Comscore Tracker

5 Tantangan Fresh Graduate Memulai Karier di Dunia Kerja

Harus bisa meyakinkan atasan bahwa kinerjamu bagus

Kita semua tahu betapa ketatnya persaingan dalam dunia kerja, makanya gak heran kalau membangun karier bagi fresh graduate terbilang sulit.Harus kuat mental, pikiran, hingga prinsip untuk tetap bekerja dengan benar dan menunjukkan kinerjamu. Tapi kalau mau tahu lebih detailnya bisa simak beberapa di antaranya di bawah ini. 

1. Tiba-tiba ditunjuk untuk memimpin rapat tanpa pemberitahuan terlebih dulu

5 Tantangan Fresh Graduate Memulai Karier di Dunia Kerjailustrasi kerja (pexels.com/Edmond Dantes)

Salah satu tantangan yang akan dihadapi fresh graduate ketika bekerja ialah saat dirinya tiba-tiba ditunjuk memimpin rapat. Yang mana hal itu mungkin akan membuatmu panik dan kaget karena tanpa adanya persiapan. 

Tapi percayalah bahwa sebagian tempat kerja sengaja melakukan itu untuk mengetes kemampuanmu jika terlibat dalam rapat. Mulai dari caramu menghadapi audience, penguasaan bahan bahasan, hingga kecepatanmu untuk menyesuaikan diri dengan perintah yang tiba-tiba diberikan. 

2. Menghadapi persaingan ketat yang terkadang disertai dengan kecurangan

5 Tantangan Fresh Graduate Memulai Karier di Dunia Kerjailustrasi melirik (pexels.com/Cottonbro)

Tantangan kedua yang juga mesti kamu hadapi sebagai fresh graduate dalam membangun karier ialah ketatnya persaingan yang kadang-kadang gak sehat. Dengan kata lain gak semua orang bersaing secara sehat di dalam dunia kerja, beberapa atau sebagian orang memenuhinya dengan kecurangan. 

Sedikit banyaknya hal itu akan menurunkan ekspektasi terhadap dunia kerja, yang mana tadinya mungkin berpikir bahwa persaingan dilakukan secara adil dan sehat. Intinya, setelah tahu hal itu maka kamu jadi harus lebih berhati-hati dan menjaga diri sendiri supaya tidak terlibat dalam persaingan sengit yang kotor. 

Baca Juga: 6 Tips Mendapatkan Pekerjaan Pertama, Fresh Graduate Wajib Tahu!

3. Tekanan dari atasan yang selalu menginginkan hasil kerja sempurna

5 Tantangan Fresh Graduate Memulai Karier di Dunia Kerjailustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Bagi kamu yang tadinya berpikir bahwa dunia kerja itu menyenangkan dan pasti disayang atasan, maka kenyataan di dunia kerja akan membuatmu sadar bahwa bayangan seperti itu sangat salah. Karena tantangan selanjutnya ialah kamu mungkin akan berhadapan dengan tipe atasan yang kurang baik. 

Mulai dari tekanan yang gak ada habisnya sampai tuntutan untuk bekerja secara maksimal dan sempurna. Tapi meskipun berat kamu juga gak bisa menyalahkan atasan sepenuhnya, karena wajar baginya untuk menuntut hasil kerja sebaik-baiknya pada bawahan, kan. Apalagi kamu yang merupakan fresh graduate yang masih butuh banyak belajar. 

4. Deadline dan target kerja yang berkejaran

5 Tantangan Fresh Graduate Memulai Karier di Dunia Kerjailustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Tantangan lainnya bagi fresh graduate ialah tentang target kerja dan juga deadline yang mungkin berkejaran. Bukannya satu per satu, deadline dalam pekerjaan bisa serempak dengan yang lain dan membuatmu pusing sendiri. 

Selagi dirimu disiplin dan punya kinerja yang bagus, tantangan seperti ini tidaklah sulit. Ditambah dengan penilaian di mata atasan yang bakal berubah jika kamu tidak bisa memenuhi standar yang ada. 

5. Tuntutan untuk menunjukkan kelayakan diri untuk jadi pegawai tetap

5 Tantangan Fresh Graduate Memulai Karier di Dunia Kerjailustrasi atasan (pexels.com/August de Richelieu)

Tantangannya yang terakhir ialah tuntutan untuk menunjukkan kelayakan diri untuk bekerja di sana. Supaya kamu gak berakhir hanya sebagai pegawai magang dan sementara saja. 

Bisa dibilang bahwa semua orang pasti mengalami tantangan yang satu ini. Memaksakan diri untuk bekerja dengan sangat baik demi menunjukkan kinerja dan kelayakanmu dalam bekerja. Kalau gak begitu nanti posisimu bisa mudah tergantikan dengan yang lain. 

Tantangan bagi fresh graduate dalam membangun kariernya dari nol saat bekerja memang gak mudah. Sama sekali gak mudah dan menuntutmu untuk kuat secara mental. 

Baca Juga: 6 Alasan Fresh Graduate Sulit Dapat Kerja, Coba Introspeksi Diri!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya