Comscore Tracker

5 Tips Bekerja dalam Tim Supaya Rekanmu Tidak Merasa Tertekan 

Hindari sikap yang mengintimidasi rekan kerjamu 

Kamu pasti tahu bahwa saat ini hampir semua tempat membuat syarat bagi para pekerjanya untuk bisa bekerja dalam tim, jadi bagi kamu yang terbiasa kerja secara individu mungkin perlu memahami bahwa kerja dalam tim itu berbeda dengan kerja sendiri.

Kamu harus menjaga agar kerja sama dalam tim dan hubungan kalian tetap solid, lalu juga jangan sampai membuat rekan kerja tertekan selama bekerja denganmu. Jika kamu tidak tahu bagaiman harus melakukannya, maka simak lima tipsnya di bawah ini ya!

1. Diskusikan segala hal bersama-sama 

5 Tips Bekerja dalam Tim Supaya Rekanmu Tidak Merasa Tertekan Pexels.com/Fauxels

Tips pertama supaya kamu tidak membuat rekan kerja tertekan saat kerja dalam tim ialah diskusikanlah segala hal bersama-sama. Mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, random topik yang ringan untuk dibahas, hingga keluhan atau perasaan tidak cocok saat kerja bersama. Semua ini sangat perlu untuk didiskusikan supaya kerja sama tim tetap solid.

2. Tidak bersikap otoriter pada mereka 

5 Tips Bekerja dalam Tim Supaya Rekanmu Tidak Merasa Tertekan Pexels.com/Christina Morillo

Kalau saat kerja dalam tim kamu ditugaskan untuk menjadi ketua atau leader, maka bersyukurlah dengan kesempatan itu dan jadilah pemimpin yang baik bagi rekan lainnya. Dan supaya rekan-rekan kerja lainnya tidak tertekan, maka jangan bersikap otoriter. Bergaullah dengan mereka selayaknya teman dalam tim yang kerja bersama.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kerja Sama dengan Rekan Kerja Perfeksionis

3. Hindari sikap atau perilaku yang berkesan mengintimidasi 

5 Tips Bekerja dalam Tim Supaya Rekanmu Tidak Merasa Tertekan Pexels.com/Fauxels

Ketiga, hindari sikap dan perilaku yang memberi kesan mengintimidasi. Jangan menjadi sosok yang seperti memegang kuasa jika sedang kerja dalam tim, karena sejujurnya hal itu tidak hanya membuat rekanmu merasa tertekan akan tetapi juga memancing terjadinya perpecahan.

4. Jangan pernah merasa paling tahu meski pengalamanmu banyak 

5 Tips Bekerja dalam Tim Supaya Rekanmu Tidak Merasa Tertekan Pexels.com/Fauxels

Ketika kamu bekerja dalam tim maka pahamilah bahwa kedudukanmu sama dengan yang lainnya. Jadi meskipun pengalamanmu mungkin lebih banyak dibanding rekan-rekan yang lain, kamu gak boleh angkuh atau bossy. Hal ini demi menjaga kenyamanan kerja dan kerja sama tim.

5. Pembagian tugas harus adil dan merata 

5 Tips Bekerja dalam Tim Supaya Rekanmu Tidak Merasa Tertekan Pexels.com/Fauxels

Terakhir, buat pembagian tugas yang adil dan merata ke semua orang yang ada di dalam tim kerjamu. Jangan sampai ada salah satu yang beban kerjanya terlalu banyak namun yang lain malah santai. Lakukanlah pekerjaan dengan seimbang supaya tidak ada satu pun yang merasa tertekan karena diperlakukan tidak adil.

Kerja dalam tim itu kuncinya kerja sama dan hubungan yang solid dengan rekan dalam tim, dan lakukanlah lima tips di atas agar rekan kerjamu tidak ada yang merasa tertekan.

Baca Juga: 5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian Kamu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya