Comscore Tracker

5 Manfaat Positif yang Kamu Peroleh Jika Kerja Freelance Saat Kuliah

Wawasan & pengalaman kerjamu jadi lebih luas dan matang

Menjalani masa kuliah dan lulus dengan nilai yang memuaskan tentu adalah suatu bentuk keberhasilan, namun dengan semakin ketat dan tingginya syarat agar diterima kerja, ada baiknya kamu mulai bekerja freelance saat kuliah jadi tidak lulus dengan bermodalkan pengetahuan berupa teori saja.

Ada banyak manfaat positif yang kamu dapatkan jika kerja freelance atau part time ketika kulian, dan beberapa di antaranya akan kita bahas di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

1. Membiayai kuliah sendiri dan mandiri

5 Manfaat Positif yang Kamu Peroleh Jika Kerja Freelance Saat KuliahPexels.com/Stanley Moraless

Manfaat positif yang pertama ialah dengan bekerja freelance, kamu dapat membiayai kuliah sendiri. Pelan-pelan kamu belajar untuk mandiri sekaligus mengurangi beban orangtua. Dengan ini, mentalmu ketika lulus nanti pun sudah terasah kuat dan tak lemah lagi.

2. Tahu bagaimana bekerja dengan profesional

5 Manfaat Positif yang Kamu Peroleh Jika Kerja Freelance Saat KuliahPexels.com/CoWomen

Semua orang tentu butuh proses untuk bisa menjadi sosok profesional. Nah jika kamu mulai belajar bekerja freelance sejak kuliah, bukankah itu artinya kamu memulai proses itu dengan lebih cepat? Jadi saat lulus nanti kamu tahu bagaimana cara bekerja dengan baik, berbagai tekanan pun juga bisa kamu atasi dengan bijak.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance yang Cocok Bagi Pelajar, Cuma Modal Laptop!

3. Menjadi poin plus ketika lulus nanti

5 Manfaat Positif yang Kamu Peroleh Jika Kerja Freelance Saat KuliahPexels.com/Pixabay.com

Manfaat positif lainnya jika kamu part time saat kuliah ialah, hal itu bisa menjadi poin plus ketika kamu lulus nanti. Pada lembar lamaran kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman kerja apa saja yang pernah kamu geluti. Tentunya hal itu menjadi nilai tambah tersendiri karena kamu tidak cuma mengandalkan nilai saja.

4. Pengetahuanmu tentang dunia kerja meluas

5 Manfaat Positif yang Kamu Peroleh Jika Kerja Freelance Saat KuliahPexels.com/Fauxels

Kemudian pengetahuanmu tentang dunia kerja pun meluas. Kamu yang tadinya tidak tahu apa-apa akan banyak belajar dari bagaimana situasi saat bekerja dengan orang lain. Dan hal ini membuka wawasanmu soal realita di tempat kerja dan bagaimana berbagai tekanan dan polemik bisa terjadi dalam pekerjaan.

5. Mengembangkan skill

5 Manfaat Positif yang Kamu Peroleh Jika Kerja Freelance Saat KuliahPexels.com/Bruce Mars

Ada banyak jenis pekerjaan freelance yang dapat dikerjakan oleh anak kuliahan, dan kebanyakan hal itu akan mengasah skill yang kamu miliki lho. Semakin banyak dan lama kamu mengerjakannya maka semakin ahli pula kamu di bidang itu. Istilahnya, kerja part time saat kuliah itu adalah belajar sambil praktek. Kamu mempraktekkan langsung apa yang kamu pelajari dengan bekerja dan menghasilkan dari itu. Sangat menyenangkan dan menantang, bukan?

Itulah beberapa manfaat positif dari kerja freelance saat kuliah. Kamu sudah coba?

Baca Juga: 5 Tips Agar Pekerjaan Freelance Tetap Lancar dan Sukses

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya