Comscore Tracker

Susah Mendapat Pekerjaan? 5 Hal Ini Mungkin Menjadi Penyebab Utamanya

Sudah bosan menganggur?

Kamu baru lulus sekolah dan tidak kunjung mendapat pekerjaan? Mungkin bukan kamu saja yang mengalaminya, ada banyak jutaan orang di luar sana yang mengalami hal serupa terutama lulusan baru.

Memang mencari pekerjaan itu sangat sulit, banyak hal yang perlu kamu siapkan mulai dari surat lamaran hingga fisik untuk mengikuti berbagai macam tes yang perlu kamu lakukan dalam proses seleksi.

Namun ada beberapa penyebab utama mengapa kamu susah mendapat pekerjaan, bahkan bisa jadi kamu belum menyadarinya hingga saat ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa ulasan berikut ini.

1. Tidak mau mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan

Susah Mendapat Pekerjaan? 5 Hal Ini Mungkin Menjadi Penyebab UtamanyaPexels.com/Startup Stock Photos

Mencari pekerjaan bukan hanya sebatas melamar ke sana-kemari, tapi kamu harus memperhatikan jenis pekerjaan yang akan kamu ambil, apakah sesuai dengan kemampuan yang kamu punya atau tidak.

Jika kamu melamar ke sembarang tempat, kemungkinan besar untuk ditolaknya akan jauh lebih besar karena mereka tidak percaya dengan kemampuan yang kamu punya.

Jadi carilah jenis pekerjaan yang memang kamu kuasai untuk meningkatkan peluang diterima, jangan asal sebar lamaran karena itu akan membuang waktu berharga kamu.

2. Terlalu menginginkan gaji yang besar tanpa memiliki soft skill yang baik

Susah Mendapat Pekerjaan? 5 Hal Ini Mungkin Menjadi Penyebab UtamanyaPexels.com/Pixabay

Ingin mendapatkan gaji besar namun tanpa memiliki soft skill yang baik? Pasti tidak akanada perusahaan yang mau menerima karyawan semacam itu. Bukannya  perusahaan tambah maju malah tambah menurun.

Jika kamu menginginkan gaji yang besar, asah terus kemampuan kamu agar perusahaan percaya bahwa kamu dapat bekerja dengan baik dan dapat diandalkan.

Baca Juga: 5 Hal Penting Saat Wawancara Kerja, Terapkan Jika Ingin Lolos! 

3. Kemampuan kamu tidak sesuai dengan apa yang tertulis di surat lamaran

Susah Mendapat Pekerjaan? 5 Hal Ini Mungkin Menjadi Penyebab UtamanyaPexels.com/Energepic.com

Pernah berbohong tentang apa yang tertulis di surat lamaran? Memang melamar pekerjaan itu susah, tapi kamu tidak harus berbohong tentang kemampuan kamu yang tertulis di lamaran pekerjaan.

Jadi tulis kemampuan kamu di surat lamaran dengan sejujur-jujurnya, jangan terlalu dibuat-buat agar perusahaan percaya bawa kamu orang yang jujur dan dapat dipercaya.

4. Perilaku dan cara berpakaian kamu tidak sopan

Susah Mendapat Pekerjaan? 5 Hal Ini Mungkin Menjadi Penyebab UtamanyaPexels.com/Mentatdgt

Ketika kamu melamar pekerjaan, apakah kamu sudah benar-benar berpakaian dan berperilaku dengan sopan? Masalahnya adalah hampir semua perusahaan melihat seseorang dari pakaian dan perilakunya, sudah memenuhi kriteria atau belum.

Kamu tidak perlu menggunakan pakaian yang sangat mewah dan mahal, hanya perlu mengikuti aturan dari perusahaan atau paling tidak menggunakan kemeja saja sudah cukup.

5. Kamu tidak pernah yakin dengan jawaban kamu pada saat wawancara

Susah Mendapat Pekerjaan? 5 Hal Ini Mungkin Menjadi Penyebab UtamanyaPexels.com/Mentatdgt

Ketika kamu melamar pekerjaan, mau tidak mau harus menghadapi yang namanya wawancara. Dalam wawancara, pihak HRD akan dengan mudah mengetahui apakah kamu masuk ke dalam kriteria yang perusahaan cari atau tidak.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang pada saat wawancara adalah gugup atau tidak yakin dengan jawaban yang dilontarkan, sehingga pihak HRD akan menganggap kamu tidak pernah yakin dengan setiap keputusan yang kamu ambil.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu susah mendapat pekerjaan. Jika kamu selamanya melakukan hal semacam itu, dijamin deh kamu akan susah mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya