Comscore Tracker

Suka Dengar Curhat Teman? Ini 5 Tanda Kamu Cocok Jadi Psikolog

Jangan sampai mengabaikan bakat alamimu, ya!

Zaman sekarang, profesi sebagai psikolog sudah tidak bisa dianggap enteng. Sebab, banyak sekali yang membutuhkan tenaga kerja seorang psikolog. Jika kamu tipe orang yang suka sekali mendengarkan curhat orang lain, kamu bisa mempertimbangkan untuk jadi psikolog, nih.

Berikut, lima hal yang menunjukkan kalau kamu cocok banget jadi psikolog. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Suka memberi saran pada masalah orang lain

Suka Dengar Curhat Teman? Ini 5 Tanda Kamu Cocok Jadi PsikologPexels.com/Tirachard Kumtanom

Saat mengalami masalah, kita akan memiliki dua pilihan, yaitu menyimpannya sendiri atau membicarakannya pada orang lain. Kalau kamu tipe orang yang enak diajak curhat sekaligus suka memberi saran dan masukan berguna pada masalah orang lain, tidak ada salahnya kamu memilih jenjang karier sebagai psikolog.

2. Selalu bisa jadi pendengar yang baik

Suka Dengar Curhat Teman? Ini 5 Tanda Kamu Cocok Jadi PsikologPixabay.com/StockSnap

Tidak semua orang yang menceritakan masalahnya ingin dikritik atau dikomentari. Nah, untuk menjadi psikolog, kamu harus memiliki bakat alami sebagai pendengar yang baik. Kamu bisa dengan sabar mendengarkan orang lain tanpa menyela dan menghakiminya.

Baca Juga: 10 Efek Psikologi Unik Ini Sebenarnya Kamu Rasakan dalam Keseharianmu

3. Tidak sembarangan bicara

Suka Dengar Curhat Teman? Ini 5 Tanda Kamu Cocok Jadi PsikologPexels.com/Tim Gouw

Orang-orang yang seperti ini biasanya memiliki rasa peduli yang besar terhadap perasaan orang lain. Kamu sangat berhati-hati dalam berbicara dan mampu membedakan mana yang harus diucapkan untuk memperbaiki suasana hati orang lain. Apakah kamu termasuk?

4. Sanggup bersabar, bahkan dalam keadaan paling sulit

Suka Dengar Curhat Teman? Ini 5 Tanda Kamu Cocok Jadi PsikologPexels.com/Alan Retratos

Sudah bukan rahasia lagi kalau orang-orang sabar mempunyai kendali emosi yang luar biasa. Jika kamu tipe orang yang mampu tetap tenang dan sabar dalam keadaan tersulit, kamu cocok banget jadi psikolog, nih! Sebab, jika kamu memahami dan bisa mengendalikan emosi, akan mudah juga untuk mengerti emosi orang lain.

5. Bijaksana dan bisa dipercaya

Suka Dengar Curhat Teman? Ini 5 Tanda Kamu Cocok Jadi PsikologPexels.com/Zun Zun

Bisa dibilang kebijaksanaan dan bisa dipercaya adalah modal utama bagi seorang psikolog. Itu karena kamu akan bertemu banyak orang dan kamu harus tetap menjaga informasi pribadinya. Hal satu ini tumbuh secara alami. Jadi, jangan sampai mengabaikan bakat alamimu, ya!

Itulah tadi beberapa tanda yang menunjukkan kalau sebenarnya kamu cocok dan punya bakat alami untuk menjadi seorang psikolog. Coba kamu pertimbangkan!

Baca Juga: 5 Jenis Penghargaan yang Dapat Membantu Perkembangan Psikologi Anak

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan. youtube: showni tv instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You