Comscore Tracker

5 Tips Atasi Rasa Minder di Tempat Kerja, Ubah Mindset Kamu!

Coba tanamkan mindset positif mulai sekarang

Rasa minder bisa muncul pada situasi apapun, tidak terkecuali di tempat kerja. Melihat rekan kerja lain memiliki kemampuan yang lebih hebat dan bisa mengerjakan tugas dengan cepat terkadang membuat diri kita merasa minder.

Hal seperti ini sangat wajar terjadi di tempat kerja. Namun, jangan sampai rasa minder membuat performa kinerjamu menjadi menurun, ya. Jika kamu sedang mengalami kondisi ini, jangan khawatir. Yuk, simak tips berikut ini.

1. Jadikan perbandingan sebagai motivasi 

5 Tips Atasi Rasa Minder di Tempat Kerja, Ubah Mindset Kamu!ilustrasi termotivasi (unsplash.com/Yogendra Singh)

Sebenarnya, membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu bisa mendorong kita menjadi lebih baik. Tapi jika kamu terlalu sering melakukannya hingga timbul rasa cemas atau iri, hal tersebut malah membuatmu semakin down. Alhasil, perasaan minder pun akan muncul.

Jangan jadikan perbandingan-perbandingan yang kamu buat sebagai alasan untuk mendegradasimu. Justru jadikan ini sebagai motivasi untuk pengembangan dirimu kedepan. Coba juga mengubah cara kamu membandingkan, bukan dengan orang lain tapi dengan diri sendiri.

2. Cari tahu "faktor X" di dalam dirimu

5 Tips Atasi Rasa Minder di Tempat Kerja, Ubah Mindset Kamu!ilustrasi mencari tahu (unsplash.com/Razvan Chisu)

Lagi-lagi rasa minder membuat dirimu terasa tidak spesial di mata orang lain. Padahal setiap orang memiliki sesuatu yang berharga atau bisa disebut faktor X yang membedakan dengan orang lain.

Ada baiknya untuk mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri. Keunikan ini akan membantumu mengatasi rasa minder ini, lho. Tetap fokus pada kekuatan atau keterampilan yang bisa meningkatkan rasa percaya dirimu, ya.

3. Kamu hebat bisa direkrut di tempat kerja ini 

5 Tips Atasi Rasa Minder di Tempat Kerja, Ubah Mindset Kamu!ilustrasi berjabat tangan (unsplash.com/Sebastian Hermann)

Flashback kembali di momen ketika kamu melamar bekerja. Diantara banyaknya orang yang ingin masuk di tempat kerjamu, kamu menjadi salah satu orang yang terpilih untuk direkrut. Hal ini menandakan jika kamu memiliki potensi bagus untuk bekerja di sana.

Ingat, kamu tidak akan dipekerjakan jika tidak memiliki kompetensi yang memadai. Daripada sibuk menumpuk rasa minder pada dirimu, lebih baik gunakan untuk meningkatkan potensi yang ada pada diri. Yuk, tanamkan pola pikir ini.

Baca Juga: 5 Mindset yang Perlu Kamu Tanamkan agar Gak Mudah Minder

4. Terus tanamkan rasa percaya diri 

5 Tips Atasi Rasa Minder di Tempat Kerja, Ubah Mindset Kamu!ilustrasi percaya diri (pexels.com/Jopwell)

Tingkatkan terus rasa percaya diri agar bisa mengalahkan rasa mindermu. Kamu hebat, kamu pantas dihargai, kamu spesial. Tanamkan terus kalimat-kalimat positif itu di pikiranmu.

Yakin pada kemampuan dan keterampilan diri sendiri. Namun, jangan sampai rasa percaya diri ini berubah menjadi kesombongan. Keduanya merupakan sifat yang berbeda. Jika percaya diri lebih cenderung positif, sedangkan kesombongan bisa membawamu ke arah negatif.

5. Berinteraksi dengan rekan kerja yang suportif 

5 Tips Atasi Rasa Minder di Tempat Kerja, Ubah Mindset Kamu!ilustrasi mengobrol (unsplash.com/Christina Wocintechcat.com)

Rekan kerja yang suportif akan membantumu lebih berkembang di tempat kerja. Berhenti menutup diri dengan lingkungan sekitarmu. Hal itu malah membuat rasa mindermu semakin menjadi-jadi.

Coba buka obrolan-obrolan ringan dengan rekan kerjamu. Entah membahas topik musik, film, ataupun olahraga. Interaksi kecil ini akan mengurangi munculnya rasa minder pada diri.  

Rasa minder memang hal yang wajar terjadi di kalangan para pekerja. Namun, jika tidak segera diatasi akan mengganggu jalannya pekerjaan kita, lho. Bisa-bisa performa kinerja kita akan menurun. Nah, kamu bisa melakukan beberapa tips di atas untuk mengatasinya.

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya