Kamu Wajib Lakukan 5 Hal Ini sebelum Resmi Resign dari Pekerjaan

#ANGPOIN Jangan malah bersikap seenaknya, ya ~

Dalam dunia kerja profesional, mengundurkan diri atau resign adalah hal yang mungkin pernah dilakukan oleh semua karyawan.

Banyak faktor yang menyebabkan keputusan tersebut diambil. Mulai dari sudah tidak betah dengan suasana kantor, mesti pindah rumah keluar kota, hingga menemukan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan. Apapun itu alasannya, yang terpenting adalah sebagai karyawan harus bisa mempertahankan image baik hingga hari terakhir masuk kerja.

Bila kebetulan saat ini kamu tengah mempersiapkan diri untuk mundur dari perusahaan, alangkah baiknya jika di hari-hari jelang pamitan, kamu lakukan dulu 5 hal berikut supaya nantinya tidak timbul masalah di kemudian hari.

1. Menyelesaikan tanggung jawab tepat waktu

Kamu Wajib Lakukan 5 Hal Ini sebelum Resmi Resign dari Pekerjaanunsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Tentu setelah menyodorkan surat pengunduran diri, kamu gak bisa serta merta meninggalkan pekerjaan begitu saja. Pasti ada dong beberapa tanggung jawab yang tetap harus dikerjakan.

Jangan kesal dulu. Meskipun pengunduran dirimu telah disetujui oleh HRD, namun menyelesaikan sisa pekerjaan juga jadi hal penting yang mesti dilakukan.

Jangan sampai ya kamu keluar dari perusahaan dengan meninggalkan kerjaan yang belum kelar. Tunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang tahu akan tanggung jawab hingga akhir.

2. Tetap datang ke kantor sesuai jadwal

Kamu Wajib Lakukan 5 Hal Ini sebelum Resmi Resign dari Pekerjaanunsplash.com/Dai KE

Sudah mendapat lampu hijau dari atasan untuk resign, bukan berarti kamu bisa seenaknya gak masuk kerja. Biasanya, beberapa perusahaan akan tetap meminta karyawannya masuk seperti biasa, maksimal satu minggu sebelum benar-benar resign. Kebijakan ini bukan tanpa alasan, ya. Waktu sepekan itu bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan sisa pekerjaan dan mengurus hal-hal lain yang perlu diurus.

Sementara itu, dengan waktu tersebut perusahaan juga bisa mulai mencari pengganti untuk mengisi posisimu sebelumnya.  

Baca Juga: 5 Tips Sukses di Tempat Kerja untuk Semua Posisi dan Bidang Pekerjaan

3. Mengembalikan barang-barang inventaris kantor

Kamu Wajib Lakukan 5 Hal Ini sebelum Resmi Resign dari Pekerjaanunsplash.com/Bram Naus

Ketiga, jangan sampai lupa untuk menyerahkan kembali barang-barang inventaris kantor. Semisal selama bekerja di sana, kamu dibekali dengan kamera, ponsel atau laptop. Biasanya sih, kamu diharuskan mengisi form pengembalian dan diserahkan pada pihak kantor yang bertanggung jawab. Ini penting sebagai bukti agar nantinya gak terjadi salah paham.

4. Melalukan hand over pekerjaan

Kamu Wajib Lakukan 5 Hal Ini sebelum Resmi Resign dari Pekerjaanunsplash.com/Helloquence

Sebelum kamu resmi mengundurkan diri, tentu perusahaan akan mencari pengganti sementara sampai mendapatkan karyawan baru. Nah, dengan begitu kamu punya sedikit tugas nih untuk melakukan hand over ke orang tersebut. Misalnya, memberi tahu letak penyimpanan file, tugas apa saja yang biasa kamu kerjakan, dan apa saja yang perlu dia lanjutkan.

Upayakan untuk memberi pengarahan pada penggantimu sedetail mungkin, ya. Bila perlu tinggalkan catatan secara rinci. Hal tersebut untuk menghindari kamu akan dihubungi terus, meskipun sudah tak lagi bekerja di sana. Gak mau kan, saat sudah bekerja di tempat baru tapi masih mengurus kerjaan yang lama.

5. Berpamitan dengan teman kantor lain

Kamu Wajib Lakukan 5 Hal Ini sebelum Resmi Resign dari Pekerjaanunsplash.com/Annie Spratt

Terakhir, wajib hukumnya untuk berpamitan dengan seluruh teman kantor. Ingat kan, saat kali pertama jadi karyawan baru, kamu sudah susah payah menyesuaikan diri sampai pada akhirnya bisa akrab dengan mereka. Jika kamu sudah datang secara baik-baik maka perlu dong, untuk meninggalkan perusahaan dengan cara yang baik pula.

Kamu bisa membawa sedikit makanan agar acara pamitan bisa berlangsung lebih santai. Dijamin deh, dari situ kamu bakal tahu seberapa kamu diterima di lingkungan mereka. Duh, pasti bikin terharu.

Itu tadi hal-hal yang wajib kamu persiapkan sebelum resign dari pekerjaan. Semoga membantu, ya.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Ini Janjikan Gaji Fantastis, Sebanding dengan Resiko

Angel Rose Photo Community Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You