang, Stuck!

Kariermu mentok di situ-situ saja akibat ulah sendiri

Kalau bicara tentang karier, siapa yang gak mau sukses dalam perjalanan kariernya? Semua orang pasti mau, bahkan menargetkan hal itu dalam hidup mereka. Namun, terlepas dari itu, apa yang terjadi di dunia kerja tak selamanya sesuai harapan. Tak jarang ada yang kariernya stuck di situ-situ saja.

Kebanyakan orang menyalahkan peluang kecil yang mengakibatkan karier mereka stuck. Namun, tahukah kamu bahwa hal itu juga bisa disebabkan oleh kesalahanmu sendiri? Simak lima poin di bawah ini untuk beberapa kesalahan yang bikin kariermu stuck

1. Gak punya relasi

5 Kesalahan yang Membuat Kariermu Gak Berkembang, Stuck!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Alena Darmel)

Kamu terlalu fokus pada diri sendiri dan gak punya relasi. Selama berkarier, dirimu hanya fokus bekerja keras tanpa ada kenal dan membangun hubungan dekat dengan relasi mana pun.

Relasi di dunia kerja memang gak bisa total mengangkat kariermu, tapi kalau gak punya relasi sama saja kamu gak punya pendukung karier di belakangmu. Terkadang, relasimu yang membantumu mendapatkan peluang dan mendorong kariermu lebih maju. 

2. Terlalu sombong hingga durhaka pada orangtua

5 Kesalahan yang Membuat Kariermu Gak Berkembang, Stuck!ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Cottonbro)

Percaya atau tidak, kesenangan hidup yang kamu miliki dan jalani saat ini bisa jadi merupakan buah dari doa orangtua. Maka dari itu, kalau kamu durhaka dan merasa angkuh dengan kariermu yang sekarang pada orangtua, bisa-bisa malah stuck, lho.

Bisa dikatakan orangtua adalah support system dalam hidup. Tanpa mereka, dirimu akan kesulitan mendapat keberkahan dalam hidup. Apalagi kalau sampai merendahkan dan membuat orangtuamu sakit hati. Wah, jangan sampai, ya!

3. Terlalu tunduk pada atasan

5 Kesalahan yang Membuat Kariermu Gak Berkembang, Stuck!ilustrasi kerja (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kesalahan lainnya yang juga membuat jenjang kariermu gak ada kemajuannya ialah kalau kamu terlalu tunduk dan pasrah pada atasan. Dengan kata lain, kamu pasrah saja disuruh-suruh hal yang di luar tanggung jawabmu dan gak melawan ketika sudah di luar batas.

Sistem kerja seperti itu tak akan membawa kariermu ke mana-mana. Karena, yang ada tenagamu diperas habis dan dimanfaatkan terus untuk keuntungan pribadinya. Jadi, kalau gak mau stuck, berhentilah pasrah ketika diperbudak dan cari tempat kerja lebih baik.

Baca Juga: 6 Akibat bila Suka Menjegal Karier Teman, Karier Sendiri Sulit Maju!

4. Terlalu loyal sampai gak sadar terjebak zona nyaman

5 Kesalahan yang Membuat Kariermu Gak Berkembang, Stuck!ilustrasi kerja (pexels.com/Sora Shimazaki)

Loyal dan berdedikasi pada pekerjaan tentu boleh-boleh saja, tapi perlu diingat juga kalau hal itu dapat menjadi salah satu kesalahan yang membuat kariermu stuck. Terlalu loyal dirimu jadi tidak sadar kalau ternyata terjebak dalam zona nyaman.

Sudah sangat menguasai satu bidang dan merasa betah dengan itu, bahkan mungkin sampai menolak ajakan dan peluang kerja di bidang lain hanya gara-gara keloyalanmu. Inilah yang bahaya dan membuat kariermu gak maju, alias susah berkembang, kalau kamu gak mau mencoba hal baru. 

5. Mengabaikan saran senior saat ada peluang meningkatkan karier

5 Kesalahan yang Membuat Kariermu Gak Berkembang, Stuck!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Fauxels)

Kesalahan terakhir yang juga membuat kariermu jadi stuck ialah sering mengabaikan saran senior. Apalagi kalau saran dari senior yang menyangkut peluang dan kesempatan untuk meningkatkan jenjang karier tapi malah kamu tolak mentah-mentah.

Gak semua senior itu jahat dan berniat menjatuhkanmu. Salah banget kalau kamu tidak mendengarkan dan mempertimbangkan saran senior jika itu tentang kemajuan karier. Sebab, bisa jadi mereka berniat membantu dan berbagi tips berdasarkan pengalamannya. 

Intinya, kalau gak mau kariermu stuck, hindarilah melakukan kesalahan seperti lima poin tadi. Cobalah introspeksi diri dan perhatikan hal apa saja yang perlu kamu lakukan supaya kariermu ada kemajuannya. Semangat selalu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredup

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya