Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memutuskan Jadi Seorang Freelancer

Ada suka duka yang harus kalian tahu dan siap

Freelance adalah jenis pekerjaan yang kini sedang populer di kalangan millennials. Banyak bidang yang bisa ditekuni seorang freelancer, mulai dari jasa fotografi, desain, pembuat konten dan lain lain. Meskipun memiliki jam kerja yang fleksibel tapi ternyata menjadi seorang freelancer itu gak mudah lho.

Buat kamu yang sedang tertarik atau akan memutuskan jadi seorang freelancer, ini lima kemungkinan yang akan terjadi sama kalian di awal kariermu  tersebut!

1. Terkesan dengan kebebasan yang ada

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memutuskan Jadi Seorang Freelancerdramabeans.com

Seorang pekerja lepas tidak memiliki ketentuan khusus saat bekerja, baik dari segi waktu, pakaian, tempat, dan berbagai hal lain layaknya di kantoran. Mungkin kali pertama kamu mencoba masuk ke dunia ini, kalian akan merasa kaget sekaligus terkesan betapa bebasnya jadi seorang freelancer. Kamu akan merasa terbebas dari segala tuntutan yang mungkin selama ini membuatmu tertekan dan gak betah di kantor.

2. Bahagia bisa menentukan besaran gaji yang diinginkan

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memutuskan Jadi Seorang Freelancerdramabeans,com

Ketika jadi seorang freelancer kamu adalah bos sekaligus karyawan biasa dalam satu waktu. Kamu yang membuat ide bermunculan lalu mengeksekusinya dalam sebuah karya.

Negosiasi yang ada juga kamu lakukan sendiri, semua serba sendiri hingga angka yang masuk ke dalam rekeningmu juga bisa kamu tentukan. Freelancer bisa menentukan seberapa besar target yang mereka kejar.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Freelancer

3. Nyaman dan merasa ‘klik’ dengan cara kerja yang santai

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memutuskan Jadi Seorang Freelancerdramabeans,com

Bagaikan singa yang dilepas ke alam bebas, kamu pasti akan merasakan nikmatnya bekerja santai tanpa banyak tuntutan. Meskipun nyatanya masih ada deadline dan target yang harus diraih tapi setidaknya tidak ada bos atau rekan kerja yang bersahabat.  Jika kamu seorang introvert kamu akan merasa sangat klik dengan pekerjaan individu yang satu ini.

4. Keteteran ketika banyaknya pekerjaan yang bisa diambil

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memutuskan Jadi Seorang Freelancerdramabeans,com

Karena terlalu bersemangat gak jarang kamu pun mengambil project yang mungkin melebihi batas kemampuan. Namun selama kita masih bisa mengatasinya sih gak masalah, tapi kamu mungkin akan keteteran mengelola waktu dan tenaga di awal masa kerja.

5. Putus asa dan bimbang saat sepi penawaran

5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memutuskan Jadi Seorang Freelancerdramabeans,com

Nah, jika bulan ini sedang banyak job bisa jadi bulan depan kamu sulit mendapatkan itu. Pekerja lepas memang gak punya kejelasan dan suatu yang pasti. Di momen seperti ini kamu bakal ngerasa bimbang bahkan putus asa karena merasa freelancer itu gak meyakinkan.

Padahal yang namanya rezeki pasti ada pasang surutnya asalkan kamu giat dan bisa mencari peluang, maka akan selalu ada kesempatan yang bisa kamu ambil kok guys!

Menekuni pekerjaan yang satu ini memang bukan sesuatu yang mudah, namun ketika kamu mau mencoba dan rajin berusaha pasti selalu ada hasil yang memuaskan. Seorang freelancer memang butuh kesabaran dan jiwa pantang menyerah yang tinggi, terus semangat guys!

Baca Juga: 10 Fakta Unik Seputar Kehidupan Freelance yang Wajib Kamu Tahu

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya