Comscore Tracker

Gak Selalu Senang, 5 Risiko Ini Justru Ada jika Kariermu Sukses

Pasti ada dampak dan perubahan di sekitarmu saat sukses

Semua orang pasti punya cita-cita untuk jadi orang sukses, dan hingga saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa orang-orang berpikir akan hidup bahagia selamanya jika sudah sukses dalam karier. Tapi tahukah kamu bahwa kesuksesan gak bisa menjamin kebahagiaanmu?

Sukses bisa menjadi salah satu alasan orang senang, tapi gak semua orang sukses itu hidupnya senang. Faktanya, akan ada banyak hal baik itu perubahan positif atau negatif, dampak baik atau buruk, yang jadi risiko dari kesuksesan karierku. Lima hal di antaranya ada di bawah ini, jadi simak ya!

1. Memiliki sedikit waktu luang

Gak Selalu Senang, 5 Risiko Ini Justru Ada jika Kariermu SuksesPexels.com/Fauxels

Sukses dalam karier itu gak melulu buat hidupmu senang karena kamu jadi hanya punya sedikit waktu luang. Ketika sukses tentu kesibukanmu pun bertambah, kamu juga punya banyak kegiatan dan acara yang wajib didatangi. Hal ini sudah risikonya jika kamu sukses, bukankah begitu?

2. Banyak orang yang tiba-tiba ingin mendekati

Gak Selalu Senang, 5 Risiko Ini Justru Ada jika Kariermu SuksesPexels.com/Fauxels

Risiko lainnya yang ada jika kamu sukses dalam berkarier adalah ada banyak orang yang tiba-tiba ingin dekat denganmu. Entah itu teman lama atau orang-orang baru yang ingin masuk ke hidupmu. Terlepas dari apa alasan mereka mendekatimu, kamu harus hati-hati dalam mempercayai orang ya. Jangan sampai kesuksesanmu mereka manfaatkan.

Baca Juga: Jangan Diulangi, 6 Kalimat Ini Bikin Kamu Gak Bisa Sukses

3. Tantangan untuk menjaga diri agar tidak sombong

Gak Selalu Senang, 5 Risiko Ini Justru Ada jika Kariermu SuksesPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian, kesuksesan dalam karier juga menjadi ujian dan tantangan untuk kamu pribadi menjaga diri agar tidak sombong. Bagaimana caramu mempertahankan jati diri supaya tetap apa adanya, tidak berubah angkuh dan tetap rendah hati dengan segala yang kamu miliki saat ini.

4. Beban kerja dan tanggung jawab bertambah banyak

Gak Selalu Senang, 5 Risiko Ini Justru Ada jika Kariermu SuksesPexels.com/Andrea Piacquadio

Hal lainnya yang juga bakal terjadi jika kariermu sukses adalah beban kerja dan tanggung jawab yang bertambah besar. Sebab semakin sukses seseorang, semakin berat pula beban yang ia tanggung. Hal itu dialami semua orang yang berhasil, makanya sukses gak selalu bikin senang.

5. Tekanan dari berbagai pihak yang tidak senang

Gak Selalu Senang, 5 Risiko Ini Justru Ada jika Kariermu SuksesPexels.com/August De Richelieu

Kelima, memiliki karier yang sukses maka semakin banyak pula tekanan yang kamu rasakan dari berbagai pihak yang tidak senang dengan kesuksesanmu. Hal ini suatu hal yang wajar, sebab sebaik apapun kita pasti ada saja yang tidak suka kan. Namun disisi lain kamu akan jadi pribadi yang kuat dengan menghadapi ini dan dewasa sebab tahu bagaimana menjaga kariermu agar tidak goyah karena mereka.

Orang-orang menilai sukses berarti bakal bahagia selama, namun inilah kenyataannya. Sebab kesuksesan dalam berkarier memiliki dampak, perubahan hingga risiko seperti lima hal di atas.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Berkarier di Dunia Kerja ala KDrama 'Old School Intern' 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya