Comscore Tracker

5 Keuntungan dalam Karier jika Punya Intuisi dan Kepekaan yang Tinggi 

Kamu jadi lebih cepat dalam membaca situasi & peluang 

Memang benar bahwa untuk bisa maju dan sukses di dunia kerja diperlukan ambisi dan juga skill yang mumpuni, akan tetapi tidak banyak orang sadar kalau intuisi dan kepekaan sebenarnya juga sama pentingnya seperti skill. Yang mana tanpa adanya intuisi, kamu mungkin tidak sadar kalau telah melewatkan kesempatan emas dan peluang bagus dalam karier.

Tanpa adanya kepekaan yang tinggi, dirimu mungkin kerap melakukan kesalahan yang membuat kinerjamu menurun. Maka dari itu memiliki intuisi tajam serta kepekaan yang tinggi sebenarnya banyak banget untungnya untuk kariermu, seperti lima poin di bawah ini contohnya. Yuk simak!

1. Cepat membaca situasi di tempat kerja 

5 Keuntungan dalam Karier jika Punya Intuisi dan Kepekaan yang Tinggi ilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keuntungannya yang pertama kalau memiliki intuisi dan kepekaan yang tinggi adalah, kamu jadi cepat membaca situasi di tempat kerja. Misalnya saja situasi di tempat kerjamu sedang tidak baik dan atasan sedang tidak memiliki mood baik, kamu pun jadi bisa menyesuaikan bagaimana bersikap di keadaan yang seperti itu.

Jadi kamu tidak sampai melakukan kesalahan yang bisa memperburuk situasi yang ada. Istilahnya, dengan kepekaan dan intuisi yang bagus kamu bisa bertahan dengan baik di dunia kerja.

2. Bisa menjaga diri dari melakukan hal yang salah pada atasan 

5 Keuntungan dalam Karier jika Punya Intuisi dan Kepekaan yang Tinggi ilustrasi bos bicara (pexels.com/Sora Shimazaki)

Sebagaimana manusia biasa yang bisa berubah-ubah pribadi dan moodnya, atasanmu juga begitu. Sehingga keuntungannya kalau memiliki intuisi dan kepekaan yang tinggi ialah, kamu jadi bisa menjaga diri dari melakukan hal yang salah pada atasan.

Misalnya saja melakukan hal yang tidak ia suka, sesuatu yang bisa membuat moodnya buruk, atau hal yang bisa membuatnya marah dan tersinggung. Ini penting banget, lho. Kariermu bisa bahaya kalau atasan sampai benci padamu.

3. Tahu mana peluang yang bisa berdampak baik untuk kariermu sendiri 

5 Keuntungan dalam Karier jika Punya Intuisi dan Kepekaan yang Tinggi ilustrasi kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Bisa dibilang kalau yang ketiga ini adalah keuntungan yang pasti kamu dapatkan, yang mana jika memiliki intuisi dan kepekaan yang tinggi kamu pun jadi tahu mana peluang yang bisa berdampak baik untuk kariermu.

Mungkin kamu tidak mengambil semua peluang yang ada, akan tetapi kamu tahu mana peluang yang berpotensi besar untuk meningkatkan kariermu. Dan itu bagus sekali, lho! Tidak semua orang dibekali dengan kemampuan seperti itu dan kamu sangat beruntung memilikinya.

Baca Juga: 6 Cara Jadi Pria yang Bahagia Walau Dirimu sedang Fokus pada Karier

4. Tidak terjebak dalam rencana jahat orang yang ingin menjatuhkanmu 

5 Keuntungan dalam Karier jika Punya Intuisi dan Kepekaan yang Tinggi ilustrasi rekan kerja (pexels.com/August de Richelieu)

Keuntungan lainnya dari memiliki intuisi dan juga kepekaan yang tinggi ialah, kamu jadi tidak mudah terjebak dalam rencana jahat orang yang ingin menjatuhkanmu. Seperti yang sudah diketahui, persaingan dalam dunia kerja itu sangat ketat, sehingga tak jarang orang-orang malah berusaha saling menjatuhkan untuk bisa membuat kariernya baik.

Nah, dengan intuisi dan kepekaanmu dirimu jadi terhindar dari hal itu yang bikin orang-orang jadi tidak mudah menjatuhkanmu begitu saja. Dengan kata lain kariermu pun menjadi aman.

5. Membantumu dalam membuat keputusan untuk hasil kerja terbaik 

5 Keuntungan dalam Karier jika Punya Intuisi dan Kepekaan yang Tinggi ilustrasi kerja (pexels.com/Kampus Production)

Selayaknya hidup ini yang dipenuhi dinamika, dunia kerja juga banyak banget dinamikanya. Ada banyak haal tak terduga yang bisa saja terjadi ketika kamu bekerja, dan di saat-saat seperti itu terkadang kamu diharuskan untuk berani mengambil keputusan dengan cepat.

Namun namanya keputusan pasti ada risikonya, nah intuisi dan kepekaanlah yang kemudian membantumu untuk bisa membuat keputusan untuk hasil kerja terbaik. Sehingga risikonya pun tidak membahayakan kariermu. Sangat menguntungkan, bukan?

Itulah tadi lima keuntungan yang kamu dapatkan dalam karier jika memiliki intuisi dan kepekaan yang tinggi. Intinya, gak ada ruginya kalau kamu mulai menajamkan kepekaanmu terhadap sekitar dan juga intuisimu. Karena dampak baiknya untuk kariermu sendiri nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Menentukan Lebih Baik Pilih Cinta atau Karier?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya