Comscore Tracker

5 Modal Utama Fresh Graduate agar Survive di Dunia Kerja

Kamu harus cepat beradaptasi agar bisa survive!

Suatu keberuntungan bagimu yang baru saja lulus alias fresh graduate namun bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Namun yang namanya baru mulai kerja dan belum ada pengalaman apapun sebelumnya, tentu ada bakal ada kesulitan yang kamu alami di sana.

Akan tetapi asalkan kamu punya lima modal utama seperti yang ada di bawah ini, mungkin kamu bisa lebih cepat survive di tempat kerja. Lalu apa sajakah itu? Simak pembahasannya lebih lanjut berikut ini, ya!

1. Skill dalam bersosialisasi dengan berbagai kalangan usia

5 Modal Utama Fresh Graduate agar Survive di Dunia KerjaPexels.com/Mikhail Nilov

Modal utama bagi fresh graduate untuk cepat survive di tempat kerja ialah skill dalam bersosialisasi dengan berbagai kalangan usia.

Kalau dirimu mau diterima dengan baik maka harus tahu bagaimana menyesuaikan diri dengan berbagai orang, baik itu pada yang lebih tua, lebih muda, seumuran, sosok atasan dan juga rekan kerja. Semuanya berbeda-beda cara bersosialisasinya.

2. Adaptasi dan penyesuaian diri yang cepat

5 Modal Utama Fresh Graduate agar Survive di Dunia KerjaPexels.com/August De Richelieu

Modal utama lainnya yang juga harus kamu miliki agar bisa cepat survive ialah kemampuan untuk cepat beradaptasi dan menyesuaikan diri. Tidak hanya dalam bersosialisasi namun juga dari segi pembawaan diri.

Sebagai fresh graduate kamu harus tahu menempatkan diri dengan tepat, misalnya jangan berlagak angkuh di depan senior, tidak ngeyel saat dikritik kesalahannya, dan hal-hal lainnya.

Baca Juga: 5 Attitude Dasar yang Patut Dimiliki Fresh Graduate di Tempat Kerja

3. Kedisiplinan dan keuletan dalam bekerja

5 Modal Utama Fresh Graduate agar Survive di Dunia KerjaPexels.com/Fauxels

Kemudian modal utama berikutnya yang kamu butuhkan sebagai fresh graduate agar cepat survive di tempat kerja ialah kedisiplinan dan keuletan dalam bekerja.

Meski kamu belum memiliki pengalaman kerja, namun rekan kerja yang lain akan memaklumimu dan bersimpati untuk memberimu waktu menguasai pekerjaan jika kamu menunjukkan kesungguhan dalam bekerja. Jadi jangan malas-malasan, ya!

4. Kegigihan yang kuat dalam mempelajari bidang pekerjaannya

5 Modal Utama Fresh Graduate agar Survive di Dunia KerjaPexels.com/Fauxels

Kegigihan dalam mempelajari bidang pekerjaanmu juga menjadi salah satu modal utama untuk bisa cepat survive di dunia kerja. Terlepas dari fakta bahwa kamu adalah seorang fresh graduate, jika kamu yang tidak tahu apa-apa tentang bekerja namun gigih dalam mempelajarinya pasti akan cepat survive juga. Pokoknya tetaplah semangat, ya!

5. Attitude yang tepat untuk rekan kerja dan atasan

5 Modal Utama Fresh Graduate agar Survive di Dunia KerjaPexels.com/Fauxels

Terakhir di poin kelima ada attitude yang juga menjadi modal dan faktor penting bagi seorang fresh graduate untuk bisa cepat survive di dunia kerja.

Gak hanya memperlakukan orang lain dengan baik, namun kamu juga harus tahu batasan, etika dan juga sopan santun saat berinteraksi dengan orang-orang di tempat kerja. Hal ini sangat penting untuk membangun hubungan dan citra diri yang baik.

 

Itulah tadi beberapa modal utama yang dibutuhkan seorang fresh graduate agar bisa cepat survive di tempat kerja. Semuanya perlu waktu untuk dipelajari, namun yang terpenting tetaplah semangat!

Baca Juga: Fresh Graduate, Hindari 5 Hal Ini kalau Kamu Gak Mau Lama Menganggur

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya