Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Dimanfaatkan oleh Tempat Kerjamu, Gak Ada Terima Kasihnya

Jangan mau terus menerus dimanfaatkan gitu aja

Setiap orang pastinya mau membuat kesan baik selama bekerja. Karenanya, kita berusaha menunjukkan kualitas terbaik di tempat kerja. Entah itu dengan menerima pekerjaan lebih dari teman kerja atau menurut ketika disuruh lembur oleh atasan.

Tapi, hati-hati! Kalau menerima begitu saja semua permintaan di tempat kerja, kamu bisa dianggap gampangan dan dengan mudah dimanfaatkan.

Dilansir Read Unwritten, menurut penulis Regi Publico, kalau kamu merasa pekerjaan yang dilakukan jauh di atas job description, mungkin ini saatnya kamu membuat batasan dengan orang-orang di tempat kerja. Ini tanda kamu dimanfaatkan oleh tempat kerjamu.

1. Mereka gak lagi bertanya pendapatmu sebelum memberi pekerjaan lebih  

5 Tanda Kamu Dimanfaatkan oleh Tempat Kerjamu, Gak Ada Terima Kasihnyailustrasi perempuan terlihat stres bekerja (pexels.com/Anna Shvets)

Awalnya, mereka masih menanyakan kesediaanmu untuk lembur dan mengerjakan tugas lebih. Namun lama-kelamaan, mereka gak lagi bertanya. Mereka kasih kamu pekerjaan lebih begitu aja. Kamu diwajibkan memenuhi ekpektasi yang kadang gak masuk akal.

Ini adalah salah satu tanda kamu dimanfaatkan di tempat kerja. Kamu merasa menjalani dua hari dalam sehari.

Kamu selalu stres dan tertekan ketika menyelesaikan tugas-tugasmu. Teman kerja dan atasan gak menghormati waktu istirahatmu. Mereka terus-menerus membanjiri mejamu dengan pekerjaan lebih tanpa menanyakan dulu kesediaanmu.

2. Mereka gak pernah berterima kasih sama kamu 

5 Tanda Kamu Dimanfaatkan oleh Tempat Kerjamu, Gak Ada Terima Kasihnyailustrasi laki-laki terlihat stres bekerja (pexels.com/cottonbro)

Perlahan, kamu merasa ditinggalkan. Kamu gak lagi diajak berdiskusi hal penting atau diikutsertakan dalam proyek-proyek perusahaan. Ide dan opinimu bahkan diabaikan sama atasan, atau parahnya lagi, mereka malah ambil kredit untuk ide-idemu.

Kamu gak diberi kompensasi untuk pekerjaan tambahan. Mereka juga gak pernah mengungkapkan rasa terima kasih ke kamu.

Gak ada yang mengapresiasi usahamu. Kalau kamu gak mendapatkan pengakuan dari atasan maupun teman kerja, kamu harus mulai hati-hati.

3. Kamu kebanyakan mengerjakan hal di luar job description

5 Tanda Kamu Dimanfaatkan oleh Tempat Kerjamu, Gak Ada Terima Kasihnyailustrasi perempuan bekerja (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Kamu menghabiskan mayoritas waktu di kantor dan mengerjakan hal di luar tanggung jawabmu. Akibatnya, kamu sering kelabakan menyelesaikan pekerjaan sendiri. Kamu terpaksa kerja sampai malam, bahkan mengorbankan akhir pekan untuk menyelesaikan semua tugas.

Kamu tentu boleh membantu teman kerja. Tapi kalau sampai mayoritas pekerjaannya jadi milikmu, kamu harus mulai membatasi diri untuk membantu mereka. Jangan merasa gak enak menolak permintaan mereka! Ada saatnya kamu harus berbuat sedikit egois.

Baca Juga: 5 Ciri Rekan Kerja Pasif Agresif, Lingkungan Kerja Jadi Toxic

4. Kamu gak senang mengerjakan tugasmu lagi

5 Tanda Kamu Dimanfaatkan oleh Tempat Kerjamu, Gak Ada Terima Kasihnyailustrasi perempuan tertekan ketika bekerja (pexels.com/Karolona Grabwoska)

Kamu merasa tertekan ketika mengerjakan pekerjaan yang kamu sukai. Padahal dulu, kamu bisa menyelesaikannya dengan cepat dan tanpa tekanan berarti. Sekarang, kamu merasa buntu dan malas harus mengerjakan pekerjaan tersebut.

Hal ini masuk akal mengingat kamu harus melakukan tugas yang sama terus-menerus tanpa henti. Untuk itu, kalau ada yang memintamu untuk melakukan tugas yang gak ada di jobdesc, berlatihlah untuk menolaknya.

Awalnya, mungkin kamu merasa canggung dan gak nyaman ketika menolaknya. Tapi, kesehatan mentalmu tetaplah nomor satu.

5. Kamu merasa sering digosipin 

5 Tanda Kamu Dimanfaatkan oleh Tempat Kerjamu, Gak Ada Terima Kasihnyailustrasi sekelompok orang mengobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kamu merasa orang-orang sering membicarakanmu di belakang. Kamu sering jadi bahan gosip sehingga namamu lebih dikenal dibanding wajahmu.

Selain itu, kamu juga hanya ketemu teman kerja kalau mereka lagi ada butuhnya saja. Mereka melihatmu sebagai sumber pembantu masalah mereka. Ketika ada perlunya saja, mereka tiba-tiba baik dan mengajakmu makan bersama.

Itu juga merupakan salah satu tanda jelas kamu dimanfaatkan di tempat kerja. Coba bangun kepercayaan dirimu, jangan buat dirimu terlihat seperti orang yang gampangan. Jangan takut untuk bilang gak sama mereka.

Itu dia 5 tanda kamu sedang dimanfaatkan di tempat kerja. Walau hanya karyawan, kamu berhak menolak apa yang atasan atau teman kerjamu minta. Jangan biarkan mereka seenaknya menyuruh-nyuruh kamu bekerja!

Tiap orang punya bagiannya masing-masing. Belajarlah untuk terlihat lebih percaya diri dan berani untuk menolak permintaan mereka. Mungkin awalnya kamu merasa canggung, tapi pada akhirnya semua ini akan bermanfaat untuk kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengetahui Pekerjaan Impian, Jadi Makin Semangat Kerja!

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya