Comscore Tracker

5 Tips Tingkatkan Kematangan Pikiran, Introspeksi Diri!

Perdalam pemahamanmu dengan pola pikir yang matang

Kita semua tahu bahwa kematangan pikiran setiap orang itu berbeda-beda, tidak hanya dipengaruhi jenjang usia tapi juga pemahaman dan pola pikir yang dimiliki. Lalu apakah kematangan pikiran dapat ditingkatkan? 

Tentu saja bisa! Kamu bisa meningkatkannya melalui tips tingkatkan kematangan pikiran yang akan dibahas di artikel ini. Mulai dari perbanyak membaca, bergaul dengan orang berkualitas, hingga sering intropeksi diri. Tips selengkapnya dapat disimak dalam lima poin berikut ini! 

1. Sering intropeksi kekurangan dan kesalahan

5 Tips Tingkatkan Kematangan Pikiran, Introspeksi Diri!ilustrasi berpikir (pexels.com/KoolShooters)

Untuk memiliki pikiran yang matang harus dimulai dari sering-sering intropeksi diri. Tentang apa yang kurang dari dirimu dan apa kesalahan yang kamu lakukan, mulai dari hal kecil sampai paling besar. 

Karena dengan intropeksi kamu jadi tahu apa sisi kekuranganmu dan bagaimana kamu bisa menerima dan menjadikan itu kelebihan. Begitu juga dengan kesalahan yang pernah kamu lakukan, pikirkan apa yang menjadikannya salah dan bagaimana cara supaya kamu tidak mengulanginya lagi. 

2. Baca banyak buku pengembangan diri

5 Tips Tingkatkan Kematangan Pikiran, Introspeksi Diri!ilustrasi baca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips kedua untuk meningkatkan kematangan pikiran ialah dengan banyak-banyak baca buku pengembangan diri. Karena membaca banyak buku yang berisi motivasi dan cara mengembangkan diri akan melatihmu untuk berpikir matang. 

Mulai dari mengenal diri sendiri, pentingnya mencintai dan menghargai diri sendiri, menerima kekurangan dan kelebihan, serta bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik. Semua itu berawal dari pikiran yang dewasa, dan itu bisa dibentuk pelan-pelan dari membaca banyak buku. 

3. Perluas wawasan dengan bergaul sama orang-orang berkualitas

5 Tips Tingkatkan Kematangan Pikiran, Introspeksi Diri!ilustrasi teman bicara (pexels.com/Helena Lopes)

Tipsnya yang ketiga untuk meningkatkan kematangan pikiran ialah dengan memperluas wawasan dengan bergaul. Tapi bukan sembarangan bergaul, ya, karena semestinya kamu bergaul dengan orang-orang yang berkualitas. 

Sebab seperti apa orang-orang di sekitar kita sangat berpengaruh pada pola pikir yang kita miliki. Oleh karena itu kamu pun harus memilih teman dan relasi yang berkualitas supaya berinteraksi dengan mereka berpengaruh baik pada cara berpikirmu. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak dan Dewasa Sikapi Kesempatan yang Telah Berlalu

4. Memikirkan suatu hal secara mendalam dan dari berbagai sudut pandang

5 Tips Tingkatkan Kematangan Pikiran, Introspeksi Diri!ilustrasi berpikir (pexels.com/Yan Krukov)

Kematangan pikiran juga bisa ditingkatkan dengan banyak-banyak berpikir secara mendalam. Mau itu tentang diri sendiri, orang lain, keluarga, teman, hingga hal-hal yang terjadi dalam lingkungan sosial. 

Dengan berpikir secara mendalam kamu akan belajar dengan sendirinya bagaimana memandang suatu hal dari berbagai sudut pandang dan menilai itu dengan lebih bijak. Itulah kenapa seorang deep thinker biasanya punya pikiran yang dewasa dan matang dibanding orang pada umumnya. 

5. Adanya awareness pada emosi dan perasaan

5 Tips Tingkatkan Kematangan Pikiran, Introspeksi Diri!ilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meningkatkan kematangan pikiran bukan hanya soal isi dalam otak saja, tapi juga awareness terhadap emosi dan perasaan diri sendiri. Karena dengan memahami emosi dan perasaanmu, kamu jadi tahu apa pemicunya dan bagaimana mengontrolnya. 

Misalnya saja apa penyebab kamu marah, sedih, tersinggung, lalu juga apa yang kamu sukai dan tidak sukai. Semua itu dipahami dengan berpikir, yang lama-kelamaan membuatmu sadar bagaimana emosi dan perasaanmu bekerja. 

Lima tips tingkatkan kematangan pikiran yang dijabarkan di atas memang tak bisa dilakukan sekaligus. Namun setidaknya lakukan perlahan, kamu bisa beri waktu untuk menerapkannya dalam beberapa bulan ke depan, ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Bisa Kamu Terima saat Menjadi Dewasa Seutuhnya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya