Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Menjaga Suasana Hati dalam Ruang Lingkup Pekerjaan

Biar gak gampang bad mood? #IDNTimesLife

Setiap orang pastinya membutuhkan pekerjaan sebagai bagian dari penghasilan utama dalam hidupnya. Namun, gak semua orang sadar betapa banyaknya hal yang perlu diperhatikan, khususnya suasana hati dalam bekerja. 

Kenyataannya, suasana hati itu punya peran yang sangat penting, bahkan sedikitnya ada lima alasan pentingnya menjaga suasana hati dalam ruang lingkup pekerjaan. Biar tahu lebih detailnya, keep reading ya. 

1. Hasil akhir dari pekerjaanmu bisa tergantung dari mood kamu sendiri 

5 Alasan Pentingnya Menjaga Suasana Hati dalam Ruang Lingkup Pekerjaanilustrasi orang menilai pekerjaan (pexels.com/Moose Photos)

Suatu pekerjaan sudah pasti akan menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan jenis pekerjaannya. Namun, masih banyak yang belum sadar bahwa hasil dari pekerjaan sangat bergantung pada suasana hati. 

Jika suasana hatimu baik, hasil dari pekerjaanmu minimal standar dari yang seharusnya. Namun, jika mood kamu jadi hancur, hasil akhir dari pekerjaanmu bisa menjadi bagian dari penghancur karier. 

2. Sudah sepantasnya untuk memaksimalkan kinerja bekerja dengan mengatur suasana hati

5 Alasan Pentingnya Menjaga Suasana Hati dalam Ruang Lingkup Pekerjaanilustrasi semangat bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Segala bentuk pekerjaan sudah pasti perlu dipertanggungjawabkan, yang mana apa pun yang kamu lakukan harus diselesaikan dan dikerjakan sesuai dengan prosedur yang ada. 

Makanya, penting sekali menjaga suasana hati dalam bekerja. Sudah sepantasnya bagi kita untuk memaksimalkan kinerja dalam bekerja, itu sudah menjadi suatu keharusan sebagai bentuk pertanggungjawaban. 

3. Tidak membuat rekan kerjamu kena imbasnya hanya karena mood kamu yang sedang buruk

5 Alasan Pentingnya Menjaga Suasana Hati dalam Ruang Lingkup Pekerjaanilustrasi situasi tidak nyaman (pexels.com/Christina Morillo)

Kita sering kali selisih paham dengan rekan kerja karena berbagai macam hal di dalamnya, mulai dari yang serius hingga hal sepele. Namun, nyatanya semua ini sangat bergantung pada suasana hati kamu sendiri. 

Jika kamu tidak bisa menjaga suasana hati dengan baik, rekan kerjamu bisa kena imbasnya karena mood kamu yang sedang buruk. Bukannya pekerjaan bisa cepat selesai, kamu malah membuat celah untuk membuat masalah yang lebih merepotkan. 

Baca Juga: 5 Tips Produktif Bekerja Saat Berpuasa, Jangan Malas-Malasan!

4. Tidak menyalahkan pekerjaan di saat mood sedang buruk yang jelas-jelas tidak ada kaitannya 

5 Alasan Pentingnya Menjaga Suasana Hati dalam Ruang Lingkup Pekerjaanilustrasi orang frustrasi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kehidupan pribadi dan juga pekerjaan kadang kala memang harus dipisahkan, apalagi ada hubungannya dengan suasana hati. Hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan yang jelas. 

Nyatanya, hal ini bertujuan agar kamu tidak menyalahkan pekerjaan di saat mood kamu sedang buruk. Bahkan, sangat disayangkan jika melampiaskan kekesalan pada pekerjaan yang padahal tidak ada kaitannya. 

5. Berusaha untuk tetap profesional dalam bekerja apa pun itu pekerjaannya

5 Alasan Pentingnya Menjaga Suasana Hati dalam Ruang Lingkup Pekerjaanilustrasi orang sibuk bekerja (pexels.com/Burst)

Kita semua sadar betapa besarnya pengaruh suasana hati dalam bekerja, apalagi jika suasana hatimu sedang buruk dan tidak ada kendali lebih dalam situasi tersebut.

Padahal, kamu harus tetap berusaha  profesional dalam bekerja apa pun itu pekerjaannya. Jangan libatkan suasana hatimu sedemikian rupa, atau hal buruk akan terjadi. 

Tiap orang akan mengalami yang namanya perubahan suasana hati, namun jangan sampai kamu bawa dalam sebuah pekerjaan. Bukan hanya buruk bagi diri sendiri, tapi juga bisa buruk bagi orang lain. 

Baca Juga: Produktif saat Pandemik, Tilik 5 Freelance yang Bisa Kamu Lakukan 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya