Comscore Tracker

Tak Usah Jengkel, Ini 5 Tips Menyikapi Rekan Kerja yang Hobi Cari Muka

Hadapi secara elegan! 

Punya teman penjilat itu sangat menyebalkan, ya? Si penjilat biasanya gak sekadar hobi memamerkan diri, tapi juga tak segan menjatuhkan orang lain hanya demi memperoleh pujian semata. Well, its very annoying, right?

Nah, kalau kamu punya rekan kerja yang bersifat penjilat, baiknya tetap berusahalah untuk tenang. Penjilat bukan berarti tak bisa diatasi, kok! Berikut tips-tips menghadapi rekan kerja ‘penjiat’ agar tak makan hati. 

1. Hiraukan saja, jangan sampai sikapnya mempengaruhi perfomance-mu dalam bekerja

Tak Usah Jengkel, Ini 5 Tips Menyikapi Rekan Kerja yang Hobi Cari Mukadramabeans.com

Tak bisa dipungkiri jika keberadaan teman penjilat dalam satu kantor kerap kali membuat suasana jadi kurang nyaman. Kelakuannya yang selalu tampak baik di depan atasan, namun berubah drastis saat tak diawasi. Hobi bersikap bossy serta suka membicarakan orang lain, tentunya bikin risi, ya?

Dalam menghadapi kondisi tersebut, sikap terbaik yang bisa kamu lakukan yakni tetap tenang. Jangan sampai perbuatannya mengganggu perfomance-mu dalam bekerja. Tunjukkan bahwa kamu mampu memberikan yang terbaik tanpa perlu mencari muka. Talk less do more!

2. Tak perlu bermusuhan, tapi juga jangan terlalu dekat dengannya. Cukup bersikap profesional saja

Tak Usah Jengkel, Ini 5 Tips Menyikapi Rekan Kerja yang Hobi Cari Mukafuel-economy.info

Seorang penjilat biasanya cenderung memiliki sifat yang kurang baik. Dia tak sekadar pandai dalam hal pencitraan, tapi juga tak jarang 'menusuk' seseorang dari belakang. Maka itu guys, baiknya hindari menjalin hubungan terlalu akrab dengan si penjilat.

Sebagai rekan kerja, Kamu cukup bersikap profesional saja. Jangan terlalu dekat tapi juga jangan bermusuhan. Selama dia tak mengganggumu, ya jangan ganggu dia. Jangan turut campur dengan urusannya. Lebih baik kamu fokus dengan pekerjaanmu saja.

Baca Juga: 5 Cara Mengambil Hati Atasan di Kantor, Tanpa Harus Menjadi Penjilat

3. Be confident! Tunjukkan kepercayaan dirimu dan bertindaklah tegas agar ia tak berani memanfaatkan kamu

Tak Usah Jengkel, Ini 5 Tips Menyikapi Rekan Kerja yang Hobi Cari Mukaviki.com

Dalam menghadapi tukang penjilat atau si cari muka, tentunya kamu gak boleh bersikap lemah. Jika kamu hanya pasrah, bisa-bisa kamu malah dimanfaatkan lho! Sebisa mungkin cobalah untuk menujukkan kepercayaan dirimu.

Apabila dia suka memerintahmu dan menyuruh ini-itu, baiknya hadapi dengan sikap tegas. Toh, kamu dengan dia punya posisi yang sama. Jadi gak perlu minder ataupun rendah diri. Yakin lah bahwa kamu memiliki kualitas yang pantas dibanggakan.

4. Perluas lingkup pergaulanmu untuk menciptakan suasana menyenangkan di kantor

Tak Usah Jengkel, Ini 5 Tips Menyikapi Rekan Kerja yang Hobi Cari Mukapexels.com/helenalopes

Merasa jengkel itu wajar saja. Namun jangan sampai kamu habiskan waktumu hanya untuk memikirkan seseorang yang hobi mencari muka. Lebih baik, kamu coba berkenalan dengan orang-orang baru. Perluas ruang lingkup pergaulanmu. Dengan begitu, hari-harimu di kantor akan terasa jauh lebih menyenangkan.

Dengan kamu memperluas pergaulan, hal itu juga bisa sangat bermanfaat untuk kariermu lho! Kamu bisa saling bertukar pikiran dan mendapat lebih banyak dukungan saat kamu berada di situasi yang sulit. 

5. Yang perlu kamu waspadai, jangan sampai tertipu dengan gelagat manisnya

Tak Usah Jengkel, Ini 5 Tips Menyikapi Rekan Kerja yang Hobi Cari Mukadramabeans.com

Nah, terakhir nih yang perlu kamu waspadai bila punya teman penjilat, yakni jangan sampai kamu tertipu oleh sikap manisnya. Hati-hati lho, biasanya si penjilat cenderung memiliki  sifat bermuka dua. Dia mampu bersikap baik saat di depan, namun tak menutup kemungkinan bakal menjadi buruk ketika di belakang.

Maka itu, buat jaga-jaga, baiknya jangan terlalu terbuka terhadap temanmu yang penjilat. Bukan berarti berprasangka buruk. Hanya saja bersikap netral akan jauh lebih aman dan tidak berisiko.

Nah, demikianlah sederet cara yang bisa kamu praktikkan dalam menyikapi teman penjilat yang suka cari muka. Kesimpulannya, kamu jangan sampai terpengaruh oleh sikapnya. Jadilah sosok yang percayalah diri dan jangan lupa bersabar ya!

Baca Juga: 5 Cara Positif Agar Dihargai di Dunia Kerja tanpa Menjadi Penjilat 

niya sym Photo Verified Writer niya sym

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya