Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini Baik-baik sebelum Berkarier Mengikuti Passion

Karena kerja mengikuti passion itu gak gampang

Ada banyak jenis profesi pekerjaan yang bisa dipilih ketika dewasa, entah itu berdasarkan piluhan pribadi, sejalan dengan jalur pendidikan yang ditempuh, atau justru mengikuti passion dan skill sendiri. Semuanya memerlukan pertimbangan, terlebih lagi jika kamu memilih untuk kerja dan berkarier mengikuti passion.

Kesulitan, tantangan, serta lika-liku pekerjaannta bakal berbeda dengan mereka yang memilih jadi karyawan dan bekerja dengan orang lain. Dan untuk itu sebaiknya dirimu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini jika ingin berkarier mengikuti passion. Yuk simak sama-sama!

1. Siap dengan segala macam kerugian

Pertimbangkan 5 Hal Ini Baik-baik sebelum Berkarier Mengikuti PassionIlustrasi stres kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau kamu ingin kerja dan berkarier mengikuti passion maka ada baiknya untuk siap dengan segala macam kerugian. Karena berkarier sesuai passion yang semudah kelihatannya, dan bukan berarti ketika kamu mengerjakan hal yang kamu sukai lalu bisa langsung sukses besar dan hidup penuh untung. Maka dari itulah, meskipun kita pasti menghindari yang namanya kerugian namun tak ada salahnya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu.

2. Bisakah kamu bertanggung jawab atas hasil pekerjaanmu sendiri

Pertimbangkan 5 Hal Ini Baik-baik sebelum Berkarier Mengikuti PassionIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal lainnya yang juga harus kamu pertimbangkan kalau mau mengikuti passion dalam berkarier ialah, bisa atau tidaknya dirimu bertanggung jawab atas hasil kerjamu sendiri. Karena seperti yang kita tahu, ketika memutuskan untuk kerja sesuai passion, besar kemungkinannya dirimu akan bekerja sendiri, membangun semuanya dari nol. Hasil kerjamu itulah yang harus dijaga nantinya agar kariermu berkembang, berbeda ketika menjadi karyawan di suatu tempat yang hasil kerjamu ditanggung jawabi oleh perusahaan. 

3. Apakah passionmu cukup menjanjikan untuk dijadikan sumber penghasilan

Pertimbangkan 5 Hal Ini Baik-baik sebelum Berkarier Mengikuti PassionIlustrasi finansial(pexels.com/Karolina Grabowska)

Berkarier mengikuti passion yang dimiliki memang menggiurkan karena kita bisa bebas mengerjakan hal-hal yang kita suka, tapi dibalik itu finansial dan jumlah penghasilan juga harus dipertimbangkan baik-baik. Apakah passion yang kamu miliki mampu membiayai hidupmu sendiri? Karena ketika dewasa tentu kamu pun harus bertanggung jawab atas diri sendiri, kan. Jika rasanya belum menjanjikan dan berisiko besar karena kamu memiliki banyak tanggungan, maka lebih baik dipikirkan lagi sebelum total terjun ke bidang passionmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bekerja Sesuai Passion Tetap Bisa Membuatmu Jenuh

4. Siapkah untuk kerja tekun dan berjuang sendirian sampai sukses?

Pertimbangkan 5 Hal Ini Baik-baik sebelum Berkarier Mengikuti PassionIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rata-rata orang yang memutuskan untuk berkarier dan kerja mengikuti passion akan memulai semuanta dari nol dan sendirian. Sebab tak semua orang memiliki tekad yang sama, dan hal ini juga harus kamu pertimgangkan, yaitu sanggupkah kamu untuk tekun bekerja dan berjuang sendirian hingga sukses. Karena segala kegagalan dan kesulitan bakal kamu tanggung sendiri, kan.

5. Kuat atau tidaknya mentalmu saat menghadapi pertentangan dan dipandang sebelah mata

Pertimbangkan 5 Hal Ini Baik-baik sebelum Berkarier Mengikuti PassionIlustrasi ngobrol(pexels.com/Fauxels)

Terakhir, sebelum memutuskan untuk berkarier mengikuti passion ada baiknya untuk mempertimbangkan kuat atau tidaknya dirimu menghadapi pertentangan ataupun jika dipandang sebelah mata oleh orang lain. Kalau tekadmu belum kuat, gampang minder, menyerah, atau patah semangat karena kurangnya support, maka lebih baik jadikan passion sebagai hobi saja. Karena membangun karier itu membutuhkan mental yang sekuat baja.

Mau bekerja sebagai karyawan dan ikut orang lain atau berkarier mengikuti passion yang dimiliki tentu terserah padamu. Namun ada baiknya untuk mempertimbangkan lima hal tadi terlebih dahulu, karena berkarier atas dasar passion itu gak segampang kelihatannya.

Baca Juga: 7 Tips Mengubah Passion Menjadi Bisnis, Sudah Siap Sukses?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya