Comscore Tracker

5 Tips Agar Fokus Kerjamu Tak Terganggu, Supaya Kerjaan Cepat Kelar

Supaya atensimu hanya tertuju pada pekerjaan saja 

Kamu mendapat pekerjaan yang sama banyaknya setiap hari dan kamu percaya bahwa dengan skillmu bisa menyelesaikannya, akan tetapi kalau tidak dibarengi dengan fokus dan kosenrtrasi bisa dibilang sehebat apapun skill kerjamu jadi tak ada gunanya. Karena kamu butuh fokus ketika bekerja agar hasilnya bisa maksimal, kan bahaya kalau hasil pekerjaanmu malah melenceng dari yang seharusnya cuma gara-gara kurang fokus.

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga agar fokusmu selama bekerja tidak terganggu, yang mana bisa dilakukan dengan lima tips di bawah ini. Supaya pekerjaanmu jadi lebih cepat kelarnya dan tak menumpuk!

1. Cuma memakai ponsel jika benar-benar perlu saja

5 Tips Agar Fokus Kerjamu Tak Terganggu, Supaya Kerjaan Cepat Kelarilustrasi pakai HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau mau fokusmu tidak terganggu selama bekerja maka tipsnya yang pertama ialah sebisa mungkin hanya pakailah ponsel jika benar-benar perlu saja. Bisa dibilang bahwa ponsel adalah pengganggu fokus nomor satu, yang mana kalau sering-sering dipegang pada saat jam kerja kamu bisa tergoda untuk berlama-lama memainkannya, entah itu untuk bermain game, membalas chat, atau sekedar melihat-lihat media sosial.

Jadi kalau bisa simpan saja di dalam tas kalau kamu sedang bekerja agar fokusmu tidak terdistraksi olehnya.

2. Bersikap ketatlah pada diri sendiri untuk tetap bekerja hingga jam istirahat tiba

5 Tips Agar Fokus Kerjamu Tak Terganggu, Supaya Kerjaan Cepat Kelarilustrasi kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Kedua, bersikap ketatlah pada diri sendiri untuk tetap bekerja hingga jam istirahat tiba. Dengan ketat pada diri sendiri kamu jadi merasa wajib untuk memusatkan fokusmu hanya pada pekerjaan, selain itu cara ini juga membuatmu jadi lebih maksimal dalam memanfaatkan jam kerja yang ada.

Jam istirahatmu juga jadinya efisien yang mana harus kamu gunakan sebaik mungkin untuk merilekskan pikiran sejenak sebelum kembali berkutat pada pekerjaan. Sehingga tidak ada sedikitpun waktumu yang terbuang sia-sia selama di tempat kerja.

3. Hindari terlibat obrolan dengan rekan jika masih di jam kerja

5 Tips Agar Fokus Kerjamu Tak Terganggu, Supaya Kerjaan Cepat Kelarilustrasi rekan kerja (pexels.com/Fauxels)

Hindarilah terlibat suatu obrolan dengan rekan jika masih di jam kerja, ini adalah tipsnya yang ketiga supaya fokus kerjamu tidak terganggu. Jika hanya bicara sebentar tentu boleh-boleh saja, akan tetapi kalau kiranya obrolan itu bisa berlangsung lama dan panjang maka lebih baik undur diri dan kembali bekerja.

Bagaimanapun juga pekerjaanmu tetaplah tanggung jawabmu, jadi jangan menunda pekerjaanmu dan malah meladeni obrolan orang. Selain untuk menjaga fokus, hal ini sebenarnya juga menjadi bagian dari profesionalitas kerja.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Seorang Pria Harus Fokus dengan Satu Mimpinya Dulu

4. Sediakan makanan ringan agar perutmu tidak lapar selama bekerja

5 Tips Agar Fokus Kerjamu Tak Terganggu, Supaya Kerjaan Cepat Kelarilustrasi makan (pexels.com/Tony Schnagl)

Tips lainnya agar fokusmu tidak terganggu selama bekerja ialah dengan menyediakan makanan ringan supaya perutmu tidak lapar saat bekerja. Apalagi jika kamu bukan tipe orang yang sarapan sebelum pergi kerja, menyediakan makanan ringan untuk mengisi perutmu bakal sangat membantu untuk menjaga kestabilan fokus.

Karena selain kurangnya istirahat yang berkualitas, kondisi kelaparan juga akan membuatmu kesulitan mengatur fokus. Daripada pekerjaanmu jadi salah semua gara-gara hal ini, kan.

5. Hindari overthinking perihal urusan pribadi, pusatkan seluruh fokusmu pada pekerjaan di depan mata

5 Tips Agar Fokus Kerjamu Tak Terganggu, Supaya Kerjaan Cepat Kelarilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tempatkan dirimu sesuai dengan yang kondisi yang ada, yang mana ketika di jam kerja maka pusatkanlah seluruh fokusmu pada pekerjaan yang ada di depan mata, hindari overthinking perihal urusan pribadi. Karena tak peduli sebesar apapun masalahmu ketika di luar, namun ketika bekerja kamu harus menjunjung tinggi profesionalitas dan menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik.

Itu adalah tugas dan kewajibanmu di tempat kerja, makanya sangat disarankan untuk melakukan ini agar fokusmu tidak terganggu oleh pikiran yang tidak-tidak.

Itulah tadi lima tipsnya supaya fokusmu tidak terganggu selama bekerja, yang mana kalau atensimu berpusat untuk pekerjaan maka semuanya pun jadi lebih cepat selesai. Tidak ada yang namanya pekerjaan menumpuk atau lembur hingga larut malam.

Baca Juga: Untuk para Pejuang WFH, 6 Kiat Tetap Produktif dan Fokus Kerja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya