Comscore Tracker

Mengerti Apa itu OKR dan Pentingnya bagi Perusahaan

Sesuaikan dengan prioritas dan budaya perusahaan

Sebuah perusahaan tentu memiliki indikator khusus untuk mengetahui efektivitas kinerja para karyawannya. Salah satu caranya adalah menggunakan OKR (Objective and Key Results) sebagai tools-nya. OKR digunakan untuk mengukur sejauh apa yang harus perusahaan upayakan agar mencapai targetnya. Dengan kata lain, OKR adalah suatu sistem yang akan membantu dalam memfokuskan prioritas kerja.

Sebagai sebuah perusahaan yang sedang terus berkembang, IDN Media tentu memiliki OKR agar dapat memastikan goal-setting framework untuk mencapai sebuah objektif. Kali ini, Desy Ratnasari, People Operations IDN Media, akan membagikan bagaimana cara untuk menentukan OKR, serta apa saja tolok ukurnya.

1. Mengenal apa itu OKR

Mengerti Apa itu OKR dan Pentingnya bagi Perusahaanunsplash.com/Annie Spratt

Istilah OKR mungkin terdengar asing bagi masyarakat awam, namun bagi sebuah perusahaan, OKR adalah sebuah tools penting agar kinerja karyawan tetap keep in track dengan goals perusahaan. Banyak perusahaan besar yang sudah menerapkan OKR, seperti Airbnb, LinkedIn, Adobe, hingga Google.

OKR sendiri terbagi menjadi objective dan key results. Objective merupakan goals yang ditetapkan oleh perusahaan, yang nantinya akan mengarahkan kinerja dari tim. Sementara key results menunjukkan hasil dari rangkaian kinerja yang sudah diatur di dalam goal-setting.

Menerapkan OKR adalah suatu hal yang relatif mudah karena sifatnya yang open source, sehingga dapat disesuaikan dengan budaya kerja setiap perusahaan. Namun, karena nilai yang dimiliki oleh setiap individu berbeda, pemerataan pemahaman tentang OKR di tiap karyawanlah yang menjadi tantangan.

2. Tentukan prioritas perusahaan ketika menerapkan OKR

Mengerti Apa itu OKR dan Pentingnya bagi Perusahaanconnectthedotsconsulting.com

Sejak pertama kali didirikan, sebuah perusahaan biasanya telah mempertimbangkan aspek-aspek fundamental yang dinilai dapat memengaruhi kelangsungan bisnis. Ini dilakukan untuk membantu perusahaan dalam mencapai OKR yang telah ditetapkan. IDN Media, misalnya, yang ingin selalu memprioritaskan Timmy (sebutan karyawan IDN Media). Diyakini dapat menunjang kinerja Timmy, menjunjung tinggi elemen manusia diyakini dapat meningkatkan persentase pencapaian OKR perusahaan.

Penentuan prioritas perusahaan ini tidak serta merta dari preferensi CEO saja, tetapi juga terbentuk dari model bisnis, budaya kerja, hingga goals perusahaan. "Kalau prioritas utamanya adalah karyawan, perusahaan harus mampu menciptakan situasi kerja yang mendukung kinerja karyawan. Selain itu, aspek lain seperti kesehatan jasmani, mental, dan kondisi karyawan secara personal juga harus diperhatikan. Contohnya adalah ketika harus menghadapi masa-masa sulit karena pandemik," ujar Desy.

3. Penentuan OKR di IDN Media

Mengerti Apa itu OKR dan Pentingnya bagi PerusahaanUnsplah

Pada tiap akhir kuarter, Timmy akan menyerahkan sebuah laporan terperinci dan terukur, yang dapat dilihat dari total pemenuhan target atau capaian revenue. Laporan yang berisi tentang persentase pemenuhan target inilah yang dijadikan pedoman oleh People Operations untuk menentukan OKR yang relevan dan achievable di kuarter berikutnya. 

Menutup perbincangan pada siang itu, Desy menyimpulkan, “OKR yang dimiliki IDN Media adalah pedoman bagi Timmy dalam melaksanakan kewajiban dan menerima haknya. Dengan kejelasan yang terjamin, artinya perusahaan juga telah menempatkan Timmy sebagai salah satu komponen paling penting dalam perusahaan. Untuk sisi perusahaan, OKR pun dapat menjamin kinerja Timmy di tengah situasi tak menentu, seperti saat harus work from home sekalipun.”

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya