Comscore Tracker

Demi Karier Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Dihindari di Tempat Kerja! 

Biar gak berakhir dipecat

Sebagai seorang pekerja atau karyawan, entah itu di kantor, restoran, mall, atau apa pun itu yang pasti kamu harus memiliki karakter yang ramah pada rekan-rekan kerja, tak terkecuali atasanmu, bukan? Tapi tak sedikit para pekerja yang kurang memahami apa-apa saja yang pantang dan yang penting untuk dilakukan. 

Sehingga bukan tidak mungkin ketika kamu melakukan hal-hal yang pantang itu bisa membuat orang lain hilang respect denganmu, atau bahkan atasanmu akan memecatmu. Untuk menghindarinya, sebagai pekerja kamu harus hindari 5 hal berikut saat di tempat kerja. Check them out! 

1. Bilang tidak tahu saat ditanya

Demi Karier Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Dihindari di Tempat Kerja! pexels.com/mentatdgt

Situasi yang pertama ketika di tempat kerja adalah saat ada rekan atau bahkan atasanmu menanyakan sesuatu padamu. Lantas kamu bersikap tidak peduli dengan menjawabnya 'aku tidak tahu'. Hal ini haruslah kamu hindari, karena boleh jadi rekan atau atasanmu itu merasa kesal atas tindakanmu. 

Sekalipun memang benar faktanya bahwa dirimu tidak mengetahui, setidaknya kamu tunjukkan rasa pedulimu padanya. Dengan mengatakan 'sebenarnya saya tidak tahu pasti, tapi saya akan mencarikannya untukmu. Atau katakan, 'sebentar saya akan carikan dulu, nanti akan segera saya berikan padamu setelah itu'. 

2. Tidak bisa komitmen

Demi Karier Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Dihindari di Tempat Kerja! unplash.com/Austin Distel

Setiap tempat kerja pastilah memiliki target berapa lama kerjaannya harus selesai. Maka sebagai pekerja haruslah siap akan konsekuensi jika pekerjaan itu harus diselesaikan secepat mungkin. Jadi, jangan pernah kamu menjawab 'saya akan mencobanya' ketika ditugasi suatu pekerjaan misal hanya dibatasi waktu 2 jam. 

Dengan menjawab 'saya akan mencobanya' berarti kamu menunjukkan bahwa dirimu tidak bisa berkomitmen. Atasanmu mungkin akan bertanya lagi, 'sebenarnya kamu bisa atau tidak?' Jika sudah seperti ini image-mu akan jelek di mata atasan. Akan lebih baik jika kamu menjawabnya 'Tentu saja bisa, saya akan menyelesaikannya selama 2 jam, atau paling lama 3 jam'. 

3. Bersikap acuh saat hasil kerjamu salah

Demi Karier Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Dihindari di Tempat Kerja! pexels.com/Moose Photos

Ketika atasanmu sedang meluapkan amarahnya karena hasil kerjamu tidak sesuai dengan keinginannya. Jangan sampai kamu bersikap acuh dengan hanya menjawab 'okey'. Jawaban seperti ini berpotensi menyulut emosinya dan membuatnya berpikir bahwa kamu benar-benar menjengkelkan. 

Akan lebih baik jika kamu berusaha menenangkannya dengan meminta maaf terlebih dahulu. Karena bagaimanapun semua itu adalah kesalahanmu. Setelah itu kamu katakan padanya bahwa dirimu akan memperbaikinya secepat mungkin, jangan lupa untuk diskusikan lagi apa yang atasanmu inginkan ya! 

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

4. Membuat partner menunggu

Demi Karier Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Dihindari di Tempat Kerja! unplash.com/Kristina Flour

Jika kamu memiliki suatu urusan yang urgent ketika sedang berdiskusi dengan partner kerjamu. Entah itu kamu hendak ke toilet, atau ada telepon, jangan sekali-kali kamu langsung pergi meninggalkannya saja, atau bahkan kamu hanya mengisyaratkan dengan gerakan tangan mengartikan 'tunggu sebentar'. 

Hal ini sangatlah tidak sopan dan akan menghadirkan kesan buruk terhadap dirimu sendiri. Akan lebih baik jika kamu izin padanya dengan mengatakan, 'sebentar saya ada telepon' atau 'mohon maaf sekali ya sudah membuatmu menunggu, saya akan segera kembali'. 

5. Memperlakukan partner layaknya teman

Demi Karier Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Dihindari di Tempat Kerja! pexels.com/Helena Lopes

Situasi yang terakhir adalah ketika partner kerjamu menanyakan sesuatu padamu tetapi kamu tidak mendengarnya dengan begitu jelas. Jangan pernah kamu menanyakannya kembali dengan mengatakan 'apa?' atau bahkan 'hah?' karena sungguh perilakumu ini akan membuatnya sangat jengkel. 

Mungkin jika bersama teman-teman dekat tidak masalah kamu bicara seperti itu. Tapi di dunia kerja hal itu sangatlah sensitif, akan lebih baik jika kamu menggantinya. Seperti dengan mengatakan, 'maaf tadi saya kurang jelas mendengarnya' atau 'bisakah kamu ulangi lagi ucapanmu? please'. 

Dari 5 situasi di dunia kerja di atas apakah ada yang pernah kamu lakukan? So, jangan diulangi lagi ya atau kamu akan merasakan pahitnya saat dipecat!

Baca Juga: Kerja Keras Aja Gak Cukup, Terapkan 6 Langkah Kerja Cerdas Ini

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya