Comscore Tracker

Gak Perlu Panik, Ini 5 Tips Kerja Bareng Rekan Perfeksionis

Segalanya baik-baik saja selama kamu bisa kerja profesional

Ada satu hal yang harus kamu pahami sebelum masuk ke dunia kerja, yaitu kamu harus siap jika suatu saat harus bekerja dalam tim. Dengan kata lain kamu diharuskan untuk cepat menyesuaikan diri dengan siapapun kamu bekerja sama, namun bagaimana jika rekan kerjamu adalah seseorang yang perfeksionis?

Kamu tidak perlu gugup ataupun panik, berikut ini ada lima tips ketika kamu bekerja dengan rekan yang perfeksionis. Simak penjelasannya, ya!

1. Fokus selama jam kerja

Gak Perlu Panik, Ini 5 Tips Kerja Bareng Rekan PerfeksionisPexels.com/Rawpixel.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan tetap fokus selama jam kerja. Sebab sosok yang perfeksionis biasanya tidak suka dengan seseorang yang suka menyia-nyiakan waktu, ia akan sangat mengapresiasi jika kamu sebagai rekannya berusaha untuk bersungguh-sungguh dan serius dalam pekerjaan kalian.

2. Bekerja sesuai prosedur

Gak Perlu Panik, Ini 5 Tips Kerja Bareng Rekan PerfeksionisPexels.com/Kaboompics.com

Berikutnya adalah dengan bekerja sesuai prosedur, hal yang satu ini sangat penting karena rekanmu adalah sosok yang perfeksionis. Karena bukan rahasia lagi kalau mereka yang perfeksionis suka dengan hal yang terorganisir, rapi dan tentunya terselesaikan dengan sempurna.

Baca Juga: Kreativitas Bisa Berkurang Akibat Terlalu Perfeksionis, Kok Bisa?

3. Tidak takut mengemukakan ide atau gagasan

Gak Perlu Panik, Ini 5 Tips Kerja Bareng Rekan PerfeksionisPexels.com/Mentatdgt

Selanjutnya adalah jangan takut untuk mengungkapkan ide atau gagasan yang kamu pikir berpengaruh baik bagi pekerjaan. Tenang saja, seseorang yang perfeksionis itu bukan berarti dia kolot atau tidak mau menerima pemikiran baru dan perubahan. Malahan ia akan senang jika rekan kerjanya memikirkan hal pekerjaan yang maksimal.

4. Teliti hingga ke hal kecil

Gak Perlu Panik, Ini 5 Tips Kerja Bareng Rekan PerfeksionisPexels.com/Startup Stock Photos

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau sosok yang perfesionis suka memperhatikan sesuatu hingga sampai ke hal terkecil. Nah untuk mengimbangi dia, kamu juga harus teliti dan jangan melupakan detail-detail kecil dari pekerjaan kalian, ya.

5. Totalitas dalam menyelesaikan project tepat waktu

Gak Perlu Panik, Ini 5 Tips Kerja Bareng Rekan PerfeksionisPexels.com/Rawpixel.com

Selain memperhatikan detail, seorang yang perfeksionis juga selalu ingin kesempurnaan sampai pada saat terakhir. Makanya tidak heran kalau dia sangat totalitas dalam mengerjakan sesuatu, nah kamu sebagai rekannya juga harus menunjukkan totalitas yang sama untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Itulah beberapa tips bekerja dengan rekan kerja yang perfeksionis. Jangan terlalu khawatir dan lakukan yang terbaik, ya!

Baca Juga: 5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Bekerja Secara Cerdas, Wajib Tahu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya