Comscore Tracker

Masih Baru di Tempat Kerja? Hindari 5 Sikap Menyebalkan Ini

Jangan sampai dilakukan deh!

Menciptakan first impression yang positif saat baru pertama kali bekerja itu penting, lho. Gambaran awal yang baik tentang dirimu ini dengan sendirinya akan membuat rekan kerja lebih menyukai dan menghargaimu.

Sebaliknya, saat kamu baru pertama kali masuk kerja dan sudah bersikap menyebalkan, karyawan lain pasti akan memberikan penilaian negatif tentang dirimu. Gak mau hal itu terjadi kan? Jadi, cobalah untuk tidak melakukan 5 sikap menyebalkan berikut ini. 

1. Cuek terhadap rekan kerja lainnya

Masih Baru di Tempat Kerja? Hindari 5 Sikap Menyebalkan Initheodysseyonline.com

Sebagai seorang junior di tempat kerja, sudah sewajarnya kamu harus lebih perhatian terhadap sekelilingmu. Mulailah dengan berkenalan dan menyapa rekan kerja di ruanganmu.

Mau mengenal lebih dulu dan menjalin relasi dengan staf lain akan membuatmu terlihat ramah dan terbuka. Selain itu, kamu tidak akan kesulitan jika kelak membutuhkan bantuan mereka saat ada masalah dengan pekerjaanmu. 

Nah, kalau kamu baru pertama masuk bekerja sudah terlihat acuh tak acuh terhadap orang lain, jangan heran kamu akan dinilai tidak baik atau bahkan dicap sombong.

2. Mudah mengeluh karena pekerjaan yang diberikan

Masih Baru di Tempat Kerja? Hindari 5 Sikap Menyebalkan Inigaijinpot.com

Bekerja di hari pertama memang tidak mudah. Kamu akan kaget dengan beban pekerjaan yang kini harus kamu tanggung.

Meskipun tidak terbiasa dan rasanya melelahkan, jangan mudah melontarkan kalimat keluhan di hadapan rekan kerja lainnya atau bahkan atasanmu. Sekali keluhan keluar dari mulutmu, orang lain bisa menganggapmu pemalas dan tidak tangguh alias manja.

Jadi, berusahalah untuk sabar dan berpikir positif. Semua pekerjaan awalnya memang terasa sulit, tapi nanti kamu juga akan terbiasa. Buktinya, rekan kerjamu yang lebih senior mampu melewati proses sulit tersebut dan menjadi ahli seiring dengan berjalannya waktu.

3. Malu bertanya saat tidak mengerti

Masih Baru di Tempat Kerja? Hindari 5 Sikap Menyebalkan Ininbcnews.com

Kamu pasti paham dengan peribahasa "malu bertanya sesat di jalan". Di dunia kerja, malu bertanya tidak hanya akan menyulitkan dirimu, tapi bisa juga merugikan rekan kerja lainnya.

Saat kamu menghadapi kesulitan dan enggan bertanya, kamu akan berpotensi lebih besar melakukan kesalahan. Kesalahanmu akan berefek domino, misalnya kamu salah membuat laporan sehingga berakibat atasanmu keliru mengambil keputusan. Jangan heran kalau rekan kerja bisa sebal karena ulahmu itu.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, jangan segan untuk bertanya saat kamu kurang paham. Bertanya merupakan hal yang wajar kok, karena kamu masih karyawan baru.

4. Malas mempelajari hal baru

Masih Baru di Tempat Kerja? Hindari 5 Sikap Menyebalkan Inimattgingell.com

Di hari pertamamu bekerja, kamu akan dijejali dengan ilmu-ilmu baru yang mungkin belum pernah kamu dapatkan di bangku kuliah atau sekolah. Memang, menyerap pengetahuan dan menguasai skill baru tidak mudah, tapi jangan lantas kamu menyerah dan melakukannya dengan setengah hati.

Rekan kerja atau atasanmu bisa membaca gelagatmu saat mengerjakan sesuatu dengan enggan tanpa kamu mengungkapkannya. Mereka bisa saja menganggapmu sebagai karyawan yang malas beradaptasi dan tidak mau mengembangkan diri. Jangan sampai kamu bersikap seperti itu ya.

5. Tidak tepat waktu

Masih Baru di Tempat Kerja? Hindari 5 Sikap Menyebalkan Initheglobeandmail.com

Datang terlambat memang terkesan sebagai kesalahan yang sepele. Namun, jika di hari pertama bekerja kamu sudah datang terlambat, rekan sekantor termasuk si bos bisa memberi penilaian buruk untukmu.

Kamu dianggap tidak menghargai waktu, padahal waktu sama berharganya dengan uang. Apalagi sebagai karyawan baru, kamu seharusnya datang lebih awal untuk bisa mengenal sekelilingmu. Oleh karena itu, cobalah untuk tiba di kantor setidaknya setengah jam lebih awal di hari pertama kamu bekerja.

Itu tadi 5 sikap yang wajib kamu hindari di saat kamu menjadi karyawan baru. Akan lebih baik lagi bila kamu berkomitmen untuk tidak melakukannya sepanjang kariermu. 

Angeline Priscilla Photo Verified Writer Angeline Priscilla

is writing...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya