Comscore Tracker

5 Ciri Kamu Sedang Berada di Posisi Gila Kerja, Awas Bahaya!

Kerja boleh, tapi jangan berlebihan

Pada dasarnya, setiap orang harus bekerja keras demi memenuhi setiap kebutuhannya, bekerja siang dan malam tanpa henti dengan harapan bisa mendapat penghasilan lebih banyak lagi.

Namun bekerja terlalu berlebihan juga gak baik buat kamu, bahkan bisa memperburuk kondisi kesehatan dari waktu ke waktu. Maka dari itu, sedikitnya kamu harus tahu bahwa ada lima ciri kamu sedang berada di posisi gila kerja. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Memaksakan diri untuk bisa menyelesaikan suatu pekerjaan detik itu juga

5 Ciri Kamu Sedang Berada di Posisi Gila Kerja, Awas Bahaya!Pexels.com/Andrew Neel

Dalam bekerja, tak jarang jika seseorang terlalu memaksakan dirinya untuk bisa menyelesaikan suatu pekerjaan pada saat itu juga. Padahal, dampak dari memaksakan diri itu bisa sangat berbahaya.

Bekerja keras dalam suatu pekerjaan boleh-boleh saja, namun kamu harus lebih pintar lagi dalam mengatur waktu. Jika sudah tidak kuat mengerjakan pekerjaan detik itu juga, lebih baik kerjakan besok daripada harus menanggung stres akibat dari memaksakan diri.

2. Kerja lembur bagai kuda, kamu tidak menyisakan waktu istirahat sama sekali

5 Ciri Kamu Sedang Berada di Posisi Gila Kerja, Awas Bahaya!Pexels.com/cottonbro

Orang yang gila kerja pada dasarnya akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin yang dia bisa, bahkan kerja lembur bagai kuda tanpa menyisakan waktu istirahat sama sekali.

Kita paham bahwa semua orang harus kerja keras untuk menghasilkan lebih banyak pemasukan, namun terus menerus kerja lembur juga kurang baik bagi kesehatanmu. Cobalah untuk lebih bisa membagi jam kerja dan jam istirahat, rehat sejenak juga sangat penting loh.

3. Tidak cukup dengan satu pekerjaan, kamu terus menerus mencoba menutupi waktu luang dengan bekerja

5 Ciri Kamu Sedang Berada di Posisi Gila Kerja, Awas Bahaya!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak sedikit orang yang masih merasa kurang dengan satu pekerjaan saja, dia akan mengisi waktu luangnya dengan pekerjaan lainnya dengan harapan penghasilannya bisa berkali-kali lipat.

Mungkin terdengar sangat menggiurkan, namun itu sudah termasuk dalam kategori gila kerja. Terlalu ambisius dalam bekerja bisa berbahaya bagi diri sendiri, harus ada pembagian waktu yang pas untuk mendapat istirahat yang cukup.

Baca Juga: 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya Buat Kamu yang Lagi Cari Kerja

4. Menggunakan waktu istirahat untuk mengerjakan pekerjaan sampingan lainnya

5 Ciri Kamu Sedang Berada di Posisi Gila Kerja, Awas Bahaya!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam bekerja, ada waktu istirahat yang bisa kita gunakan untuk mengisi tenaga dan juga mempersiapkan diri. Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan sedikit waktu istirahat tersebut demi mengerjakan pekerjaan sampingan.

Padahal, waktu istirahat tidak seharusnya digunakan untuk melakukan pekerjaan sampingan. Meski hanya sejenak, istirahat di tengah pekerjaan sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina agar tetap terjaga.

5. Kamu tetap memaksakan diri untuk bekerja meski situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan

5 Ciri Kamu Sedang Berada di Posisi Gila Kerja, Awas Bahaya!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang gila kerja biasanya akan memaksakan diri untuk bekerja meski dalam kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan. Memaksakan diri untuk bekerja sebenarnya tindakan gegabah, apalagi dalam kondisi kurang enak badan.

Pekerjaan memang sangat penting untuk memenuhi setiap kebutuhanmu, namun terus menerus memaksakan diri hanya akan membawa banyak kerugian pada diri sendiri.

Itu dia deretan ciri kamu sedang berada di posisi gila kerja. Bekerja dengan penuh semangat memang sangat diperlukan, namun terlalu berlebihan juga tidak dianjurkan.

Baca Juga: Mau Kerja Efektif? Ini Waktu yang Tepat untuk Istirahat

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya