Comscore Tracker

5 Keuntungan Magang Bagi Kamu yang Masih Kuliah, Jadi Tahu Dunia Kerja

Kamu jadi tahu kenyataan di dunia kerja itu seperti apa

Kalau mengikuti alur hidup secara tertata biasanya lulus kuliah dulu baru cari kerja dan mulai berkarier. Namun, kalau mau lebih cepat memasuki dunia kerja, sebenarnya bisa, lho, meskipun belum lulus kuliah, yakni dengan cara magang. 

Apalagi ada banyak perusahaan yang menerima magang bagi mahasiswa akhir, yang mana hal ini juga dapat memberimu banyak keuntungan. Mulai dari pengalaman kerja, pembinaan diri, hingga referensi untuk dirimu bekerja di bidang yang tepat setelah lulus kuliah nanti. Beberapa keuntungan di antaranya ada dalam pembahasan berikut ini, yuk disimak! 

1. Gak canggung lagi kalau berkenalan dengan rekan kerja baru

5 Keuntungan Magang Bagi Kamu yang Masih Kuliah, Jadi Tahu Dunia Kerjailustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Keuntungannya yang pertama kalau kerja magang ialah kamu jadi gak canggung lagi untuk berkenalan dengan rekan kerja. Ketika teman-teman nanti baru mulai bekerja dan masuk menjadi karyawan baru yang membuatnya gugup, kamu sudah berpengalaman dan jadi lebih santai. 

Kamu tahu bagaimana etikanya ketika bekerja dengan senior, membuat mereka mengenalmu dan membangun keakraban dengan mereka. Pengalaman selama magang yang gak bisa dianggap sepele dan penting banget dalam dunia kerja. 

2. Melihat sendiri realitas positif dan negatif dunia kerja

5 Keuntungan Magang Bagi Kamu yang Masih Kuliah, Jadi Tahu Dunia Kerjailustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Keuntungan lainnya yang kamu dapatkan jika magang saat masih kuliah ialah kamu jadi tahu sisi positif dan negatif yang ada dalam dunia kerja. Hal ini membuatmu jadi lebih realistis dalam memandang hidup. 

Sehingga saat lulus nanti dan terjun ke dunia kerja yang sebenarnya sebagai karyawan tetap, kamu jadi gak kaget lagi kalau ternyata dunia kerja tidaklah seindah dalam bayangan. Menjalani masa magang pun juga akan mengasah mentalmu dalam memulai dan membangun karier. 

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Magang, Bermanfaat untuk Kariermu!

3. Membuatmu belajar bagaimana caranya menjaga profesionalitas dalam bekerja

5 Keuntungan Magang Bagi Kamu yang Masih Kuliah, Jadi Tahu Dunia Kerjailustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Ada banyak pengalaman berharga yang bisa kamu dapatkan selama magang, salah satunya ialah membuatmu tahu betapa pentingnya profesionalitas. Sehingga dirimu yang tadinya masih suka main-main dalam bekerja karena masih kuliah perlahan-lahan akan menjadi serius dan disiplin dalam bekerja. 

Makanya bagus banget bagi kamu yang masih kuliah terutama yang semester akhir untuk mencoba kerja magang di suatu perusahaan. Karena tidak hanya bisa mempraktekkan teori ke dalam pekerjaan secara langsung, profesionalitasmu juga akan terasah dengan baik. 

4. Pengalaman ketika magang bisa kamu jadikan referensi untuk bekerja di bidang yang tepat

5 Keuntungan Magang Bagi Kamu yang Masih Kuliah, Jadi Tahu Dunia Kerjailustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Yang namanya magang tentu bisa dilakukan di bidang pekerjaan manapun karena maksudnya hanyalah untuk menambah pengalaman saja. Dan inilah keuntungannya yang keempat, yang mana pengalaman selama magang bisa kamu jadikan referensi untuk bekerja di bidang yang tepat ketika lulus kuliah. 

Karena sudah berpengalaman bekerja di banyak bidang kamu jadi tahu bidang pekerjaan mana yang cocok untukmu. Bisa jadi pekerjaan selama magang itu memang cocok untukmu, atau justru kamu menemukan ketidakcocokan di situ dan memilih menekuni jenis pekerjaan lain nantinya. 

5. Menambah wawasan untuk menjaga diri

5 Keuntungan Magang Bagi Kamu yang Masih Kuliah, Jadi Tahu Dunia Kerjailustrasi kerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Keuntungan lainnya yang kamu dapat kalau magang ialah berupa wawasan yang berguna untuk menjaga dirimu sendiri. Karena kamu pasti melihat sendiri bahwa ada berbagai macam orang di sekitarmu selama magang. 

Mulai dari rekan kerja dan senior yang baik hingga yang jahat dan saling menjatuhkan. Mengetahuinya saat magang lebih aman karena pegawai magang jarang menjadi sasaran persaingan, sehingga kamu jadi lebih bisa menjaga diri kalau bekerja sebagai karyawan tetap ketika lulus kuliah nanti. Gak mudah terjebak dan mengikuti arus negatif orang di kantor. 

Intinya, gak ada ruginya kalau kamu mau coba kerja magang meskipun belum lulus kuliah. Karena belajar kerja dari pengalaman lebih berguna untuk kariermu dibanding teori saja. 

Baca Juga: 5 Alasan Memarahi Karyawan Magang Tidaklah Berguna, Sabar Sedikit

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya