Comscore Tracker

5 Alasannya Mengapresiasi Kerja Kerasmu Sendiri Itu Penting

Supaya kamu gak stres dan kelelahan dalam bekerja 

Ketika memutuskan untuk masuk dalam dunia kerja maka mulai saat itu pula kamu harus siap untuk bekerja keras dan bersungguh-sungguh. Karena kesuksesan tidak bisa didapatkan dengan mudah dan memerlukan banyak perjuangan. Tapi selama berjuang jangan lupa juga untuk mengapresiasi kerja kerasmu, ya.

Jangan sampai kamu terlalu memforsir diri dan bekerja keras tanpa henti yang mana dampaknya justru bakalan buruk. Dan beberapa alasannya kenapa mengapresiasi kerja kerasmu sendiri itu penting akan dibahas dengan jelas di bawah ini, jadi simak baik-baik, ya!

1. Kunci supaya kamu gak stres selama bekerja 

5 Alasannya Mengapresiasi Kerja Kerasmu Sendiri Itu PentingIlustrasi kerja(pexels.com/Anthony Shkraba)

Bekerja dengan keras tentu menguras tenaga, pikiran serta waktu yang kamu miliki. Tidak jarang hal tersebut menyebabkan dirimu kelelahan dan menimbulkan stres. Sebuah apresiasi terhadap diri sendiri sangat diperlukan saat situasi seperti ini.

Kamu dapat melakukan kegiatan yang kamu senangi atau sekadar membeli barang kesukaan sebagai self reward terhadap kerja keras yang telah kamu lakukan.

2. Siapa lagi yang mengpresiasi kerja kerasmu kalau bukan dirimu sendiri 

5 Alasannya Mengapresiasi Kerja Kerasmu Sendiri Itu PentingIlustrasi wanita(pexels.com/Vlada Karpovich)

Memang sudah selayaknya kamu mengapresiasi kerja keras yang telah kamu lakukan. Ucapkanlah terima kasih kepada dirimu karena telah mau bekerja sama dan mampu melewati segala yang telah dilalui.

Berikanlah waktu untuk dirimu beristirahat dan memulihkan tenaga. Sungguh hal ini sangat bermanfaat bagi dirimu, terutama menjaga mentalmu selama bekerja untuk tetap sehat dan stabil.

Baca Juga: 5 Sisi Baik saat Tua kalau Masa Mudamu Dihabiskan untuk Kerja Keras

3. Sebagai relaksasi menghilangkan lelahmu dalam bekerja 

5 Alasannya Mengapresiasi Kerja Kerasmu Sendiri Itu PentingIlustrasi pria santai(pexels.com/Michael Burrows)

Saat semua pekerjaan telah berhasil diselesaikan, terkadang diri kita merasakan lelah. Kamu dapat memberikan apresiasi terhadap dirimu dengan hal-hal sederhana yang dapat menghilangkan lelah yang kamu rasakan setelah bekerja keras.

Kamu dapat memberi hadiah berupa makanan sehat dan melakukan kegiatan untuk meningkatkan kembali kebugaran dirimu. Bentuk apresiasi seperti ini diperlukan supaya keadaanmu tidak down gara-gara terlalu bekerja keras.

4. Menjadi motivasi tersendiri untukmu dalam menyelesaikan pekerjaan 

5 Alasannya Mengapresiasi Kerja Kerasmu Sendiri Itu PentingIlustrasi kerja(pexels.com/Fauxels)

Alasannya yang keempat ialah, mengapresiasi kerja kerasmu sendiri pada dasarnya bisa dijadikan sebagai motivasi dan penyemangat untukmu dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena ketika pekerjaanmu selesai, ada hal menyenangkan yang kamu berikan pada dirimu sendiri untuk menghilangkan rasa lelah. Sehingga hal ini pun berdampak positif membuatmu menjadi lebih bersemangat saat bekerja.

5. Agar profesionalitas dan fokusmu saat kerja tetap terjaga 

5 Alasannya Mengapresiasi Kerja Kerasmu Sendiri Itu PentingIlustrasi bicara dengan atasan(pexels.com/Sora Shimazaki)

Dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan harus fokus dan diperlukan sikap profesional. Untuk menumbuhkan sikap tersebut, kamu dapat membuat sebuah apresiasi dan motivasi tersendiri jika berhasil menuntaskan pekerjaanmu.

Karena ketika rasa lelah dan stres kerjamu dihilangkan dengan bentuk apresiasi yang kamu berikan pada diri sendiri, akan lebih mudah bagimu untuk fokus  pada pekerjaan selanjutnya. Karena kalau pelit terhadap diri sendiri dan tidak mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan, lama-lama malah jadi malas kerja dan sulit fokus.

Jangan mengharapkan orang lain, hargailah kerja kerasmu sendiri dan mengapresiasinya. Sebab dirimu sendirilah yang paling bisa menjaga semangat dan motiavasi dalam bekerja. Karena sesederhana apa pun bentuk apresiasinya tentu sangat berharga untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Hidup di Sela-sela Kerja Keras Meraih Mimpi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya