Comscore Tracker

5 Ciri Berikut Menandakan Tujuanmu Bekerja Hanya Sekadar Demi Gengsi

Justru bisa menghambat kariermu, lho

Umumnya orang bekerja supaya bisa memperoleh penghasilan. Gak jarang pula mereka sampai rela melakoni dua bahkan lebih pekerjaan sekaligus, demi menutup kebutuhan hidup sehari-hari. Namun demikian, di sisi lain tak sedikit pula orang yang punya tujuan yang berbeda. Yakni bekerja untuk memenuhi gengsi. Cukup unik memang, tapi sadar atau tidak bisa saja itu terjadi pada orang terdekatmu, atau bahkan dirimu sendiri, lho. 

Coba deh baca ciri-ciri berikut ini, jika memang mayoritas ada padamu, bisa dipastikan selama ini tujuanmu bekerja hanya untuk memenuhi gengsi semata. 

1. Kamu termasuk pilih-pilih pekerjaan tanpa mengukur kemampuan

5 Ciri Berikut Menandakan Tujuanmu Bekerja Hanya Sekadar Demi Gengsipexels/ Minervastudio

Memang gak salah, jika kamu punya standar yang cukup tinggi untuk pekerjaan. Akan tetapi, seharusnya itu ditunjang dengan kemampuan yang sepadan. Mendapatkan posisi kerja di suatu perusahaan yang ternama, memang membuat gengsi kamu naik. Tapi jangan sampai memaksakan diri diterima, kalau memang ilmu dan bakatmu gak sesuai untuk bekerja di sana. 

2. Gemar memamerkan jabatan ke banyak orang

5 Ciri Berikut Menandakan Tujuanmu Bekerja Hanya Sekadar Demi Gengsipexels/ nappy

Punya jabatan yang tergolong tinggi, gak jarang membuat orang tergoda untuk pamer. Kamu ingin orang lain mengakui jika dirimu mempunyai level yang lebih tinggi dibanding teman-temanmu. Maka gak heran tiap kali ada kesempatan, kamu gemar menceritakan tentang kehebatanmu dalam bekerja, bahkan gak sungkan membahas soal gaji yang kamu peroleh selama ini. Yakin nih, gak malu melakukannya?

Baca Juga: Jangan Asal, Lakukan 5 Hal Ini sebelum Mencari Pekerjaan Baru!

3. Kamu rela melakukan segalanya demi mencapai posisi yang diinginkan

5 Ciri Berikut Menandakan Tujuanmu Bekerja Hanya Sekadar Demi Gengsipexels/ bruce mars

Demi bisa mencapai posisi yang lebih tinggi, kamu sampai berani menghalalkan segala cara. Bahkan melakukan tindakan yang tak semestinya, seperti menyogok atau memanfaatkan koneksi. Itu semata-mata hanya karena kamu gak ingin terlihat lebih rendah dari jabatan orang lain. Gengsi, dong kalau kamu sampai kalah.

Padahal, yang namanya jenjang karier gak bisa didapat secara instan. Perlu usaha dan waktu yang gak sebentar untuk bisa mencapai posisi tersebut. 

4. Tak jarang kamu berani menyalahgunakan jabatan dan wewenang

5 Ciri Berikut Menandakan Tujuanmu Bekerja Hanya Sekadar Demi Gengsipexels/ Buro Millennial

Agar terlihat "wah" di mata orang lain, gak jarang kamu suka menawarkan diri untuk membantu teman-temanmu mendapatkan koneksi secara tidak benar. Bahkan dengan jabatan yang kamu emban sekarang, bukannya bekerja lebih giat justru kamu kerap kali memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi. Terlebih supaya gengsimu tidak runtuh dan semakin menjadi orang yang terpandang dan punya kuasa. 

5. Kamu suka membeli barang-barang mewah agar terlihat sukses

5 Ciri Berikut Menandakan Tujuanmu Bekerja Hanya Sekadar Demi Gengsipexels/ mentatdgt

Tak cukup hanya pamer jabatan dan kekuasan dari mulut ke mulut, kamu juga suka memamerkan harta benda yang kamu miliki secara terang-terangan. Ini kamu jadikan sebagai bukti, kalau dirimu telah sukses dalam bekerja, dan bisa membeli semua barang mewah tersebut dengan mudah.

Padahal gak semua orang peduli dengan sikapmu tadi. Justru akan semakin banyak orang yang menilai kamu itu sombong dan hanya bekerja demi memenuhi gengsi semata. 

Gimana, apakah kelima ciri di atas benar ada padamu? Jika iya, sebaiknya segera tinggalkan, deh. Karena bisa saja, sikap gengsianmu itu bakal menghambat kariermu nantinya. 

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Ketika Kamu Bermalasan Melakukan Pekerjaan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya