Comscore Tracker

5 Cara Terbaik untuk Membersihkan Karirmu dari 'Toxic Situation'

Demi karir dan kehidupan yang seimbang

Memiliki jenjang karir yang cemerlang tentu menjadi idaman semua orang. Namun drama di kantor menuntut seseorang bisa menempatkan dirinya agar tetap profesional. Banyak orang yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja, namun harus terbawa suasana lingkungan kantor yang tidak sehat. Agar tak melakukan kesalahan ini, kamu perlu melakukan lima cara berikut!

1. Temukan branding kamu

5 Cara Terbaik untuk Membersihkan Karirmu dari 'Toxic Situation'buildingvoices.com

Jangan terpaku pada zona nyaman yang saat ini kamu lakukan. Bertahun-tahun menempati posisi yang sama tak akan membuat karirmu baik. Asah terus skill lainnya kamu agar selalu mengikuti perkembangan zaman. Layaknya berbisnis, begitu juga di dalam dunia karir. Semakin banyak kamu mempelajari hal di dalam karirmu, kelak kamu akan menemukan dimana letak branding dirimu. Kamu tak akan terjebak dari karir yang sebenarnya tak ingin kamu lakukan.

2. Bersikap realistis dan sesuai passion

5 Cara Terbaik untuk Membersihkan Karirmu dari 'Toxic Situation'cbc.ca

Tak dipungkiri jika banyak orang yang bekerja demi gaji yang tinggi dan mengesampingkan passionnya. Meski ada pula orang yang sesuai passion namun penghasilannya hanya pas-pasan. Nah, untuk membersihkan dirimu dari toxic karir, kamu perlu menyeimbangkan keduanya. Carilah tempat kerja yang sesuai dengan passsionmu dan membayarmu dengan gaji yang layak. 

Baca Juga: Duh, 8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic Person

3. Perluas networking

5 Cara Terbaik untuk Membersihkan Karirmu dari 'Toxic Situation'indianexpress.com

Kesuksesan dalam karir tak hanya berkutat pada dirimu sendiri. Meski memiliki segudang keahlian, jika networking tak luas, maka karirimu tak akan menanjak. Perluas networking dengan siapa saja. karena tak disangka orang yang tak seprofesi dengan kita yang akan membuka peluang karir terbuka lebar.

4. Selektif bergaul dengan rekan kerja

5 Cara Terbaik untuk Membersihkan Karirmu dari 'Toxic Situation'careerfunda.info

Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja memang suatu kewajiban. Namun ada batasan yang seharusnya dilakukan karena tidak semua orang ternyata baik untuk karirmu. Bergaul dengan rekan kerja yang bisa mengembangkan karirmu dan tentunya membuat kehidupan di luar karirmu juga sehat.

5. Terapkan pola hidup sehat

5 Cara Terbaik untuk Membersihkan Karirmu dari 'Toxic Situation'theblondeabroad.com

Seimbangkan kehidupan karirmu dengan gaya pola hidup sehat. Pekerjaan memang tidk akan ada habisnya jika dilakukan sepanjang hari, namun kesehatan mental dan ragamu jangan sampai diabaikan. Terapkan pola makan sehat dan olahraga serta santaikan pikiran dengan beiwsata ke tempat favorit. 

Itu dia lima cara yang bisa kamu lakukan agar karirmu bebas dari 'toxic situation'. Kamu sudah melakukan cara yang mana nih?

Baca Juga: Be Strong! 11 Tips Bertahan di Lingkungan Kerja yang Toxic

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You