Comscore Tracker

Supaya Gak Stres, Ini 5 Tipsnya jika Tiba-tiba Beban Kerjamu Bertambah

Walaupun lelah tapi setidaknya gak sampai bikin kamu stres

Hidup ini penuh dengan kejutan dan hal-hal tak terduga, selalu ada perubahan dan juga tantangan baru. Sama seperti pada dunia kerja karena beban bisa tiba-tiba bertambah tanpa diduga-duga. Dan gawatnya adalah jika kamu tidak siap untuk menghadapi kondisi seperti itu bisa mengakibatkan stres, lho.

Maka dari itu supaya jangan sampai stres, lebih baik kamu mencoba beberapa tips berikut ini. Simak baik-baik tiap poinnya agar dapat membantumu, ya.

1. Langsung atur waktumu dengan porsi yang tepat

Supaya Gak Stres, Ini 5 Tipsnya jika Tiba-tiba Beban Kerjamu BertambahPexels.com/Andrea Puacquadio

Jika tiba-tiba saja beban kerjamu bertambah maka kalau bisa langsung saja atur waktumu dengan porsi yang tepat. Bagi dengan bijak berapa jam untuk bekerja, istirahat, dan mengerjakan hal-hal lainnya. Karena kamu harus siap dengan perubahan jika itu diperlukan untuk menata hidup.

2. Tetap sempatkan istirahat sesibuk apapun kamu

Supaya Gak Stres, Ini 5 Tipsnya jika Tiba-tiba Beban Kerjamu BertambahPexels.com/Sora Shimazaki

Supaya gak stres, selalu sempatkan waktu untuk istirahat di tengah kesibukanmu. Gak perlu lama, akan tetapi cukup untuk menenangkan pikiran. Karena beban kerja yang bertambah tentu akan menyita sebagian besar waktumu, jadi jika tidak diatur maka bisa-bisa kamu bekerja tanpa istirahat yang berisiko menyebabkan stres.

Baca Juga: Lelah Kerja? 9 Cara Seimbangkan Waktu Kerja dan Kehidupan Pribadi

3. Tidak memaksakan diri untuk lembur setiap hari

Supaya Gak Stres, Ini 5 Tipsnya jika Tiba-tiba Beban Kerjamu BertambahPexels.com/Andrea Piacquadio

Tips lainnya agar kamu tidak stres saat beban kerja bertambah ialah dengan tidak memaksakan diri untuk lembur setiap hari. Kamu bukan robot, jadi jangan sampai memaksakan diri hanya karena ingin pekerjaan cepat selesai. Tetap ingat batasanmu dan jangan sampai jatuh sakit dan tertekan karenanya, ya.

4. Gunakan waktu kerjamu dengan produktif

Supaya Gak Stres, Ini 5 Tipsnya jika Tiba-tiba Beban Kerjamu BertambahPexels.com/Fauxels

Jika kamu berhasil menggunakan waktu kerja dengan produktif maka pekerjaan pun bisa cepat selesai dan beban kerja perlahan akan berkurang. Jadi meskipun beban kerjamu bertambah tapi setidaknya gak sampai menumpuk dengan produktivitasmu. Maka kamu pun tidak sampai merasa stres karena itu.

5. Kerjakan berdasarkan tingkat prioritas dan batas deadline

Supaya Gak Stres, Ini 5 Tipsnya jika Tiba-tiba Beban Kerjamu BertambahPexels.com/Andrea Piacquadio

Kelima, tipsnya agar kamu gak stres jika beban kerja tiba-tiba bertambah ialah dengan mengerjakannya berdasarkan prioritas dan batas deadline. Pekerjaan yang harus selesai dalam waktu dekat maka itu yang dikerjakan lebih dulu. Dengan begitu semuanya bisa terselesaikan dengan baik tanpa harus stres. 

Beban kerja yang bertambah memang bikin capek, tapi setidaknya gak sampai membuatmu stres kalau menggunakan beberapa tips tadi. Jadi jangan lupa untuk dicoba, ya!

Baca Juga: Terlalu Sering Stres? Hati-hati, Ini 5 Dampak Buruknya bagi Otak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya