Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus Kuliah

Istirahat sejenak boleh kali

Mayoritas lulusan baru dari Universitas ingin segera mencicipi dunia kerja profesional. Maka dari itu, banyak di antara mereka yang pada akhirnya berbondong-bondong melamar pekerjaan. Karena pikirnya sayang, dong ijazah yang didapat dengan susah payah malah dibiarkan nganggur begitu saja.

Langsung ingin dapat pekerjaan setelah lulus kuliah memang gak ada salahnya, kok. Akan tetapi, kamu juga boleh memilih untuk tidak buru-buru cari kerja, lho. Alias menganggur sementara waktu. Asalkan tujuannya jelas, ya. Jadi bukan berarti ingin selamanya jadi jobless. Berikut lima alasan, kenapa kamu sah-sah saja gak cari pekerjaan dulu setelah menyandang gelar sarjana. Yuk, simak baik-baik biar gak salah paham.

1. Berikan waktu pada tubuh dan pikiranmu untuk beristirahat

5 Alasan Kamu Gak Perlu Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus Kuliahilustrasi liburan bareng (pexels.com/Artem Beliaikin)

Belakangan ini fisik dan mentalmu sudah terkuras habis, lantaran harus fokus menyelesaikan skripsi dan melewati berbagai sidang untuk bisa mencapai kelulusan. Sampai boleh dibilang gak ada celah buat benar-benar beristirahat. Oleh karena itu, ini saatnya 'membalas dendam' dan beri kesempatan dirimu buat rehat sejenak. 

Lakukan hobi yang kamu suka, sembari mengisi kembali energimu. Bayangkan jika setelah lulus kamu langsung sibuk cari kerja. Mungkin dirimu gak lagi punya kesempatan untuk beristirahat. Jadi, tak masalah, kok untuk saat ini santai-santai saja dulu. Ya, kira-kira kasih waktu dua sampai tiga bulan, deh. Setelah itu, kalau mau mulai cari kerja, sih gak masalah.

2. Bekali diri dengan kursus untuk memperkaya CV-mu nanti

5 Alasan Kamu Gak Perlu Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus Kuliahilustrasi kursus online (pexels.com/RODNAE Productions)

Setelah istirahat total selama satu bulan, kamu bisa mengambil beberapa kursus untuk menambah pengetahuan sekaligus mengisi waktu luang. Cari bidang kursus yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Gak harus selalu berhubungan sama gelar akademis yang kamu miliki, kok. Kamu bisa mengikuti kursus apa pun yang kamu inginkan. 

Selain untuk mengisi waktu luang dan menambah keterampilan, kursus ini juga bisa memperkaya CV-mu nanti, lho. Jadi ketika ditanya oleh HRD apa bidang keahlianmu, kamu bisa menjawabnya dengan penuh percaya diri. Ini juga akan menjadi nilai plus tersendiri. Karena meskipun gak langsung cari kerja setelah lulus kuliah, kamu tidak pernah menyia-nyiakan waktu dan tetap mau memperkaya ilmu.

3. Gali lagi potensi dan minat yang benar-benar kamu miliki supaya gak salah pilih pekerjaan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus Kuliahilustrasi orang belajar (pexels.com/RODNAE Productions)

Mengambil rehat sejenak bisa membantumu berpikir jernih tentang masa depan. Khususnya perkara karir yang ingin kamu bangun. Pikirkan baik-baik dan gali lagi minat yang kamu inginkan. Supaya nantinya kamu gak salah melamar pekerjaan. Bisa saja ternyata jurusan kuliahmu selama ini gak sesuai sama passion yang kamu miliki. 

Nah, gimana tuh? Pasti menimbulkan dilema, lho. Antara sayang, ijazah tidak jadi digunakan sebagaimana mestinya atau pilih menuruti keinginan hati saja. Tak masalah, kok jika memang kamu mau memilih mengikuti keinginan hati. Toh, gak akan ada ilmu yang sia-sia. Meskipun ijazahmu di atas kertas tidak terpakai. Tapi tetap saja ilmu yang kamu dapat selama ini tetap akan berguna.

Baca Juga: Lulus Tepat Waktu, 5 Tips Lawan Rasa Malas di Semester Akhir Kuliah

4. Tak ada salahnya, kok kalau kamu berencana mau langsung melanjutkan pendidikan lagi

5 Alasan Kamu Gak Perlu Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus Kuliahilustrasi kerja paruh waktu (pexels.com/Amina Filkins)

Mungkin alasan kamu belum mau mencari kerja lantaran ingin langsung melanjutkan pendidikan. Itu, sih bagus dan gak ada salahnya. Mumpung masih muda dan ada tekad hajar saja terus. Kamu bisa mulai dengan mencari beasiswa. Siapa tahu dapat, jadi bisa membantu meringankan beban orangtua, kan?

Nanti setelah mulai perkuliahan lagi, kamu juga bisa mencari pekerjaan paruh waktu. Ya, hitung-hitung tes ombak, deh. Menjajal bagaimana rasanya terjun ke dunia kerja. Walaupun belum bisa full time. Siapa tahu, dari sekadar freelance, kamu bisa mendapatkan koneksi. Jadi usai lulus kuliah S-2 kamu bisa langsung dapat tawaran kerja. Mantap gak, tuh?

5. Terkadang pekerjaan itu gak perlu dicari, tapi bisa juga diciptakan sendiri. Yuk, berbisnis!

5 Alasan Kamu Gak Perlu Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus Kuliahilustrasi bisnis bareng (pexels.com/Tim Douglas)

Tak menutup kemungkinan, lho penyebab kamu masih mager cari kerja, tuh karena sebenarnya gak punya minat bekerja di balik meja. Kamu tidak tertarik bekerja pada sebuah perusahaan atau mengabdi kepada pemerintah. Sebab diam-diam mulai timbul keinginan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri. 

Tapi bagimu mimpi ini terlalu tinggi. Modal yang kamu miliki terbatas, apalagi soal pengalaman berbisnis. Bisa-bisa kamu malah 'bunuh diri'. Meskipun masih sekadar ide, gak ada salahnya dipikirkan dulu. Kamu bisa minta saran ke teman-teman yang sudah lebih dulu berbisnis. Siapa tahu, nih kalian bisa kerja sama. Gak ada yang mustahil, kok selama kamu mau berusaha.

Selama alasanmu jelas dan masuk akal, tidak ada salahnya 'cuti' dulu setelah lulus kuliah, kok. Gak harus cepat-cepat mesti dapat pekerjaan. Iya kalau langsung dipanggil wawancara, nah kalau tidak? Nanti kamu malah stres sendiri, gara-gara kepikiran terus. So, apakah setelah lulus kuliah nanti kamu akan gercep cari kerja atau malah rehat dulu, nih? Apa pun keputusannya, semoga adalah yang terbaik menurut versimu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Masih Menganggur Pasca Lulus Kuliah, Kenapa?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya