Comscore Tracker

Tiba-tiba Dipanggil Interview? Bekali Dirimu dengan 5 Persiapan Ini

Wawancara kerja dadakan tak masalah selama kamu siap 

Ketika lulus dari jenjang pendidikan maka yang harus kamu hadapi selanjutnya ialah berburu lowongan pekerjaan, di saat-saat seperti itu biasanya panggilan untuk wawancara kerja menjadi paling ditunggu setelah melempar lamaran ke banyak tempat. Menjadi penentu apakah kamu diterima kerja atau tidak, tentunya kamu tidak ingin mengacaukan setiap kesempatan wawancara kerja yang kamu dapatkan.

Akan tetapi bagaimana jika tiba-tiba kamu dipanggil untuk interview di waktu yang tak terduga? Tenang saja, wawancara kerjamu tetap bisa berjalan lancar asal kamu membekali diri dengan lima persiapan di bawah ini. Yuk simak!

1. Penampilan yang rapi dan bersih 

Tiba-tiba Dipanggil Interview? Bekali Dirimu dengan 5 Persiapan Iniilustrasi wanita (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Tidak masalah kapanpun dirimu dipanggil untuk interview kerja selama kamu bisa tampil rapi dan bersih. Untuk bisa menyiapkan diri seperti ini tentunya kamu harus membiasakan diri untuk bangun pagi, sarapan, mandi atau membersihkan diri, supaya kalau misalnya tiba-tiba ada telepon untuk wawancara kerja kamu pun hanya tinggal bersiap saja sebab segalanya sudah teratur sejak kamu bangun tidur.

Meskipun kelihatannya sepele namun tak sedikit orang yang akhirnya menyesal ketika mengabaikan hal ini, lho. Karena penampilan yang baik menjadi nilai tambah di mata interviewer bahwa kamu bisa mengurus dirimu sendiri.

2. Kepercayaan diri yang cukup agar pembawaan dirimu jadi lebih bagus 

Tiba-tiba Dipanggil Interview? Bekali Dirimu dengan 5 Persiapan Iniilustrasi wawancara kerja (pexels.com/Edmond Dantes)

Kamu juga harus membekali diri dengan kepercayaan diri yang cukup jika ada panggilan wawancara kerja dadakan. Jangan pernah menganggap sepele hal ini, karena sejujurnya kepercayaan diri sangatlah berperan penting dan berpengaruh pada pembawaan dirimu ketika diwawancara.

Semakin tinggi kepercayaan diri yang kamu punya maka semakin baik pula pembawaan dirimu ketika menghadapi orang-orang di kantor, yang mana kalau sudah seperti itu tentunya wawancaramu pun akan berjalan lacar.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Perlu Kamu Persiapkan sebelum Interview Kerja

3. Pastikan kamu tahu bidang pekerjaan yang kamu lamar 

Tiba-tiba Dipanggil Interview? Bekali Dirimu dengan 5 Persiapan Iniilustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Sangat penting untuk mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari ketika melamar pekerjaan sehingga kalau tiba-tiba dipanggil untuk wawancara tidak kelabakan dan sudah benar-benar siap. Yang mana salah satu persiapannya ialah kamu harus tahu bidang pekerjaan seperti apa yang kamu lamar.

Tidak perlu mencari tahu sampai benar-benar detail, akan tetapi cukup sebatas pengetahuan dasar seperti apa yang akan kamu kerjakan, risiko dalam pekerjaan, hingga profesionalitas seperti apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan yang kamu lamar. Karena hal ini pasti ditanyakan ketika wawancara dan bakal gawat banget kalau kamu sampai tidak tahu harus menjawab apa.

4. Siapkan attitude dan etika diri yang tinggi 

Tiba-tiba Dipanggil Interview? Bekali Dirimu dengan 5 Persiapan Iniilustrasi malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Persiapan lainnya yang juga mesti disiapkan jika tiba-tiba dipanggil interview ialah attitude dan etika. Ada berbagai macam tipe wawancara kerja dan tes yang dilakukan tempat kerja ketika ingin merekrut karyawan, tidak hanya mengetes kemampuan dan pengetahuannya akan tetapi juga kepribadiannya yang mana hal itu termasuk attitude dan etika.

Jadi pastikan kamu sudah menanamkan dalam diri tentang bagaimana bersikap dengan baik di tempat kerja, ya. Misalnya seperti tidak sembarangan menyentuh barang di meja, tidak tertidur atau menguap, atau bahkan tidak melakukan hal-hal tak senonoh ketika ditinggal sendiri di dalam ruangan.

5. Kesiapan skill jika diminta untuk menunjukkan kemampuan sebagai bagian dari tes 

Tiba-tiba Dipanggil Interview? Bekali Dirimu dengan 5 Persiapan Iniilustrasi kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Persiapan terakhir yang juga tidak boleh dilupakan ialah kesiapan skill. Pastikan bahwa kamu memang benar-benar menguasai skill yang kamu lampirkan di surat lamaran kerja, supaya kalau tiba-tiba dipanggil wawancara memang sudah siap kalau disuruh menunjukkan kemampuanmu sebagai bagian dari tes. Yang mana hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil wawancaramu, lho.

Kalau mereka terkesan dan suka dengan kemampuanmu bukan suatu hal yang mustahil jika kamu diminta untuk mulai bekerja di hari itu juga.

Ketika melamar pekerjaan maka itu artinya kamu pun juga harus siap jika dipanggil untuk interview kapan saja, jadi pastikan untuk membekali dirimu dengan beberapa hal tadi agar kamu benar-benar siap, ya. Karena sayang sekali kalau kamu malah mengacaukan wawancara kerja gara-gara kurang persiapan.

Baca Juga: 5 Tips Menentukan Pakaian untuk Interview Kerja, Tampak Profesional!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya