Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Mudah Stres dalam Bekerja walau di Bidang yang Disukai

Bukan karena pekerjaannya?

Stres dalam bekerja rasanya sudah seperti hal biasa dan sering kali terjadi. Tentu ini bukanlah kewajaran yang bisa dinilai baik, kadar stres yang berlebihan bisa berakibat buruk dan merugikan diri sendiri.

Namun, setiap orang merasa bahwa pekerjaan yang disukai sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan stres berlebihan. Meski begitu, bukan berarti tidak bisa mengalaminya, karena sedikitnya ada lima alasan kamu mudah stres dalam bekerja walau di bidang yang disukai. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Kamu terus menerus menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu

5 Alasan Kamu Mudah Stres dalam Bekerja walau di Bidang yang Disukaiilustrasi pria lelah bekerja (pexels.com/Kampus Production)

Di saat kita menyukai pekerjaan, ada kecenderungan di mana pekerjaan menjadi bagian dari kehidupan kita. Alhasil, cara kamu bekerja di luar batasan yang ada, terus menerus menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu.

Ini yang membuat kamu akan mencapai titik jenuh dalam bekerja. Kadar stres menjadi sangat berlebihan, tanpa sadar kamu bekerja secara berlebihan hanya karena bidang yang kamu tekuni adalah bidang yang paling disukai.

2. Terlalu ambil pusing atas pekerjaan yang sedang kamu kerjakan

5 Alasan Kamu Mudah Stres dalam Bekerja walau di Bidang yang Disukaiilustrasi pria berpikir (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menyukai pekerjaan adalah bagian yang cukup krusial dalam hidup. Namun, cara pandang kita terhadap pekerjaan itu sendiri gak boleh sembarangan, terlalu ambil pusing atas pekerjaan tersebut juga bisa berakibat buruk.

Makanya, sesuka apa pun kamu terhadap pekerjaan tersebut, jangan terlalu memikirkannya secara berlebihan. Jangan biarkan hidupmu diselimuti dengan banyak tekanan, itu akan membawa kamu pada tingkat stres yang berlebihan.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Stres yang Berlebihan dalam Bekerja, Berliburlah!

3. Tidak pernah pergi berlibur walau untuk sekadar menjernihkan pikiran

5 Alasan Kamu Mudah Stres dalam Bekerja walau di Bidang yang Disukaiilustrasi pria membuka selebaran kertas (pexels.com/Tima Miroshnichenk)

Sebagian orang menganggap bahwa tidak ada yang namanya hari libur di saat pekerjaan yang kamu tekuni berada di bidang yang paling disukai. Namun, pekerjaan tetaplah pekerjaan, selalu ada saja yang membuat kita stres sendiri.

Makanya, apa pun pekerjaan yang kamu tekuni, hari libur harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Cobalah untuk pergi berlibur walau untuk sekadar menjernihkan pikiran, itu akan mengurangi kadar stres dalam hidupmu.

4. Ambisi yang kamu miliki terlalu kuat dan lepas kontrol

5 Alasan Kamu Mudah Stres dalam Bekerja walau di Bidang yang Disukaiilustrasi pria berambisi (pexels.com/ANTHONY SHKRABA)

Kita semua sadar bahwa ada peran yang begitu besar dari keberadaan ambisi dalam bekerja, itu bisa menjadi motivasi dalam diri yang mana pekerjaan bisa terselesaikan sesuai dengan rencanamu selama ini.

Namun, ambisi yang kuat kadang kala gak begitu baik, itu bisa membawa kamu pada tahap stres yang berlebihan. Meski itu adalah pekerjaan yang kamu sukai, pahami dengan baik bahwa dirimu juga butuh sesuatu yang menjernihkan pikiran, bukan hanya sebatas kerja dan kerja semata.

5. Selalu ingin lebih dan lebih atas segala pencapaianmu

5 Alasan Kamu Mudah Stres dalam Bekerja walau di Bidang yang Disukaiilustrasi pria memandangi grafik (pexels.com/Kampus Production)

Dalam bekerja, setiap orang pastinya enggan untuk merasa cukup atas segala pencapaiannya selama ini, apalagi itu adalah bidang pekerjaan yang kamu sukai sepanjang hidup.

Namun, hal inilah yang menjadi pemicu di balik adanya stres berat. Kamu selalu merasa tidak cukup atas kinerjamu selama ini, mulai memaksakan diri secara berlebihan demi mencapai sesuatu yang menjadi pencapaianmu.

 

Kita tidak bisa membantah bahwa stres dalam bekerja akan selalu ada, meski itu adalah bidang pekerjaan yang kamu sukai. Kelima poin di atas menjadi buktinya, stres dalam pekerjaan harus kamu waspadai dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: 10 Langkah Cerdas Mengatasi Stres di Tempat Kerja, biar Pikiran Tenang

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya