Comscore Tracker

5 Pemikiran yang Harus Kamu Miliki Ketika Gaji Bulanan Masih Kecil

Jangan berkecil hati, ya!

Memiliki penghasilan atau gaji bulanan yang besar menjadi impian semua orang, kita semua tahu itu. Namun tidak semua orang bisa mendapatkannya, masih ada yang merasa gaji bulanannya masih tergolong kecil atau pas-pasan.

Jika hal itu terjadi pada siklus hidup kamu, sedikitnya ada lima pemikiran yang harusnya kamu miliki ketika gaji bulanan masih kecil. Jangan berkecil hati dulu, ya!

1. Bersyukur masih ada gaji bulanan, tidak semua orang memiliki nasib yang sama

5 Pemikiran yang Harus Kamu Miliki Ketika Gaji Bulanan Masih KecilPexels.com/Andrea Piacquadio

Bersyukur adalah ciri orang yang bisa menikmati hasil atas kerja kerasnya, yang mana dia tidak melihat besar kecilnya jumlah uang yang didapatkan selama satu bulan penuh.

Harusnya kamu syukuri akan hal ini, masih ada gaji bulanan yang bisa kamu nikmati sekalipun tergolong kecil. Ada banyak orang di luaran sana yang masih memikirkan bagaimana cara mendapat pekerjaan dan belum merasakan manisnya gaji pertama di awal bulan.

2. Bekerja lebih keras menjadi cara terbaik untuk meningkatkan gaji bulanan

5 Pemikiran yang Harus Kamu Miliki Ketika Gaji Bulanan Masih KecilPexels.com/cottonbro

Berpikir terus menerus dan stres karena gaji masih kecil tidak akan menyelesaikan masalah, kamu harus segera mengubah mindset kamu dalam hal ini.

Bekerja lebih keras adalah cara terbaik untuk meningkatkan gaji bulanan kamu, jangan menjadi pemalas hanya karena tahu bahwa gaji kamu sangat rendah menurut pandangan pribadi. 

3. Gaji yang kecil bisa membuat kamu pandai dalam mengatur keuangan

5 Pemikiran yang Harus Kamu Miliki Ketika Gaji Bulanan Masih KecilPexels.com/Alexander Mils

Memiliki gaji kecil mengharuskan kamu mengatur keuangan dengan baik, jangan sampai pengeluaran menjadi jauh lebih besar dibanding pendapatan. Mungkin terlihat sangat sulit, namun ini bisa bermanfaat bagi hidup kamu.

Memiliki penghasilan kecil bisa memberikan pelajaran yang berharga bagi diri sendiri, belajar bagaimana mengatur keuangan dengan baik dan benar. Lama kelamaan kamu akan terbiasa dan menjadi pandai mengatur keuangan secara tidak sadar.

Baca Juga: 5 Cara Atur Gaji Selama Pandemik, Hitung Kembali Pengeluaran Bulanan

4. Berapa pun hasilnya, semua gaji adalah hasil kerja keras diri sendiri

5 Pemikiran yang Harus Kamu Miliki Ketika Gaji Bulanan Masih KecilPexels.com/Karolina Grabowska

Sadar akan gaji kecil seharusnya tidak membuat kamu berkecil hati, gaji tersebut tetaplah hasil dari kerja keras kamu selama satu bulan. Jangan sampai hasil membuat kamu tidak menghargai keringat yang telah kamu keluarkan untuk bekerja.

Setidaknya kamu sudah bekerja dengan usaha sendiri, jangan jadikan gaji sebagai patokan dalam kegagalan. Tetap bangga dengan pekerjaan dan dengan hasil apa pun, itu akan memberikan ketenangan dalam hidup kamu.

5. Semua butuh proses, gaji kecil hanya sebagai awalan dalam perjalanan hidup kamu

5 Pemikiran yang Harus Kamu Miliki Ketika Gaji Bulanan Masih KecilPexels.com/Andrea Piacquadio

Untuk saat ini mungkin gaji kamu sangat kecil, pengeluaran sangat terbatas, dan tidak bisa membeli apa yang kamu inginkan. Namun tidak selamanya akan begitu, semua ada proses yang akan membuat gaji kamu jauh lebih baik.

Ini hanya sebagai awalan dalam perjalanan hidup kamu, apalagi kamu seorang fresh graduate yang baru mengenal dunia pekerjaan. Gaji kecil di awal sangat wajar, ini semua hanya sementara jika kamu lebih banyak berusaha.

Itu dia deretan mindset yang harusnya kamu miliki ketika gaji bulanan masih kecil atau merasa kurang cukup. Tetap berusaha dan jangan menyerah, semua ini adalah proses yang mau tidak mau harus kamu jalani.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Ingin Menghemat Pengeluaran Bulanan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya