Comscore Tracker

5 Tips agar Tetap Produktif meski Kerja dari Rumah 

Jangan sampai kamu jadi makin malas!

Meski beberapa jenis pekerjaan memang bisa dikerjakan dari rumah, namun di situasi pandemi seperti sekarang ini rata-rata banyak tempat yang mengharuskan pekerjanya untuk bekerja dari rumah. Lalu bagaimana caranya agar produktivitasmu gak berkurang dan tetap menjaga kedisiplinan saat kerja dari rumah? Simak yuk beberapa tipsnya!

1. Jauhkan HP dari pandangan!

5 Tips agar Tetap Produktif meski Kerja dari Rumah Pexels.com/Vlada Karpovich

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar tetap disiplin dan produktif adalah dengan menjauhkan HP. Karena jika HP tersebut selalu berada di dekatmu, kamu akan tergoda untuk menggunakannya. Dan tanpa sadar kamu telah menghabiskan waktu berjam-jam dengan bermain HP. Jadi supaya tetap bisa fokus, sebisa mungkin gak mengenakan HP terlebih dahulu ketika bekerja.

2. Buat jadwal kerja yang cocok denganmu

5 Tips agar Tetap Produktif meski Kerja dari Rumah Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kedua, buatlah jadwal kerja yang cocok denganmu. Setiap orang tentu memiliki cara kerja yang berbeda, begitu juga dengan dirimu. Ketika menggunakan jadwal dan cara kerja yang cocok, maka kamu pun akan bisa lebih produktif. Dan kerja dari rumah justru gak akan membuatmu jadi malas.

3. Beri waktu istirahat untuk diri sendiri di sela-sela bekerja

5 Tips agar Tetap Produktif meski Kerja dari Rumah Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian berilah waktu istirahat untuk dirimu sendiri di sela jam kerja. Gak perlu terlalu lama, namun cukup untuk menyegarkan pikiran supaya gak jenuh. Sebab terlalu lama bekerja tanpa adanya istirahat dapat membuatmu jadi stres, meski mengerjakannya di rumah.

Baca Juga: 5 Teh Rempah yang Dapat Kamu Seduh Usai Pulang Kerja, Banyak Manfaat!

4. Pastikan tempat kerjamu nyaman

5 Tips agar Tetap Produktif meski Kerja dari Rumah Pexels.com/Anthony Shkraba

Keempat, kamu harus memastikan bahwa tempatmu bekerja terasa nyaman. Baik itu meja kerja, tempat duduk, atau bahkan ruangan yang kamu gunakan. Bukannya jadi malas, kamu malah bisa tambah semangat dan disiplin dalam bekerja. Karena sekelilingmu terasa nyaman untuk digunakan bekerja.

5. Tingkatkan konsentrasimu dengan hal-hal yang kamu suka

5 Tips agar Tetap Produktif meski Kerja dari Rumah Pexels.com/Vlada Karpovich

Tips yang terakhir ialah meningkatkan konsentrasimu dengan hal-hal yang kamu suka. Maksudnya, jika kamu bisa lebih fokus saat ada yang dimakan, maka sediakan makanan. Atau kalau kamu lebih nyaman dengan mendengarkan musik, ya lakukanlah. Hal ini akan membantumu lebih bersemangat saat kerja.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba saat bekerja di rumah. Kini kerja di kantor ataupun di rumah bukan lagi jadi hambatan deh. Setuju gak?

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kerja Sama dengan Rekan Kerja Perfeksionis

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya