Comscore Tracker

Santai Aja, Ini 6 Cara Agar Kamu Tak Merasa Terbebani oleh Pekerjaan

Kerja itu sudah menjadi bagian dari hidup!

Kehidupan ini tidak bisa dipisahkan dari aktivitas bekerja. Bisa dibilang bekerja udah menjadi kebutuhan. Seorang ibu rumah tangga bekerja dalam mengurus rumah. Sementara pria bekerja di luar. Bahkan anak pun juga bekerja di sekolah, seperti mengerjakan tugas-tugas. 

Tentunya bekerja ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Selain butuh tenaga dan waktu, melakukan sebuah pekerjaan juga menguras pikiran. Bahkan terkadang menguji mental sehingga tak jarang bikin mood naik turun dan memicu terjadinya stres. 

Kondisi semacam itu pastinya nggak boleh dibiarkan begitu saja. Dalam melakukan segala pekerjaan, baiknya kamu bawa enjoy aja!

Nah, berikut ini beberapa tips agar kamu nggak merasa terbebani oleh pekerjaan. Simak yuk!

1. Manage waktu dengan baik! Antara waktu kerja, istirahat, dan ibadah harus ada bagian-bagiannya secara jelas

Santai Aja, Ini 6 Cara Agar Kamu Tak Merasa Terbebani oleh Pekerjaanpexels.com/Tim Gouw

Mengatur waktu adalah prinsip penting yang perlu kamu pegang jika ingin segala aktivitasmu terorganisir dengan baik. Antara waktu bekerja dengan beristirahat haruslah dibagi secara jelas.

Misal 8 jam untuk bekerja, 8 jam ibadah, 8 jam istirahat. Semua wajib kamu atur! Kalau kamu nggak bisa mengatur waktu dengan baik, percaya deh pekerjaanmu bisa makin berantakan. Alhasil kamu pun jadi pusing sendiri!

2. Jangan memaksakan diri. Uang memang penting, tapi kesehatan jauh lebih berharga!

Santai Aja, Ini 6 Cara Agar Kamu Tak Merasa Terbebani oleh Pekerjaanpexels.com/Burst

Di saat pikiranmu udah jenuh banget atau badanmu terasa capek, baiknya luangkan waktu untuk istirahat. Jangan memaksakan diri! Percuma lho melakukan pekerjaan dengan terpaksa justru bikin nggak fokus sehingga berisiko membuat hasilnya nggak maksimal. Lebih baik tenangkan diri dulu. Nanti kalau kamu udah merasa fresh, baru deh kembali ke pekerjaanmu. 

Ingat, uang memang penting. Tapi kesehatan jauh lebih berharga. Jika kamu sakit, biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar. Selain itu, orang sakit juga nggak bisa menikmati hidup. Jadi jangan remehkan kesehatanmu ya! 

3. Tidak ada hasil instan! Selalu ingat bahwa sukses itu butuh pengorbanan

Santai Aja, Ini 6 Cara Agar Kamu Tak Merasa Terbebani oleh Pekerjaanpexels.com/Valeria Boltneva

Pekerjaan yang menumpuk dan terus-menerus seolah tak ada akhirnya memang kerap kali bikin pikiran jadi pusing. Namun sebelum kamu memutuskan menyerah, cobalah mengingat bahwa nggak ada kesuksesan yang bisa dicapai tanpa pengorbanan. 

Nggak ada hasil yang instan, guys! Segala sesuatu membutuhkan proses. Berjalanlah step by step dengan penuh keyakinan. Kelak, kamu akan memetik apa yang telah kamu usahakan. Percayalah, hasil tak akan mengkhianati proses! 

Baca Juga: Cintai Pekerjaan, Ini 5 Cara Jitu Agar Selalu Bahagia di Tempat Kerja!

4. Kerjakan apa yang kamu sukai! Jadikan passion sebagai sumber untuk menghasilkan uang

Santai Aja, Ini 6 Cara Agar Kamu Tak Merasa Terbebani oleh Pekerjaanpexels.com/tirachard-kumtanom

Rasa terbebani dalam bekerja cenderung muncul dikarenakan kamu melakukan sesuatu yang kurang kamu sukai. Kamu bekerja hanya sebagai kewajiban tanpa menikmatinya sedikitpun. Sehingga tak heran jika kamu sering merasa tertekan.

Nah, buat meminimalisir hal tersebut, baiknya lakukan sesuatu yang kamu sukai. Jika memungkinkan, kejarlah passion-mu. Jadikan apa yang kamu sukai sebagai sumber untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Walau mungkin awalnya fee yang kamu dapatkan nggak seberapa, tapi kalau kamu enjoy, kamu bisa makin semangat berkerja. Sehingga memungkinkan usahamu berjalan makin sukses!

5. Sempatkan waktu untuk relaksasi pikiran

Santai Aja, Ini 6 Cara Agar Kamu Tak Merasa Terbebani oleh Pekerjaanpexels.com/riciardus

Relaksasi pikiran juga menjadi bagian penting untuk mengurangi ketegangan dalam bekerja. Metode relaksasi ini bisa dilakukan dalam berbagai cara misalnya melakukan yoga, jogging di pagi hari, traveling ke tempat yang sejuk, atau lakukan hal lain yang kamu sukai.

Jika pikiran rileks maka kerja pun menjadi lebih bersemangat. Ide-ide mudah keluar dan hasilnya pasti akan semakin optimal.

6. Setiap kali kamu ingin nyerah, ingatlah mimpi yang ingin kamu raih!

Santai Aja, Ini 6 Cara Agar Kamu Tak Merasa Terbebani oleh Pekerjaanpexels.com/rawpixel.com

Terakhir, satu hal yang bisa mengurangi beban pikiranmu dalam bekerja adalah selalu ingat mimpimu. Jangan menyerah hanya karena kegagalan. Perlu kamu tahu bahwa gagal itu bagian dari proses untuk menuju sukses. Memang sih, tidak mudah untuk meraih impian. Tapi jika kamu ulet dan nggak gampang menyerah maka tak akan ada yang mustahil.

Nah, demikianlah sederet tips yang bisa kamu coba agar pekerjaan tidak terasa membebankan. Pada dasarnya, tak ada pekerjaan yang mudah. Tapi bila kamu mampu menjalaninya dengan enjoy,  setidaknya pekerjaanmu tidak akan terasa terlalu berat. 

Baca Juga: 5 Pekerjaan Ini Kurang Cocok Kalau Kamu Punya Hati Sensitif

niya sym Photo Verified Writer niya sym

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya